google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

10 Taman Nasional Terindah Di Dunia

Taman nasional terindah di dunia menawarkan panorama menakjubkan (foto: national-parks.org)

Taman nasional tidak hanya melestarikan alam untuk generasi mendatang tetapi juga memberikan kesempatan rekreasi bagi pecinta alam. Taman yang terdiri dari dari lautan, danau, hutan, dan pegunungan dilindungi dan dilestarikan untuk melindungi lanskapnya yang tak tertandingi. Dari dataran padang rumput yang luas di Afrika hingga gletser yang menakjubkan di Amerika Selatan, taman nasional memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan. Berikut adalah sepuluh taman nasional terindah di dunia dengan keindahan menakjubkan yang bisa jadi rekomendasi traveler untuk dikunjungi.

10. Taman Nasional Danau Plitvice, Kroasia

Air terjun dan danau yang indah di TN Danau Plitvice, Kroasia (foto: aviator)

Di tengah ibukota Kroasia terletak Taman Nasional Danau Plitvice. Yang menjadi keindahan utama taman ini adalah adanya enam belas danau yang saling bertautan oleh serangkaian air terjun dan jalur jalan kayu yang disediakan untuk wisatawan.

Perairan danau ini kaya akan mineral yang mengalir melalui bebatuan. Taman Nasional Danau Plitvice memiliki luas sekitar 300 kilometer persegi. Sementara itu, luas danau mencakup sekitar delapan kilometer persegi jika digabungkan.

Plitvice adalah rumah bagi hewan liar seperti beruang hutan, rusa, serigala, babi hutan, dan spesies burung langka terbesar di Eropa. Wisatawan bisa menikmati pemandangan danau dari jembatan kayu sepanjang 18 km yang dikelilingi oleh berbagai spesies kupu-kupu yang terbang melintasi perairan dan suara air terjun yang bergemuruh.

9. Taman Nasional Arches, AS

Lengkungan yang terbentuk secara alami (foto: npca.org)

Taman Nasional Arches terdiri dari konsentrasi batu pasir merah alami terbesar di dunia. Dengan luas lahan 76.518 hektar, taman ini memiliki lebih dari 2.000 lengkungan yang terbentuk melalui proses alami.

Taman Nasional Arches memiliki berbagai bentuk yang menakjubkan seperti batu raksasa yang seimbang, batu pasir berbentuk sirip besar, kurcaci berduri, dan puncak spiral. Hal inilah yang menarik jutaan pengunjung dari seluruh dunia setiap tahunnya.

Taman ini juga memiliki pohon pinus dan juniper yang bermekaran dari bulan April sampai Juli. Beberapa spesies hewan seperti rusa bagal, cottontails, serigala, kelinci, dan tikus kangguru bisa bertahan hidup di padang batu pasir ini.

8. Taman Nasional Kaziranga, India

TN Kaziranga menjadi rumah bagi hewan langka badak bercula India (foto: makemytrip)

Taman Nasional Kaziranga adalah salah satu tujuan liburan paling sering dikunjungi di India. Terletak di lahan seluas 430 kilometer persegi, Kaziranga dikelilingi oleh padang rumput gajah yang tinggi, laguna berawa, dan hutan tropis yang lebat.

Taman ini adalah rumah bagi 2.200 badak bercula satu India yang terancam punah, yang merupakan 2/3 dari populasi dunia. Selain keindahan taman, terdapat aliran Sungai Brahmaputra yang membuat taman ini terlihat menakjubkan. Tidak diragukan lagi, taman ini terkenal dengan margasatwanya yang banyak.

Tempat ini juga menjadi tempat berkembang biak  gajah India, kerbau liar, harimau India, dan rusa rawa. Diantara satwa liar lainnya adalah burung India yang paling berharga seperti angsa putih, bebek besi, dan bangau Openbill Asia.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Italia yang Wajib Dikunjungi Pertama Kali

7. Taman Nasional Komodo, Indonesia

TN Komodo, rumah bagi hewan purba dan langka komodo di Indonesia (foto: indonesia.travel)

Taman terindah di dunia berikutnya adalah Taman Nasional (TN) Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur. TN Komodo terdiri dari tiga pulau besar: Pulau Komodo, Rinca, dan Padar. Banyak wisatawan dunia yang mengganggap Taman Nasional Komodo sebagai salah satu dari sepuluh tempat terbaik untuk dikunjungi di dunia.

Taman ini memiliki Taman Nasional Komodo yang menjadi rumah bagi komodo terbesar di dunia. Komodo yang ada umumnya memiliki panjang tiga meter dan berat lebih dari 41 kg. Tak hanya populer karena satwanya, taman ini juga menawarkan keindahan panorama sabana, hutan hujan tropis, lautan biru yang jernih, dan pantai berpasir kristal.

Pulau Komodo juga kaya akan biota laut yang sangat menakjubkan, menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Perairan di sekitar pulau penuh dengan kehidupan laut yang beragam.

6. Taman Nasional Torres Del Paine, Chili/Argentina

Panorama menakjubkan Torres del Paine (foto: aviator)

Taman Nasional Torres del Paine yang menakjubkan merupakan bagian dari Sistema Nacional de reas Silvestres Protegidas del Estado de Chile. Taman ini memiliki luas sekitar 242.242 hektar dan dikunjungi lebih dari 150.000 pengunjung setiap tahun. Hal ini menjadikannya taman nasional yang paling banyak dikunjungi di Chili.

Torres del Paine menjadi tujuan wisata populer karena gunung es biru Grey Glacier dan Ladang Es Patagonian bagian selatan. Keduanya merupakan lapangan es terbesar kedua di dunia.

Lanskap Taman Nasional Torres del Painle yang paling menonjol adalah tiga puncak granit yang menjulang setinggi 2,850 meter di atas permukaan laut. Puncak granit, sungai, danau, dan lembah di sekitarnya bersama-sama membentuk Blue Tower, lanskap alam paling megah dan menakjubkan di Chili.

Baca juga: Negara Terbaik Dunia untuk Solo Traveling, dari Vietnam hingga Chili

5. Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru

Fiordland, taman nasional di Selandia Baru (foto: worldatlas)

Taman Nasional Fiordland adalah hutan belantara alami di Selandia Baru. Tempat ini memiliki lanskap alam yang menakjubkan dan keindahan yang luar biasa. Ini adalah satu-satunya tempat dengan pemandangan puncak gunung yang tertutup es, fjord yang berkilauan, lembah  bersalju, danau es, dan sungai yang berliku-liku melalui hutan tropis.

Fiordland adalah rumah bagi Takahe, burung terbesar di dunia. Burung ini pernah dianggap punah, tetapi kemudian ditemukan kembali pada tahun 1948 di hutan Fiordland. Taman nasional ini juga dikenal sebagai tempat perlindungan terakhir bagi burung beo yang tidak bisa terbang di dunia, Kakapo.

Selain itu, Taman Nasional Fiordland juga memiliki taman bawah laut dengan karang hitam yang langka. Karang ini bisa terlihat di  kedalaman dangkal air tawar. Taman nasional dengan luas 12.607 kilometer persegi ini merupakan taman terbesar dari 14 taman nasional yang ada di Selandia Baru.

4. Taman Nasional Lembah Kidepo, Uganda

Hewan liar di TN Lembah Kidepo (foto: kideponationalpark)

Jauh di lembah-lembah berbatu-batu dan kering Provinsi Karamoja di sebelah utara perbatasan Sudan, terletak salah satu taman nasional paling terpencil di dunia. Hanya sedikit yang berwisata safari ke Taman Nasional Lembah Kidepo.

Namun, keindahan spektakuler dari hutan belantara yang masih asli ini menjadikannya salah satu tujuan paling populer di Pearl of Africa. Taman Nasional Kidepo merupakan rumah bagi setidaknya 475 spesies burung yang berbeda setelah Taman Nasional Ratu Elizabeth.

Selain itu, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi burung Afrika yang paling dicari dan paling langka seperti KaramojaApallis dan Black-breasted Barbet. Selain burung-burung yang menakjubkan, Taman Nasional Kidepo juga menjadi rumah bagi kelompok etnis terkecil di Afrika, IK, yang budaya dan bahasanya dilindungi karena sifatnya yang unik.

3. Taman Nasional Jiuzhaigou, China

TN Jiuzhaigou di China saat musim gugur terlihat menakjubkan (foto: chinadiscovery)

Taman Nasional Jiuzhaigou adalah salah satu taman yang paling berharga di China. Setidaknya, lebih dari dua juta pengunjung datang ke taman nasional ini setiap tahun untuk mengagumi keindahan danau dengan warna biru tosca, air terjun yang deras, dan hutan lebat berlatar belakang pegunungan yang tertutup es.

Dikenal juga dengan sebutan sebagai Lembah Sembilan Desa, Taman Nasional Jiuzhaigou terletak di dekat perbatasan Dataran Tinggi Himalaya Tibet di Provinsi Sichuan Utara. Taman yang merupakan mahakarya alam ini merupakan ekosistem bagi lebih dari 220 spesies burung.

Selain menjadi ekosistem lebih dari 220 spesies burung, tempat ini juga menjadi rumah bagi hewan langka. Diantaranya adalah panda raksasa, monyet emas Sichuan, dan rhododendron. Tidak ada taman nasional lain yang menawarkan pemandangan menakjubkan keindahan alam khas negeri dongeng seperti TN Jiuzhaigou.

Baca juga: 10 Negara Terindah Di Dunia, Wajib Traveler Kunjungi!

2. Taman Nasional Banff, Kanada

Keindahan Moraine Lake yang ada di Taman Nasional Banff yang menakjubkan (foto: unsplash.com/@psalms)

Kesederhanaan menandai awal dari taman nasional pertama Kanada, Taman Nasional Banff. Menempati lahan 6.641 kilometer persegi, Banff menawarkan pemandangan gunung yang tak tertandingi yang berada di Pegunungan Rocky Kanada yang indah.

Jutaan pengunjung mengunjungi taman nasional ini setiap tahunnya untuk melihat air biru kehijauan di Danau Louise, menelusuri alam yang dipenuhi bunga di Sunshine Meadows, dan berkendara di bawah puncak lancip yang menjulang tinggi dari lapangan es.

Puncak gunung yang tertutup salju, gletser yang berkilauan, dan panorama yang menakjubkan merupakan bagian dari daya pikat Taman Nasional Banff yang megah.

1. Taman Nasional Galapagos, Ekuador

Blue footed bobby, burung langka yang hanya ada di Galapagos (foto: worldatlas)

Sekitar 563 mil di lepas pantai Ekuador, terletak Taman Nasional Galapagos, yang juga terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1978. Taman nasional ini terdiri dari kepulauan yang memukau dari Kepulauan vulkanik.

Lanskapnya terdiri dari vegetasi hijau yang luar biasa indah di Dataran Tinggi Santa Cruz dan lava di Bartolome. Galapagos menjadi tuan rumah beberapa spesies langka dunia, seperti kura-kura Galapagos yang terkenal, Iguana laut, Boobi kaki biru, dan penguin kecil Galapagos.

Galapagos adalah satu-satunya Taman Nasional di dunia yang hewan liar tidak takut pada manusia. Bahkan, singa laut yang penasaran justru menikmati berenang di samping manusia.

Taman nasional terindah di dunia yang menakjubkan

Taman nasional tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tapi juga menjadi rumah dari berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Dari sepuluh taman nasional di daftar ini, yang mana ingin kamu kunjungi traveler?(ds3)