10 Koleksi Mode untuk Merayakan Pride Month

Savage X Fenty (Foto: communitybynd.com)

Banyak merek berkumpul untuk merayakan Pride Month di bulan Juni ini untuk menunjukkan dukungan mereka kepada komunitas LGBTQIA+ melalui proyek dan koleksi yang penuh warna. Berikut ini adalah inisiatif yang diambil oleh berbagai merek mode untuk merayakan Pride Month.

1. Michael Kors

Michael Kors (Foto: tag-walk.com)

Rumah mode mewah Michael Kors meluncurkan koleksi 16 potong untuk wanita dan pria yang mencakup pakaian, sepatu, dan serangkaian aksesori yang terdiri dari tas jinjing dan dompet yang menampilkan logo MK dalam warna pelangi.

Koleksi edisi terbatas, yang telah tersedia selama beberapa hari di toko online dan toko fisik Michael Kors, merayakan inklusivitas dan keragaman. Hasil dari penjualan tas jinjing dan dompet akan disumbangkan ke OutRight Action International, sebuah organisasi yang mengadvokasi hak-hak LGBTQIA+.

2. Versace X Cher

Versace X Cher (Foto: versace.com

Desainer Donatella Versace juga menghadirkan kolaborasi Pride Month dengan kekuatan selebriti, tidak lain adalah penyanyi legendaris Cher. Bersama-sama, mereka telah menciptakan koleksi kapsul yang disebut Chersace, dan lini edisi terbatas termasuk t-shirt, topi, dan kaus kaki dengan logo pelangi Chersace.

Sebagian dari semua hasil penjualan akan disumbangkan ke Gender Spectrum, sebuah badan amal yang dipilih oleh Versace dan Cher. Badan amal tersebut menawarkan dukungan kepada anggota komunitas LGBT, terutama bagi kaum muda.

3. The North Face

The North Face (Foto: ww.fashionnetwork.com

Merek peralatan olahraga The North Face bekerja sama dengan empat kelompok di seluruh Eropa untuk mempromosikan inklusivitas dalam kegiatan di luar ruangan. Label tersebut telah menyumbangkan €10.000 untuk setiap kolektif agar mereka dapat mengatur acara seperti “Pride Hike”.

Di Prancis, The North Face telah bekerja sama dengan Le Gloss kolektif yang berbasis di Chamonix untuk memberikan pengalaman berbasis alam bagi komunitas LGBTQIA+. Di Inggris, merek olahraga ini bekerja sama dengan OutdoorLads, yang merencanakan serangkaian kegiatan kelompok untuk orang-orang yang mengidentifikasi diri sebagai gay, transgender, dan biseksual.

Beberapa hari yang lalu, label tersebut juga meluncurkan koleksi Pride-nya, yang tersedia di toko online-nya. Produk dihiasi dengan logo ikonik, dengan bendera pelangi. Koleksi kapsul meliputi pakaian hitam dan putih termasuk jaket Nuptse, jaket Outlite, hoodie, celana pendek dan t-shirt.

4. COS

COS (Foto: globaldailymirror.com)

COS, label minimalis grup H&M, merayakan Pride Month untuk tahun ketiga berturut-turut. Pada perayaan kali ini, COS berkolaborasi dengan beberapa tokoh dari komunitas LGBTQIA+, seperti aktivis dan model Kai-Isaiah Jamal, musisi dan aktris Soko, serta direktur kreatif Zipeng Zhu.

Merek tersebut baru-baru ini meluncurkan koleksi “Love for All” baru, yang mencakup empat desain edisi terbatas yang unik. Kapsul, yang merayakan cinta dan individualitas, terdiri dari tiga kaus oblong hitam putih dan kaus putih yang terbuat dari katun 100%. Salah satu T-shirt menampilkan logo pelangi sementara potongan lainnya menampilkan puisi karya Kai-Isaiah Jamal.

Koleksinya sudah tersedia di toko online merek dan di toko-toko tertentu. Semua hasil penjualan dari kapsul tersebut akan disumbangkan ke Kaleidoscope Trust, yang mengkampanyekan hak-hak LGBTIA+, dan Choose Love, yang membantu para pengungsi.

5. &Other Stories

&Other Stories (Foto: ww.fashionnetwork.com)

Merek pakaian &Other Stories akan menjamu seniman dari komunitas LGBTQIA+ di lima toko di seluruh dunia, di Paris, New York, London, Berlin, dan Stockholm, untuk merayakan Pride Month sepanjang musim panas. Acara ini akan dimulai pada bulan Juni di Paris dan akan mendarat di Stockholm pada awal Agustus.

Musim ini, label yang juga dimiliki oleh grup H&M ini akan mengundang lima orang kreatif untuk mengekspresikan pandangan mereka tentang gaya dan identitas. Selain itu, &Other Stories akan menyumbang pada kampanye “Free & Equal” PBB yang mempromosikan hak asasi manusia dan kesetaraan bagi komunitas LGBTIQIA+.

6. Ami X Tom Daley

Ami X Tom Daley (Foto: scmp.com)

Merek Prancis Ami berkolaborasi dengan peraih medali emas Olimpiade, Tom Daley, untuk Pride Month tahun ini. Penyelam Inggris yang terkenal tertangkap merajut di tepi kolam renang di Olimpiade Tokyo tersebut menawarkan dua jumper bergaris pelangi rajutan tangan untuk dijual bulan ini, satu melalui lelang online dan yang lainnya sebagai NFT.

Yang pertama adalah jumper campuran wol alpaka dan merino Ami de Coeur, yang dilelang di Drouot.com antara 4 dan 14 Juni. Yang terakhir adalah jumper kabel yang dipotong, berdasarkan rajutan kabel dari koleksi musim gugur 2022 Ami, dan akan dijual sebagai 500 NFT melalui pasar digital Silver Room pada 18 Juni.

Semua 500 paket akan mencakup T-shirt Ami eksklusif, jumper versi 3D dan banyak lagi, beberapa pembeli yang beruntung mungkin juga mendapatkan kit rajut Tom Daley, undangan ke peragaan busana musim semi-musim panas Ami atau jumper yang sebenarnya dirajut oleh Daley sendiri. Semua hasil akan disumbangkan ke Kaleidoscope Trust, sebuah badan amal Inggris yang bekerja untuk menegakkan hak-hak kaum LGBT di seluruh persemakmuran.

7. Diesel X Tom of Finland

Diesel X Tom of Finland (Foto: hypebeast.com)

Perusahaan ritel Italia Diesel telah bermitra dengan Tom of Finland Foundation untuk koleksi Pride-nya, yang menampilkan cetakan dan motif dari koleksi yayasan LGBT dan erotic art. Karya tujuh seniman ditampilkan dalam koleksi siap pakai, termasuk hoodie dengan foto fotografer Jerman Florian Hetz dan T-shirt yang menampilkan kolase karya seniman asal New York, Silvia Prada.

Artis lainnya adalah Palanca, Peter Berlin, Michael Kirwan, Tank (Paul Tankersley) dan Heather Benjamin, dengan karya mereka ditampilkan pada tank top, celana panjang, celana pendek, kemeja dan banyak lagi. Potongan denim tanpa gender, pakaian dalam, dan tas juga dihadirkan untuk melengkapi koleksi Diesel.

8. Yoox X MySecretCase

Yoox X MySecretCase (Foto: scmp.com)

Pengecer online Italia Yoox (bagian dari Net-a-Porter Group) telah bekerja sama dengan merek mainan seks MySecretCase untuk membuat T-shirt yang menghormati kebanggaan LGBT dan merayakan kebebasan seksual. Kaos koleksinya dihiasi slogan bertuliskan “The world has bigger problems than people liking, kissing, touching, loving, f*****g, marrying people.”

Koleksi tersebut menggarisbawahi bagaimana semua orang harus dapat mengekspresikan diri dan mencintai siapa yang mereka inginkan tanpa hambatan dan tanpa memandang identitas gender. Pembuat konten Muriel De Gennaro dan Ethan Caspani, keduanya anggota komunitas LGBT yang vokal, membintangi kampanye tersebut.

9. Savage X Fenty

Savage X Fenty (Foto: abcnews.go.com)

Savage X Fenty telah meluncurkan koleksi dan kampanye Savage X Pride keduanya. Peluncuran koleksi dalam menyambut Pride Month tersebut bekerja sama dengan GLAAD dan For The Gworls. Koleksinya mencakup semuanya, mulai dari bra tanpa garis hingga catsuit renda dan banyak lagi.

Merek tersebut juga mengatakan akan mendukung GLAAD secara finansial, serta For the Gworls, yang merupakan kolektif gotong royong yang dipimpin transgender kulit hitam yang memberikan bantuan kepada transgender kulit hitam dengan sewa dan operasi afirmatif mereka, serta dokter dan kunjungan terapi copays.

10. Converse

Converse (Foto: abcnews.go.com)

Platform personalisasi Converse memiliki opsi yang dapat disesuaikan yang mencakup patch “All Star”, plat nomor dan tali, terinspirasi oleh pride, biseksual, panseksual, lesbian, non-biner, dan transgender. Ada juga bendera persatuan untuk ekspresi pribadi yang lebih inklusif.

Tahun ini, merek tersebut juga berbagi dan menyoroti perjalanan pribadi lebih dari 50 materi iklan dari komunitas LGBTQIA+ Converse di seluruh dunia di situs webnya. Kisah-kisah mereka diceritakan melalui foto-foto, surat-surat tertulis dan karya seni, yang dikuratori menjadi galeri digital dan sekarang dipamerkan.

Nah, demikianlah beberapa merek mode yang turut merayakan Pride Month dengan berbagai koleksi baru. Kira-kira, manakah koleksi favorit Anda?