google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

5 Panduan Membuat Instagram Stories untuk Bisnis Fashion

5 Panduan Membuat Instagram Stories untuk Bisnis Fashion (Foto: falcon.io)

Instagram stories adalah salah satu fitur menarik dari media sosial Instagram yang bisa menjadi sarana strategis pemasaran. Anda bisa mengekspos merek fashion ke jutaan pengguna platform ini melalui Instagram stories. Ini adalah fitur paling populer dari Instagram yang memberikan kebebasan berkreasi kepada merek fashion.

Instagram stories memang membuat ketagihan, dan oleh karena itu sebagian besar merek mode global menggunakannya untuk menarik pengikut mereka. Jika ingin menonjol di niche Anda, meningkatkan keterlibatan dan mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram, Anda perlu memperhatikan apa yang diposting di Instagram stories.

Bagi Anda yang baru mengenal Instagram stories dan berniat menggunakannya untuk keuntungan bisnis fashion, berikut adalah rangkuman panduan penggunaanya. Berikut ini adalah tips-tips paling ampuh untuk membantu Anda membuat Instagram stories untuk menarik audiens pada bisnis mode Anda.

1. Posting Konten Eksklusif

Posting Konten Eksklusif (Foto: designwebkit.com)

Perlu Anda ingat bahwa postingan melalui Instagram stories akan menghilang setelah 24 jam, kecuali apabila Anda menyimpannya dalam sorotan Instagram. Sehingga, pastikan bahwa informasi atau pembaruan yang Anda berikan melalui Instagram stories bukanlah konten utama untuk profil Anda.

Alih-alih berita penting, sebaiknya gunakan Instagram stories untuk memposting gambar atau video pendek yang eksklusif. Anda bisa memposting cuplikan koleksi merek, penawaran diskon, penjualan produk, hingga peluncuran produk mendatang. Metode ini akan membantu meningkatkan keterlibatan dan menghimpun pengikut Instagram.

Instagram stories juga bisa menjadi wadah bagi Anda untuk memperkirakan keberlanjutan jangka panjang suatu konten. Anda bisa memposting konten di Instagram stories dan memeriksa tingkat keterlibatan pengikut. Apabila menerima keterlibatan positif, Anda bisa mengunggah konten di profil utama Instagram tanpa ragu.

2. Bagikan Teaser Produk Mendatang

Bagikan Teaser Produk Mendatang (Foto: behance.net)

Instagram stories memang menjadi tempat paling ideal untuk menggoda pengikut dengan promo dan produk baru. Anda bisa meningkatkan hype mengenai merek fashion Anda melalui teaser produk di Instagram stories. Strategi ini untuk mendapatkan perhatian audiens dan mendorong mereka untuk membeli pada hari peluncuran produk.

Strategi pemasaran melalui Instagram stories bisa diperkuat untuk konversi yang lebih baik dengan cara mengunggah beberapa teaser produk dari waktu ke waktu. Hal ini dimaksudkan untuk membangun rasa penasaran audiens atas produk baru merek fashion Anda. Pastikan untuk membuat video teaser dengan substansi dan visual yang menarik.

Anda bisa menampilkan fitur khusus produk, tanpa mengungkap keseluruhan informasi produk dalam teaser. Bermitra dengan influencer populer di niche Anda dan meminta mereka untuk membicarakan produk di teaser juga bisa menjadi pilihan strategi. Ini akan meningkatkan keterlibatan audiens dan mendapatkan banyak pengikut Instagram.

3. Bagikan Konten Buatan Pengikut

Bagikan Konten Buatan Pengikut (Foto: later.com)

Bukan rahasia lagi bahwa Instagram stories adalah tempat yang tepat untuk menjangkau audiens. Salah satunya adalah dengan memposting konten buatan pengikut Instagram atau pengguna produk fashion Anda. Ini adalah cara yang paling kreatif untuk membuat cerita Instagram dengan berpusat pada audiens Anda.

Mulailah tantangan ini dengan mengajak pengikut Instagram Anda untuk membuat konten mengenai topik tertentu, baik yang terkait dengan produk fashion maupun topik fashion lain yang menarik. Minta mereka untuk menandai Anda menggunakan tagar bermerek. Setelah itu, Anda bisa memposting ulang foto dan video mereka di Instagram stories.

Menempatkan audiens Anda dalam sorotan juga mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam lebih banyak tantangan semacam itu. Sehingga membuat mereka lebih loyal dan mau terlibat dengan merek Anda. Strategi ini juga membantu kesadaran merek dan menyebarkan informasi merek fashion Anda ke orang-orang sekitar audiens.

4. Buat Konten Interaktif

Buat Konten Interaktif (Foto: adweek.com)

Cara berikutnya untuk melibatkan audiens dalam bisnis fashion Anda adalah dengan membuat konten interaktif melalui Instagram stories. Stiker Instagram stories adalah fitur luar biasa yang membantu meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan audiens Anda.

Anda dapat melakukan polling untuk mendapatkan umpan balik dari pengikut Instagram atau meminta pendapat mereka tentang suatu produk atau desain. Strategi ini akan membantu Anda memahami apa yang disukai audiens dan menggunakannya untuk menciptakan produk yang lebih baik yang akan dibeli kebanyakan orang.

Anda juga dapat menggunakan stiker Instagram untuk melakukan sesi tanya jawab yang akan menarik minat audiens dalam mengenal merek atau produk fashion Anda lebih dalam. Bagian terbaik tentang stiker Instagram stories adalah sangat mudah digunakan dan alat paling interaktif untuk membuat audiens tetap terlibat dalam bisnis fashion Anda.

5. Tunjukkan Kegiatan di Balik Layar

Tunjukkan Kegiatan di Balik Layar (Foto: socialfiremedia.com)

Perlu diketahui bahwa saat ini konsumen cenderung lebih menyukai merek yang transparan dengan audiens mereka. Oleh karena itu, gunakan Instagram stories sebaik-baiknya untuk menunjukkan transparansi bisnis fashion Anda dalam upaya menarik minat audiens.

Salah satu cara paling efektif adalah dengan menunjukkan kegiatan di balik layar bisnis Anda. Ini adalah kesempatan sempurna untuk memberi tahu audiens tentang pembuatan produk Anda. Tunjukkan pada mereka sekilas tentang pabrik atau toko tempat Anda bekerja atau memproduksi produk fashion melalui Instagram stories.

Anda juga dapat melakukan pengambilalihan karyawan di mana karyawan Anda berbagi pengalaman mereka dengan audiens. Posting pula interaksi singkat yang menghibur dengan rekan tim Anda. Selain itu, Anda juga bisa membagikan kisah Anda dan diskusikan apa yang menginspirasi untuk memulai bisnis fashion tersebut.

Nah, demikianlah beberapa paduan dalam pengelolaan Instagram stories untuk bisnis fashion. Anda bisa langsung menerapkannya dan menggunakan Instagram stories untuk berpromosi. Ingat bahwa Instagram stories adalah bagian penting dari pemasaran secara digital yang menawarkan kebebasan kreatif untuk menarik lebih banyak audiens.

Jadi, gunakan Instagram stories semaksimal mungkin untuk memengaruhi audiens target Anda. Semakin Anda terlibat dengan audiens melalui Instagram stories, maka mereka akan semakin loyal terhadap merek Anda. Dengan demikian, tingkat konversi dan penjualan produk fashion Anda bisa ditingkatkan.