google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

10 Danau Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi

Danau terindah di dunia bisa jadi alternatif tempat liburan (foto: unsplash.com/@john_artifexfilms)

Bagi traveler sekaligus pecinta alam, mengunjungi destinasi wisata yang menawarkan keindahan menakjubkan tentu menjadi impian. Ada banyak tempat wisata yang menawarkan pemdanganan alam yang mempesona untuk dieksplor. Salah satunya adalah keindahan danau alami. Ada jutaan danau di muka bumi, namun ada beberapa danau terindah di dunia yang wajib dikunjungi traveler.

Danau alami menawarkan keindahan yang memiliki daya tarik sendiri. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan. Selain itu, danau bisa jadi spot foto yang tentunya tak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja danau terindah yang ada di dunia?

Berikut kami rangkum beberapa di antaranya dari berbagai sumber.

1. Danau Wakatipu, Selandia Baru

Keindahan Danau Wakatipu yang dikelilingi pegunungan bersalju (foto: thegoldenscope.com)

Danau Wakatipu berada di Queenstown, pulau di bagian selatan Selandia Baru dan merupakan danau terbesar ketiga di negara ini. Danau Wakatipu memiliki panjang 80 km dan menawarkan keindahan perpaduan dengan pegunungan di sekitarnya.

Semua sisi danau dikelilingi pegunungan tinggi, termasuk Mount Earnslaw. Danau Wakatipu memiliki bentuk tak biasa seperti halilintar. Wisatawan yang datang bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari memancing, berenang, hingga mencoba kapal uap klasik T.S.S Earnslaw yang menjadi ikon Selandia Baru.

2. Danau Como, Italia

Danau Como di Italia menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya (foto: Airbnb)

Dengan vila-vilanya yang luas, marina dengan deretan Riva, dan kawasan pejalan kaki yang romantis, tempat wisata di Italia yang glamor ini terus memikat wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Dengan luas 146 km persegi, Danau Como adalah danau terbesar ketiga di Italia.

Danau ini terletak di Lombardy, Italia utara dan berbatasan di antara Pegunungan Alpen, Swiss, dan Lembah Po. Danau Como yang berair tenang dikelilingi pemandangan spektakular Pegunungan Alpen. Selain itu, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari mencoba paralayang, hiking, naik cable car untuk menikmati pemandanga, atau tur berlayar dengan kapal.

Baca juga: 10 Taman Nasional Terindah Di Dunia

3. Danau Baikal, Rusia

Danau Baikal saat musim dingin (foto: gonomad.com)

Danau terindah di dunia berikutnya adalah Danau Baikal yang berada di Kota Irkutsk, Siberia, Rusia. Dikenal sebagai mata biru Siberia, Danau Baikal merupakan danau tertua dan terdalam di dunia. Kedalam danau ini mencapai 1.634 meter dan mengandung setidaknya 20% air tawar dunia.

Danau ini juga merupakan salah satu danau terbesar di dunia dengan luas permukaan 1,494 kilometer persegi. Selain itu, danau ini juga terkenal memiliki air tawar terjernih dan paling transparan di dunia.  

Menawarkan keindahan yang mempesona, Danau Baikal akan membeku saat musim dingin dengan ketebalan bisa mencapai 1,4 meter. Wisatawan umumnya berkunjung saat musim dingin, mulai Januari hingga Mei untuk bermain kereta luncur, ski, atau bersepeda.

4. Danau Pehoé, Patagonia Chili

Danau Pehoé di Taman Nasional Torres del Paine (foto: tripadvisor)

Danau Pehoé terletak di Taman Nasional Torres del Paine, Chili selatan, yang setidaknya mencakup 500 ribu hektar. Danau biru es ini menawarkan pemandangan indah jajaran Pegunungan Torres dengan puncak bersalju.

Traveler yangmenyukai alam tak akan menyesal berkunjung ke tempat ini. Selain menikmati pemandangan spektakular Pegunungan Torres del Paine, kamu bisa memancing dan juga berlayar melintasi perairan sebening kristal. Jika cuaca bagus, kamu akan bisa melihat pantulan pegunungan di atas air danau.

Baca juga: Negara Terbaik Dunia untuk Solo Traveling, dari Vietnam hingga Chili

5. Danau Moraine, Kanada

Danau Moraine yang menakjubkan (foto: Youtube the Luxury Travel Expert)

Danau terindah di dunia berikutnya adalah Danau Moraine terletak di Banff National Park yang berada di Alberta, Kanada. Merupakan salah satu tempat wisata populer di Kanada, banyak wisatawan datang untuk menikmati pemandangan memukau dan tentunya berfoto.

Danau Moraine dikelilingi oleh Canadian Rocky Mountains. Warna air kebiruan berpadu dengan warna hijau pepohonan di sekitar danau dijamin membuat para pengunjung terpesona. Jangan lewatkan untuk mencoba berbagai aktivitas, mulai dari hiking, berenang, dan naik perahu.

6. Danau Bled, Slovenia

Danau Bled dengan pulau di tengahnya (foto: trafalgar.com)

Jangan lewatkan untuk menikmati keindahan Danau Bled saat kamu berlibur ke Slovenia. Danau dengan panjang 2120 m dan lebar 1380 m ini menawarkan keindahan menakjubkan. Dikelilingi oleh Juian Alps yang menjulang, Berkunjung ke Danau Bled yang berwarna biru kobalt bening akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Terdapat pulau di tengah-tengah Danau Bled, yang menjadikannya pulau satu-satunya yang dimiliki Slovenia. Di Pulau Bled terdapat bangunan populer, yaitu Gereja Saint Mary dengan 99 anak tangga. Untuk mencapai Pulau Bled, kamu bisa menaiki perahu kayu tradisional yang disebut Pletna.

7. Danau Hillier, Australia

Danau Hillier dengan warna pink cantik tampak dari udara (foto: whenonearth)

Outdoor enthusiast tentunya tak boleh melewatkan menikmati keindahan Danau Hillier di Australia. Danau ini sangat unik karena berwarna pink dari beta karoten yang dilepaskan oleh algae saat cahaya menmbus air.

Selain itu, posisinya juga terbilang unik karena Danau Hillier bersebelahan langsung dengan pantai lepas di Australia. Danau dengan warna pink dan dikelilingi hutan hujan hijau dan pasir membuat danau ini terlihat spektakular dari ketinggian.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Indonesia yang Keindahannya Mendunia

8. Danau Plitvice, Kroasia

Pemandangan Danau Plitvice yang spektakuler (foto: chasingthedonkey)

Danau Plitvice yang berada di Nacionalni Park Plitvicka Jezera (Taman Nasional Danau Plitvice), Kroasia, masuk dalam Situs Warusan Dunia UNESCO pada 1979. Hal ini menjadikannya situs UNESCO pertama di dunia.

Plitvice terbentuk dari danau kecil di satu danau besar yang terhubung secara langsung ke air terjun. Terdapat 16 danau yang tersusun di wilayah Plitvice yang memiliki warna yang bisa berubah setiap waktu, mulai dari biru, hijau, hingga abu-abu.

9. Danau Kawah, Amerika Serikat

Danau Kawah dengan airnya yang biru jernih (foto: bicycleadventures)

Danau Kawah yang berada di Oregon, AS ini terkenal dengan air biru jernihnya.  Tempat ini terbentuk dari letusan Gunung Mazama ribuan tahun lalu dan meninggalkan kaldera luas. Danau Kawah merupakan danau terdalam di Amerika dengan kedalaman 655 meter.

Karena terbentuk dari letusan gunung, Danau Kawah tidak memiliki sungai atau jalur air yang terhubung ke danau. Karenanya, air di danau ini dianggap paling murni di dunia karena tidak ada polutan. Tempat ini cocok untuk pecinta alam dan fotografi, terutama saat musim dingin dan malam hari.

10. Danau Tahoe, Amerika

Danau Tahoe populer sebagai tempat liburan musim panas (foto: worldatlas)

Danau Tahoe adalah salah satu tujuan terbaik di Amerika. Tempat ini jadi surga bagi untuk petualangan luar ruangan. Keindahan danau ini didukung oleh jajaran Pegunungan Sierra Nevada yang indah di setiap musim.

Selama musim panas, wisatawan datang berduyun-duyun ke danau jernih berwarna biru toska dan pantai berpasirnya. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berlayar dan berkayak. Atau menjelajahi Tahoe Rim Trail untuk melihat pemandangan lembah.

Saat musim dingin tiba, resor ski menjadi tujuan favorit. Kamu bisa bermain ski dan aktivitas musim dingin lainnya.

Danau terindah yang ada di dunia

Ada banyak tempat yang menawarkan keindahan, termasuk pemandangan danau yang mempesona. Sepuluh danau terindah di dunia di atas bisa jadi pilihan destinasi liburan kamu nanti setelah pandemi. Kira-kira, danau mana yang paling indah menurut traveler?