google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

5 Tempat Wisata di London Sekaligus Landmark Inggris

Salah satu landmark yang menjadi ikon London, Tower Bridge (foto: unsplash.com/@rubicon99)

Sudah sejak lama London dikenal menjadi salah satu tujuan wisata traveler dari seluruh dunia. Dengan sejuta pesona yang dimiliki, tak heran jika London menjadi magnet wisatawan dari seluruh dunia. Terdapat beragam tempat wisata di London yang bisa dikunjungi, termasuk landmark populer.

Mulai dari Big Ben yang mendunia, hingga Tower of London yang identik dengan dunia sihir Harry Potter.

Buat kamu yang berkunjung ke London, jangan lewatkan tempat wisata yang sekaligus menjadi landmark Inggris berikut ini.

1. Big Ben

Big Ben yang berada di tepi Sungai Thames (foto: phinemo)

Big Ben merupakan landmark ikonik yang tidak saja terkenal di London, tapi juga menjadi representasi Inggris Raya di dunia. Landmark ikonik ini juga dikenal dengan nama Elizabeth Tower. Big Ben berada ujung Westminster Bridge yang tidak jauh dari Parliament Square.

Tahukah traveler kalau Big Ben adalah nama lonceng terbesar dari lima lonceng yang ada di Menara jam ini, bukan nama menaranya?  Nama lain lonceng Big Ben adalah Great Bell dengan tinggi lebih dari dua meter. Big Ben memiliki diameter lebih dari 2,5 meter dan berat hampir 14 ton!

Menara jam setinggi 96 meter ini selesai dibangun pada 1856 dan dinyatakan sebagai  Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987. Di menara terdapat empat jam sisi yang paling besar di dunia, dengan diameter sepanjang 7 metar dan panjang jarum menit mencapai 4,2 meter.

Selain menjadi jam terbesar di dunia, Big Ben juga menjadi jam paling akurat. Setiap tahun jam disetel agar tetap berdetak tepat di titiknya dengan menggunakan koin sat usen Inggris kuno.

2. Tower of London

Tower of London (foto: worldstrides.com)

Tempat wisata di London yang sekaligus landmark Inggris adalah Tower of London. Bangunan ini didirikan pada tahun 1066 dengan arsitektur autentik khas kerajaan Inggris pada masa silam.

Buat kamu para penggemar penyihir muda Harry Potter, Tower of London menjadi tempat syuting novel best seller karya JK Rowling. Dulunya, bangunan tua bersejarah ini pernah dijadikan tempat tinggal keluarga kerajaan hingga beralih fungsi menjadi penjara.

Tower of London berada di tepi Sungai Thames. Bagian terpenting dari puri ini adalah Menara Putih, yang dibangun pada tahun 1078. Menara ini resmi masuk ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1988.

Baca juga: Traveling ke-7 Kota Tuan Rumah Euro 2020, Tertarik?

3. London Eye

London Eye yang terlihat cantik di malam hari (foto: unsplash.com/@chmarco)

London Eye menjadi salah satu landmark Inggris yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke London. Bangunan ini disebut juga dengan Millennium Wheel setinggi 135 meter dan memiliki diameter 120 meter. Bianglala yang berputar di atas Sungai Thames ini mulai beroperasi pada 1999.

London Eye menjadi bianglala terbesar di dunia hingga 2006. Rekornya dikalahkan oleh Star of Nanchang di Nanchang, China. Kamu bisa menikmati pemandangan Kota London yang menakjubkan dari ketinggian secara gratis!

Pada 2006 lampu LED dipasang di bianglala untuk menambah daya tarik London Eye, terutama saat malam hari. London Eye akan terlihat cantik dengan warna-warni lampu yang menawan. Penumpang bisa menaiki 32 kapsul (kabin) mewah yang merupakan jumlah wilayah di Greater London. Setiap kapsul bisa menampung 25 pengunjung.

4. Trafalgar Square

Trafalgar Square yang terkenal (foto: centralhoxton)

Trafalgar Square merupakan salah satu landmark kota London yang juga menjadi tujuan wisata. Tempat terbuka umum ikonik atau ‘alun-alun’ ini menjadi tempat berkumpul warga London.

Tempat yang dibangun sejak 1800 ini menjadi salah satu wisata malam yang tak boleh dilewatkan saat di London. Alun-alun ini dinamakan Trafalgar Square untuk untuk mengenang Pertempuran Trafalgar, sebuah pertempuran di laut di mana kapal perang Angkatan Laut Inggris memenangkan Perang Napoleon.

Di bagian tengah terdapat monumen yang di dalamnya ada patung Laksamana Horatio Nelson. Ia adalah pahlawan dan pemimpin AL Inggris yang terbunuh dalam pertempuran Trafalgar. Karenanya, monumen tersebut dinamakan Nelson’s Column.

5. Buckingham Palace

Buckingham Palace atau Istana Buckingham, kediaman Ratu Inggris

Buckingham Palace atau Istana Buckingham adalah istana termegah di Inggris yang menjadi kediaman resmi ratu Inggris. Istana ini menjadi tempat untuk acara-acara kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, sekaligus menjadi destinasi wisata.

Istana ini berada di wilayah Westminster, London, yang populer dikunjungi wisatawan, terutama saat musim panas. Westminster Palace merupakan bangunan dengan ruangan-ruangan elegan dan mewah berciri khas dinding putih dan keemasan serta karpet merah.

Buckingham Palace dibangun pada 1703 oleh Duke of Buckingham. Di sini kamu bisa berfoto di depan pagar istana atau melihat The Victoria Memorial. Ini adalah monumen dengan air mancur yang dibangun pada 1911. Jangan lewatkan juga jadwal pergantian penjaga di gerbang istana yang menjadi daya tarik wisatawan.

Baca juga: Fakta Unik St. Petersburg yang Traveler Wajib Tahu!

6. Westminster Palace (Parliament House)

Westminster Palace di malam hari (foto: pixabay.com/publicdomainpictures-14)

Westminster Palace atau biasa dikenal juga dengan nama Parliament House adalah salah satu ikon bersejarah Inggris. Letaknya di tepi Sungai Thames dan memiliki Menara terkenal, Big Ben.

Westminster Palace menjadi rumah bagi parlemen Inggris, House of Lords (Majelis Tinggi) dan House of Commons (Majelis Rendah). Bangunan ini sempat menjadi tempat tinggal keluarga kerjaaan. Wisatawan yang datang bisa masuk secara gratis.

Westminster Palace dibangun pada abad kesebelas dan sempat habis dilalap api pada 1834. Bangunan direkonstruksi kembali pada 1840 dan baru selesai sepuluh tahun kemudian.

7. Westminster Abbey

Westminster Abbey yang megah (foto: hotels.com)

Tempat wisata di London sekaligus landmark Inggris berikutnya adalah Westminster Abbey. Bangunan bersejarah ini berdiri sejak 1066 dan masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Dengan arsitektur bergaya gothic, bangunan ini menjadi lokasi pelaksanaan acara penobatan raja dan ratu Inggris.

Selain itu, bangunan ini juga kerap dijadikan tempat pernikahan para bangsawan Inggris, termasuk pernikahan Ratu Elizabeth dengan Duke of Edinburgh dan Pangeran William dan Kate pada 2011.

Westminster Abbey juga menjadi tempat pemakaman bagi raja dan ratu Inggris serta tokoh-tokoh terkenal asli Inggris. Diantaranya Charles Darwin, Rudyard Kipling, Sir Isaac Newton,  Thomas Hardy, dan Charles Dickens.

8. Tower Bridge

Tower Bridge, London (foto: pixabay.com/fotofan1-320502/)

Tower Bridge adalah salah satu jembatan di Kota London yang menjadi ikon kota dan juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Jembatan sepanjang 244 meter dan tinggi 65 meter ini berdiri di atas Sungai Thames.

Bangunan jembatan terdiri dari dua bagian yang sama besar sehingga kedua sisinya bisa diangkat ketika kapal pesiar melintas di bawahnya. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat ini saat malam hari. Kamu bisa menikmati keindahan lampu-lamu yang menghiasi Tower Bridge.

Tower Bridge diresmikan pada 1894 oleh Pangeran Wales Edward VII. Lebih dari 40 ribu orang perhari yang melintas jembatan dengan arsitektur khas Victoria ini. Tempat wisata ini juga dikunjungi lebih dari 600 ribu pengunjung per tahun.

Tempat wisata di London yang juga menjadi ikon landmark Ibu Kota Inggris

Itu tadi delapan tempat wisata ikonik di London yang sekaligus menjadi landmark London dan bahkan Inggris. Kemegahan bangunan dan keindahan arsitektur menjadikan tempat-tempat tersebut tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke London. Landmard yang mana jadi incaran kamu nih traveler? (ds3)