5 Tips Memilih Kain yang Tepat untuk Kemeja Custom

5 Tips Memilih Kain yang Tepat untuk Kemeja Custom (Foto: medium.com)

Membuat kaos khusus atau kemeja kustom adalah cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan ide yang ingin dibagikan kepada dunia. Hal ini akan memberi Anda cara yang kreatif dan praktis untuk menampilkan desain sendiri dan memilih warna favorit.

Mendesain kaos kustom Anda adalah bagian yang menyenangkan. Namun, memilih kain yang paling cocok bisa jadi rumit. Mengenakan mahakarya sendiri seharusnya membuat Anda merasa percaya diri sepanjang hari. Memilih bahan terbaik akan membantu pemakainya mencapai kenyamanan. Berikut adalah beberapa tips penting tentang cara memilih kain yang tepat untuk kemeja kustom.

1. Daya Tahan Tinggi

Daya Tahan Tinggi (Foto: mentalfloss.com)

Saat membuat kemeja berseni, setiap orang tentu ingin bahan yang bertahan lama. Memilih kain yang paling tahan lama diperlukan untuk memastikan Anda dapat mengenakan tee favorit selama bertahun-tahun.

Beberapa kain yang paling awet adalah katun, poliester, dan campuran poli-katun. Polyester adalah kain sintetis yang dikenal karena ketahanannya, menjadikannya pilihan yang sangat baik bahkan untuk keperluan industri. Bahan ini sering dicampur dengan serat lain seperti kapas untuk melembutkan teksturnya.

Campuran poli-katun adalah salah satu kain terbaik untuk kemeja kustom. Permukaannya kaku namun cukup menyerap untuk mencetak dan nyaman dipakai. Sebagian besar produsen T-shirt menggunakan bahan ini sebagai produk murah namun tahan lama untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Breathable dan Nyaman

Breathable dan Nyaman (Foto: highsnobiety.com)

Bukan rahasia lagi, bahwa kenyamanan adalah hal yang paling penting untuk memilih bahan kemeja kustom. Pakaian sehari-hari ini harus selalu membuat penggunanya merasa santai, riang, dan segar, terutama selama musim panas.

Kain yang paling nyaman dan menyerap keringat untuk T-shirt adalah katun. Sementara mencampurnya dengan poliester dan rayon dapat memaksimalkan daya tahannya. Campuran katun yang lebih tinggi membuat kemeja lebih lembut dan halus. Tee yang dibuat dengan katun 100% paling nyaman dan sempurna untuk dipakai sehari-hari.

Namun, perlu dipahami pula bahwa kenyamanan tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Untuk pakaian olahraga, pakaian Dri-Fit sangat ideal. Itu dibuat dengan kain poliester mikrofiber berkualitas tinggi yang menyerap kelembapan dan lembut di kulit. Bahan ini juga sangat baik untuk pencetakan sublimasi.

Sayangnya, bahan Dri-Fit tidak senyaman kapas dan tidak cocok untuk kulit yang sangat sensitif. Anda juga dapat mempertimbangkan campuran katun-spandeks jika menginginkan elastisitas. Fitur peregangan 4 arahnya sempurna untuk pakaian aktif dan bahkan untuk pakaian anak-anak dan balita.

3. Hypoallergenic

Hypoallergenic (Foto: nourishedlife.com.au)

Menggunakan kain hypoallergenic untuk kemeja kustom sangat diperlukan jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif. Beberapa bahan seperti poliester dan rayon dapat mengiritasi kulit karena gesekan jika dipakai lebih lama. Ini biasanya terjadi jika kemeja terlalu ketat atau cuaca terlalu panas.

Jika Anda mencari kemeja custom hypoallergenic, 100% katun organik dan kain arang bambu adalah pilihan yang sangat baik. Kain alami ini sangat tahan lama dan lembut di kulit, cocok untuk berbagai produk pakaian, termasuk pakaian bayi.

Kemeja yang dibuat dengan 100% katun organik adalah pakaian penting yang paling bernapas dan nyaman. Bahan ini juga mudah dicuci dan dibersihkan. Seratnya juga sempurna untuk mencetak desain warna-warni, membuatnya bertahan selama 20-30 kali pencucian tanpa memudar.

Di sisi lain, kain arang bambu juga hypoallergenic, dengan tambahan fitur antibakteri dan antijamur. Bahan ini juga bisa tahan lama dan memiliki karakter breathable seperti kapas dan dicampur dengan serat lain seperti poliester.

4. Keberlanjutan

Keberlanjutan (Foto: the-shirt-bar.com)

Memilih bahan yang berprinsip berkelanjutan untuk kemeja kustom adalah langkah yang sangat baik karena gerakan untuk fashion berkelanjutan menyebar ke seluruh dunia. Beberapa produsen sekarang menawarkan pakaian dan pakaian organik yang terbuat dari serat daur ulang, memberi Anda lebih banyak pilihan ramah lingkungan.

Kapas organik adalah pilihan kain yang paling ramah lingkungan untuk T-shirt, bersama dengan bambu dan serat daur ulang. Bahan-bahan alami ini membutuhkan lebih sedikit energi selama produksi, menjadikannya ramah lingkungan.

Dalam hal tingkat produksi, kain bambu lebih berkelanjutan daripada kapas karena tumbuh lebih cepat. Namun, proses pembuatan serat bambu lebih padat karya dan tidak ramah lingkungan. Pilihan lain yang lebih baik adalah serat kapas daur ulang. Fast fashion merupakan salah satu penyebab utama limbah tekstil. Mendaur ulang kain-kain ini adalah salah satu cara untuk membantu lingkungan bernafas.

5. Ketersediaan

Ketersediaan (Foto: filmdaily.co)

Memilih kain yang cocok untuk kaos custom lebih mudah jika semua pilihan tersedia di daerah Anda. Jika bahan yang dicari langka di wilayah Anda, tentu harganya akan lebih tinggi.

Pilihan kain terbaik untuk kaos custom Anda adalah yang diproduksi secara lokal. Selain itu, memilih kain yang diproduksi secara lokal adalah salah satu cara untuk membantu para petani. Anda juga akan menghabiskan lebih sedikit untuk pengiriman dan biaya tambahan. Mengambil langkah ini adalah yang paling cerdas saat membuat kaos custom dalam jumlah besar atau untuk bisnis.

Memilih kain yang tepat untuk kemeja custom bisa menjadi tugas yang berat. Namun, memperhatikan faktor-faktor ini akan membantu Anda menemukan opsi yang paling tahan lama, nyaman, hemat biaya, dan ramah lingkungan.