google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

5 Pertunjukan Mode Paling Berkesan di Tahun 2021

5 Pertunjukan Mode Paling Berkesan di Tahun 2021 (Foto: hypebae.com)

Meski masih harus beradaptasi di tengah pandemi, pada tahun 2021 ini sejumlah rumah mode telah melangsungkan pertunjukan untuk memperkenalkan koleksi barunya. Untuk musim FW 21 dan SS 22, banyak desainer kembali ke landasan untuk mempresentasikan koleksi mereka, dengan menggunakan set yang rumit atau lokasi yang tidak terduga. Di penghujung tahun ini, mari kita simak kembali lima fashion show terbaik yang menjadi sorotan di tahun 2021.

1. Pyer Moss: FW 21 Couture – WAT U IZ.

Pyer Moss: FW 21 Couture – WAT U IZ. (Foto: hypebeast.com)

Pertunjukan pertama yang berhasil memanjakan para penikmat mode berasal dari Pyer Moss. Pada bulan Juli, desainer Pyer Moss, yaitu Kerby Jean-Raymond, menjadi desainer kulit hitam pertama yang secara resmi tampil di jadwal Couture dengan koleksi bertajuk WAT U IZ. Jean-Raymond terpaksa menjadwal ulang pertunjukannya setelah hujan lebat dan akhirnya pertunjukan dilaksanakan dua hari kemudian. Presentasi dimulai dengan kata pembuka yang diucapkan dengan luar biasa dari mantan ketua Partai Black Panther Elaine Brown diikuti oleh penampilan dari 22Gz, yang berasal dari lingkungan Flatbush di Brooklyn seperti Jean-Raymond.

Koleksi Musim Gugur-Musim Dingin tersebut dipresentasikan di Villa Lewaro di bagian utara New York, perkebunan Madam CJ Walker. Lokasi yang mengharukan ini dipilih karena masing-masing dari 25 tampilan termasuk item yang ditemukan oleh orang kulit hitam, dari alat pemadam kebakaran, ponsel, hingga lampu lalu lintas. Menurut situs web desainer: ‘Koleksi ini merupakan perayaan budaya Hitam serta kritik terhadap fiksasi orang lain yang mencari keuntungan dari Black trauma’.

2. AZ Factory: SS 22 – Love Brings Love

AZ Factory: SS 22 – Love Brings Love (Foto: designandculturebyed.com)

Pertunjukan berikutnya berasal dari AZ Factory yang tahun ini kehilangan desainer sekaligus pendiri merek, Alber Elbaz. Elbaz yang dicintai oleh komunitas desain internasional meninggal dunia karena Covid-19 pada bulan April, pada usia 59 tahun. Sebanyak 45 desainer dan tim desain Elbaz di AZ Factory berkumpul untuk memperingati kehidupan dan karya sang pendiri. Banyak dari mereka, termasuk Dries van Noten, Olivier Rousteing, Rick Owens, Iris van Herpen, Pierpaolo Piccioli, Maria Grazia Chiuri dan Jean Paul Gaultier bergabung dengan First Lady Prancis Brigitte Macron dan anggota keluarganya di antara penonton.

Pertunjukan sekaligus tribute untuk Elbaz ini menghadirkan tampilan yang masing-masing terinspirasi oleh hubungan pribadi desainer dengan Elbaz. Tak hanya itu, banyak dari teknik khasnya yang diaplikasikan di seluruh koleksi untuk menghormati Elbaz. Menyusul pertunjukan tersebut, baru-baru ini juga diumumkan bahwa pameran yang berlangsung dari 5 Maret hingga 10 Juli 2022 di museum mode Palais Galliera di Paris akan menampilkan semua penampilan dari pertunjukan tersebut.

3. Louis Vuitton RTW: SS 2022

SS 22 Louis Vuitton RTW (Foto: mingweekly.com)

Paris Fashion Week SS 2022 ditutup dengan Louis Vuitton RTW Show di Louvre’s Passage Richelieu yang dihiasi puluhan lampu gantung antik. Pertunjukan ini memperkenalkan koleksi desainer Nicolas Ghesquière yang digambarkan sebagai, ‘vampir chic,’ terinspirasi oleh kostum untuk Alicia Vikander dan karakter lain untuk seri HBO ‘Irma Vep.’ Selama masa jabatannya di Louis Vuitton, Ghesquière telah menunjukkan bahwa ia suka bermain-main dengan konsep waktu.

Dalam catatan acara ia juga menyatakan, “Koleksi Musim Semi-Musim Panas 2022 adalah undangan untuk le grand bal of Time. Malam ini, waktu tidak ada artinya. Padahal waktu adalah segalanya. Ini melarutkan fungsi dan kode. Ini menyatukan lemari. Siang menjadi malam. Seragam yang sederhana menjadi mewah.” Koleksi juga bermain dengan ukuran dan bentuk, mencampur elemen untuk menciptakan bentuk yang tidak terduga, seperti rok lipit yang bisa diubah menjadi jubah.

Gaun sifon yang ringan dan halus dengan crinoline berbentuk keranjang beban membangkitkan hari-hari awal Louis Vuitton, memberi penghormatan kepada ulang tahun ke-200 kelahiran sang pendiri. Pertunjukan ini dihadiri oleh banyak selebritas yang berada di antara penonton untuk pertunjukan yang sangat dinanti-nantikan ini dan tidak mengecewakan. Bahkan interupsi mendadak seorang aktivis yang menyerbu runway sambil memegang spanduk bertuliskan ‘Overconsumption = Extinction’, tidak menyurutkan reaksi antusias penonton.

4. Gucci: Pre-Fall 22 – Love Parade

Gucci: Pre-Fall 22 – Love Parade (Foto: fashionweekdaily.com)

Pertunjukan berikutnya yang tak kalah berkesan adalah Love Parade dari Gucci yang memamerkan koleksi Pre-Fall pada awal November. Sebanyak 115 model dan selebriti, termasuk Miranda July, Macaulay Culkin, St. Vincent, Jodie Turner-Smith, dan Jared Leto bergabung dengan parade di sepanjang Hollywood Boulevard dalam berbagai tampilan yang mencakup gaun berpayet, boas, dan setelan jas tiga potong gaya 70-an, yang merujuk pada House and Hollywood, baik dulu maupun sekarang.

Gwyneth Paltrow bersama dengan Lizzon, Miley Cyrus, dan Serena Williams duduk di barisan depan mengenakan versi terbaru dari tuksedo Gucci beludru merah rancangan Tom Ford yang dikenakannya pada pertengahan tahun sembilan puluhan. Alessandro Michele sang desainer, memuji ibunya yang seorang penggemar film dan asisten di sebuah perusahaan produksi, dengan mendorong kecintaannya pada Hollywood lama. “HOLLYWOOD tampak bintang yang cerah dan berkilau”, tulis Michele dalam catatan acaranya, yang menjelaskan estetika glamor bioskop zaman keemasan yang sering menginformasikan koleksinya. “Sembilan huruf yang meneteskan keinginan.”

5. Louis Vuitton: SS 22 Menswear – Virgil Was Here

Louis Vuitton: SS 22 Menswear – Virgil Was Here (Foto: trendsmap.com)

Tak hanya AZ Factory, Louis Vuitton menjadi rumah mode berikutnya yang kehilangan sosok desainer, yaitu Virgil Abloh. Untuk mengenang Virgil Abloh, Louis Vuitton memberikan penghormatan kepada kehidupan dan warisan seorang jenius kreatif dengan mengulang Koleksi S/S 22-nya. Pertunjukan bertajuk Virgil Was Here tersebut diadakan di Miami bertepatan dengan Art Basel. Para peserta telah naik feri dari daratan untuk perjalanan 30 menit ke dermaga tempat pertunjukan diadakan. Selebriti dibawa dalam speed boat abu-abu dengan logo LV dan monogram di samping dengan warna biru bersama dengan nomor 7.2, mewakili pengulangan pertunjukan ketujuh Abloh untuk rumah mode.

Pertunjukan tersebut dihadiri sekitar 1.500 penonton, termasuk selebriti seperti Kim Kardashian, Kanye West dan putrinya, North West. Pharrell Williams, Rihanna, A$AP Rocky, Venus Williams, Joe Jonas, Ricky Martin, Bella Hadid, 21 Savage, Joan Smalls dan Jesse Williams juga hadir. Koleksi pakaian, referensi ke raver tahun 90-an, termasuk banyak warna solid dan ombré, dihadirkan dalam pertunjukan. Kaus sepak bola rajutan bermerek Vuitton, rok berlipit penuh atau melebar, jas berikat pinggang, jaket letter dan puffer, juga ditampilkan. Setiap tampilan dilengkapi dengan aksesoris tas dalam berbagai gaya termasuk tas ransel lucu berbentuk ikan neon tie-dye.

Demikianlah lima pertunjukan mode yang paling disorot di tahun 2021. Saat ini sejumlah kalender mode telah mengumumkan line-up sementara untuk pertunjukan mode di tahun 2022 mendatang yang sepertinya masih akan menganut perpaduan presentasi fisik dan digital.