google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

4 Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Oktober 2021

Beberapa tempat wisata di Jakarta telah dibuka selama PPKM Level 3 (foto: unsplash/@syahrilfdilla_id)

Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 masih diberlakukan di Jawa-Bali hingga 18 Oktober 2021, sejumlah tempat wisata sudah diizinkan untuk dibuka. Pembukaan tempat wisata di Jakarta dalam rangka uji coba oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf).

Tempat wisata yang boleh buka harus memenuhi sejumlah persyaratan dan juga peraturan ketat yang harus dipenuhi. Berikut tempat wisata di Jakarta yang sudah buka selama PPKM Level 3 yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Gerbang masuk Taman Impian Jaya Ancol (foto: Ancol Corporate)

Sejak 14 September 2021, Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka. Pembukaan tempat wisata Ancol merupakan uji coba di masa PPKM Level 3 yang berlaku di Jakarta. Area di Ancol yang sudah bisa dikunjungi adalah Dunia Fantasi, Alliazn Ecopark, Pulau Bidadari, Gondola, dan Putri Duyung Ancol.

Meskipun kawasan wisata Ancol sudah dibuka untuk pengunjung, namun masih ada batasan buat mereka yang ingin berlibur. Anak-anak dibawah 12 tahun, lansia 70 tahun ke atas, dan ibu hamil belum diperbolehkan berkunjung ke Ancol hingga batas waktu yang belum ditentukan. Selain itu, pengunjung diminta membeli tiket secara online.

Ada beberapa persyaratan bagi para pengunjung yang perlu disiapkan. Diantaranya sudah divaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama dan menunjukkan status vaksin dengan scan QR Code. Selain itu, pengunjung diminta melakukan check in dan check out melalui aplikasi Pedulilindungi.

Baca juga: Seven Summits Indonesia, Tujuan Impian Para Pendaki

2. Taman Mini Indonesia Indah

Wahana Keong Mas yang ada di TMII (foto: kcic.co.id)

Nah, ini dia satu lagi tempat wisata populer di Jakarta yang sudah kembali dibuka. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai menerima pengunjung sejak 10 September 2021. Meskipun begitu, belum seluruhnya wahana di TMII yang sudah dibuka.

Beberapa wahana yang dibuka adalah anjungan wisata berbasis outdoor. Diantaranya Taman Burung, Taman Reptil, dan Taman Legenda. TMII memberlakukan persyaratan dan protokol kesehatan untuk pengunjung yang akan berwisata.

Pengunjung wajib sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama dan berusia di atas 12 tahun. Lalu, kendaraan akan disemprot desinfektan dan pengunjung yang datang menjalani pengecekan suhu.

3. Taman Wisata Alam Mangrove

Taman Wisata Alam Mangrove yang ada di Pantai Indah Kapuk (foto: jakartamangrove.id)

Buat kamu yang ingin melepas penat di akhir pekan tapi tidak mau repot pergi jauh, bisa mengunjungi Taman Wisata Alam Mangrove. Tempat wisata ini sudah dibuka meskipun Jakarta masih menerapkan PPKM Level 3.

Di sini, kamu bisa sejenak lepas dari rutinitas harian dan menikmati udara bersih. Kamu juga bisa hunting foto atau justru berfoto di beberapa spot foto yang ada. Ingin merasakan juga menginap layaknya di tengah hutan? Kamu bisa juga menginap di beberapa penginapan yang ada di sekitar Taman Wisata Alam Mangrove.

Jangan lupa, persyaratan untuk masuk tempat wisata ini seperti di tempat lain. Kamu setidaknya sudah menerima vaksin dosis pertama dan melakukan protokol kesehatan. Oh iya, sayangnya pengunjung di bawah 12 tahun masih belum bisa mengunjungi tempat ini.

Baca juga: 9 Tempat Wisata Alam di Bandung sebagai Alternatif Liburan

4. Kampung Budaya Setu Babakan

Kampung Budaya Setu Babakan

Ingin menghabiskan akhir pekan dengan sesuatu yang berbeda? Nah, kamu bisa nih berkunjung ke Kampung Budaya Setu Babakan. Tempat wisata budaya ini sudah buka selama PPKM ini.

Di tempat ini, kamu bisa mengenal dan mendalami berbagai budaya Betawi, suku asli Jakarta. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan tradisional Betawi seperti tarian. Tak lupa, melihat langsung bangunan khas Betawi yang ada di area ini. Pulangnya kamu bisa membeli suvenir berupa pernak-pernik khas Betawi.

Nah, itu tadi tempat wisata di Jakarta yang sudah buka selama PPKM ini. Namun, tempat wisata masih dibatasi hanya untuk pengunjung yang sudah vaksin Covid-19 dan berusia di atas 12 tahun. Jadi, buat kamu yang ingin berlibur sejenak di akhir pekan, langsung saja kunjungi tempat wisata di atas.