google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

10 Tempat Wisata Indonesia yang Keindahannya Mendunia

Raja Ampat, salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia (foto: unsplash.com/@sutirtab)

Sebagai negara tropis dan kepulauan, kita patut bangga dengan keindahan Indonesia yang menakjubkan. Dari Sabang hingga Merauke, ada beragam tempat wisata Indonesia yang memukau. Mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata alam.

Beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia tidak hanya populer di dalam negeri, bahkan juga tekenal hingga mancanegara. Tak  heran, banyak wisatawan dari berbagai negara datang ke Indonesia untuk menikmati tempat-tempat wisata indah yang tiada duanya.

Dengan pemandangan alam menakjubkan, keindahan, dan eksotismenya, setidaknya ada beberapa tempat wisata Indonesia yang mendunia.

Apa sajakah destinasi tempat wisata Tanah Air yang tekenal hingga mancanegara?

1. Raja Ampat, Papua Barat

Keindahan Kepulauan Pianemo di Raja Ampat (foto: shutterstock)

Tentunya, Raja Ampat masuk dalam daftar destinasi wisata yang perlu dikunjungi oleh kebanyakan traveler. Keindahan surga dunia di Indonesia ini merupakan salah satu destinasi wisata alam dengan kekayaan laut terlengkap di bumi. Setidaknya, kawasan ini memiliki sekitar 75% spesies laut dunia.

Bahkan, keindahan Raja Ampat sudah mendunia. Raja Ampat, yang terletak di Papua Barat dikenal juga dengan Empat Raja adalah kawasan yang terdiri dari 4 pulau indah. Keempat pulau tersebut adalah Salawati, Misool, Batanta, dan Waigeo.

Wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan alam di tempat yang populer, yaitu Wayag, Pianemo, Misool, dan Telaga Bintang yang menakjubkan dan tak terlupakan.

2. Kawah Ijen, Jawa Timur

Fenomena blue fire di Kawah Ijen

Kawah Ijen yang berada di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur menjadi salah satu tempat wisata Indonesia yang kepopulerannya mendunia. Tak hanya wisatawan domestik, banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Kawah Ijen untuk melihat fenomena blue fire.

Daya pikat blue fire yang menyala di kawah Ijen hanya ada dua di dunia. Selain di Indonesia, blue fire bisa ditemukan di Islandia. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan fenomena blue fire saat dinihari, sekitar pukul 02.00 hingga 05.00 pagi.

Baca juga: Mau Lihat Blue Fire di Kawah Ijen? Simak Yuk Informasi & Tipsnya Di Sini!

3. Nusa Penida, Bali

Kelingking Beach di Nusa Penida (foto: Nattu Adnan)

Bicara tentang tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara tentu kita tak bisa melewatkan Pulau Bali. Sejak lama nama pulau ini telah mendunia karena pemandangan alam yang menakjubkan, pantai eksotis, dan budaya yang masih kental.

Tak heran, Bali menjadi salah satu destinasi wisata populer dunia, bahkan tak sedikit turis yang jatuh cinta dan menetap di Pulau Dewata. Salah satu destinasi wisata Bali yang terkenal hingga mancanegara adalah Nusa Penida. Pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan dan panorama pantai yang indah mempesona.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Lanskap Labuan Bajo yang menakjubkan (foto: goodnewsfromindonesia.id)

Keindahan alam Indonesia memang tak terbantahkan. Salah satu keindahan alam menakjubkan yang dimiliki Indonesia salah satunya adalah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dengan lanskap yang eksotis.

Satu hal yang menjadikan Labuan Bajo destinasi populer dan terkenal hingga ke mancanegara adalah dengan adanya Taman Nasional Komodo. Taman ini menjadi satu-satunya habitat komodo yang terancam punah.

Taman Nasional Komodo juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Ada tiga pulau utama di taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo. Selain ketiga pulau tersebut, tempat wisata populer di Labuan Bajo lainnya adalah Pink Beach, Wae Rebo, dan Gua Rangko.

5. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba, danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara (foto: maritim.go.id)

Danau Toba yang berada di Sumatera Utara terbentuk secara alami dari letusan gunung berapi. Merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia, Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer.

Tak hanya menjadi danau terbesar, Danau Toba juga menjadi danau vulkanik terdalam di dunia dengan kedalaman 505 meter. Berada di ketinggian permukaan sekitar 900 meter, terdapat sebuah pulau di tengah-tengah danau alami ini, yaitu Pulau Samosir. Keindahan Danau Toba sudah terkenal hingga mancanegara sejak 1980-an.

Baca juga: Ini Dia, 6 Alternatif Tempat Wisata di Bali Selain Pantai Yang Tak Kalah Indah!

6. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Keindahan Pulau Derawan (foto: celebes.co)

Tak hanya keindahan lanskap alam, Indonesia juga kaya dengan wisata bahari. Keindahan Pulau Derawan yang berada di Kalimantan Timur tak hanya populer di kalangan wisatawan domestik, namun juga mancanegara.

Daya tarik utama wisata Pulau Derawan adalah Pulau Kakaban. Di sini terdapat danau yang dipenuhi dengan ubur-ubur air tawar yang tak menyengat. Selain itu, ada Danau Labuan Cermin. Banyak traveler yang datang berkunjung dan menyelam untuk melihat hiu paus.

7. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi dikenal sebagai surganya para penyelam dunia (foto: nusatour)

Satu lagi tempat wisata Indonesia yang mendunia, Taman Nasional Wakatobi. Nama Wakatobi sendiri diambil dari nama empat gugusan pulau yang ada, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata bawah laut yang sangat populer hingga ke mancanegara.

Di Taman Nasional Wakatobi terdapat lebih dari 112 jenis terumbu karang. Tentu saja, aktivitas utama di sini diantaranya berenang, snorkeling, dan menyelam. Wisatawan datang untuk menikmati keindahan panorama bawah laut dan biota laut yang menakjubkan. Tak heran, tempat ini menjadi surganya para penyelam dari berbagai penjuru dunia.

8. Gunung Bromo, Jawa Timur

Bromo, dikenal dengan sebutan negeri di atas awan (foto: airyrooms)

Kerap dijuluki negeri di atas awan, Gunung Bromo menjadi destinasi favorit dan populer wisatawan domestik dan mancanegara. Ada banyak spot menarik di tempat yang sejuk dan asri ini. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif.

Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya lautan gurun pasir yang sangat luas. Umumnya wisatawan datang untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat spektakuler. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan megah Gunung Bromo dan juga Kawah Bromo.

Baca juga: 10 Taman Nasional Terindah Di Dunia

9. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Keindahan bawah laut Bunaken

Satu lagi destinasi wisata bahari Indonesia yang mendunia, Taman Laut Bunaken. Berada di Teluk Manado, Sulawesi Utara, Bunaken menjadi salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan bawah laut yang sulit ditemukan di negara lain.

Ada beragam jenis biota laut yang menakjubkan, salah satunya terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter. Bunaken juga memiliki sejumlah spot diving terbaik di dunia.

10. Borobudur

Candi Borobudur, merupakan candi Buddha terbesar di dunia

Candi Borobudur merupakan ikon wisata budaya Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Kemegahan candi Buddha terbesar di dunia ini menjadikannya masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, Borobudur dibangun pada masa Kerajaan Mataram kuno.

Terdapat ribuan panel relief di dinding-dinding Candi Borobudur yang menceritakan tentang ajaran agama Buddha dan juga perjalanan hidup Sidharta Gautama. Selain itu, setidaknya terdapat ratusan arca Buddha dan deretan stupa yang menjadi warisan budaya dan sejarah.

Destinasi wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara

Itu tadi sepuluh tempat wisata Indonesia yang ketenarannya mendunia. Pemandang alam, budaya, dan keindahan bawah laut yang menakjubkan menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Dari daftar di atas, yang mana jadi impian kamu untuk dikunjungi? (ds3)