google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

5 Tips Mudah Styling di Segala Musim

5 Tips Mudah Styling di Segala Musim (Foto: pixabay.com)

Tampil modis dalam setiap kesempatan adalah dambaan setiap orang. Namun, Anda tentu memerlukan upaya untuk tetap tampil gaya. Salah satunya adalah dengan memadukan pakaian dan memperhatikan tren styling yang berlangsung. Anda juga perlu menyesuaikan isi lemari dengan musim. Perlu dipahami bahwa setiap musim memiliki tren gayanya masing-masing yang unik, menarik, dan patut dicoba.

Tak hanya untuk menunjang penampilan, menyesuaikan styling atau gaya pakaian dengan musim juga berpengaruh pada kenyamanan Anda ketika memakainya. Anda tidak mungkin menggunakan jaket padding untuk beraktivitas di luar ruangan saat musim panas, bukan? Begitu pula dengan musim dingin, tentu Anda akan kedinginan jika mengenakan crop top dan celana pendek saat cuaca dingin untuk beraktivitas di luar ruangan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk mengatur pakaiannya setiap pergantian musim. Pergantian musim yang terus berjalan serta dunia mode yang terus menghadirkan tren baru membuat banyak orang kesulitan untuk melakukan styling. Tak perlu khawatir, berikut adalah rangkuman tips-tips mudah untuk Anda yang ingin tampil gaya di segala musim.

1. Mengisi Lemari dengan Pakaian Ramah Musim

Mengisi Lemari dengan Pakaian Ramah Musi (Foto: pixabay.com)

Pernahkah Anda merasa tidak memiliki pakaian yang istimewa untuk dikenakan? Bisa jadi karena Anda memang tidak memiliki cukup pakaian berkualitas di lemari pakaian. Bagi yang merasa demikian, coba lihat kembali isi lemari Anda dan identifikasi pakaian yang dimiliki. Anda bisa mulai memilah dan mengeluarkan pakaian mana yang jarang atau mungkin tidak pernah lagi dipakai, kemudian mengisi kembali lemari dengan pakaian baru yang ramah musim.

Tentu akan menyenangkan jika Anda bisa mengisi lemari pakaian dengan koleksi sesuai musim. Misalnya saja crop top, T-shirt, rok mini, dan mini dress di musim panas, atau sweater, rompi, celana jeans, dan topi rajut untuk cuaca dingin. Namun, bagi Anda yang malas berbelanja atau mengatur lemari setiap pergantian musim, mengisi lemari pakaian dengan pakaian ramah musim adalah solusinya.

Anda bisa mengisi lemari dengan tipe-tipe pakaian yang bisa dikenakan sepanjang tahun dan tentunya tak pandang musim. Misalnya saja kemeja, long dress, celana jeans, blazer, jaket bomber, hingga sweater rajut. Pilihlah pakaian yang paling Anda sukai dan membuat percaya diri saat dikenakan di musim apa saja. Alih-alih mengikuti tren, kenyamanan dan rasa percaya diri saat mengenakannya adalah hal utama yang patut dipertimbangkan.

2. Rencanakan Pakaian untuk Acara Mendatang

Rencanakan Pakaian untuk Acara Mendatang (Foto: pixabay.com)

Meski tak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pakaian sehari-hari, tentu Anda perlu melakukan pengecualian untuk acara tertentu. Anda tentu memiliki daftar acara istimewa yang sudah direncanakan sebelumnya, seperti pertemuan perusahaan, reuni, atau mungkin pesta pernikahan. Tentu Anda ingin tampil menawan di acara-acara spesial tersebut, bukan?

Agar dapat tampil gaya di setiap acara spesial yang telah direncanakan, Anda juga perlu melakukan perencanaan pakaian. Bersikaplah proaktif dan mulailah berpikir tentang apa yang mungkin ingin Anda kenakan ke acara tersebut. Kemudian, atur pengingat di ponsel atau jurnal untuk merencanakan penampilan Anda sebelumnya. Sehingga, ketika hari-hari tersebut tiba, Anda tidak kebingungan lagi menentukan pakaian yang dikenakan.

Selain menghemat waktu dalam memilih pakaian, membuat perencanaan gaya juga memberikan Anda waktu ekstra untuk mengurus hal lain di luar pakaian, salah satunya ada mengatur riasan. Untuk menemukan pakaian yang cocok untuk menghadiri suatu acara, cobalah menata item yang sudah Anda miliki dengan cara yang belum pernah Anda pakai sebelumnya. Dengan demikian, barang lama Anda akan terasa baru.

3. Berinvestasi dengan Sepatu Berkualitas

Berinvestasi dengan Sepatu Berkualitas (Foto: pixabay.com)

Sepatu adalah item fashion esensial dalam penampilan. Menjadi sentuhan akhir pada setiap gaya, Anda perlu berinvestasi dengan sepatu yang berkualitas. Apalagi, bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memadukan pakaian dengan item mode lain. Memilih sepatu berkualitas dengan bahan terbaik adalah salah satu solusi, sehingga bisa dikenakan sehari-hari sepanjang tahun.

Selain berkualitas, sepatu klasik sangat direkomendasikan karena gayanya yang tak lekang oleh waktu. Meski jarang dikenakan, sebaiknya miliki beberapa sepasang alas kaki dengan tipe yang berbeda untuk variasi gaya. Sneaker adalah alas kaki yang wajib untuk dimiliki. Di samping itu, Anda bisa memperkaya koleksi alas kaki dengan masing-masing sepasang high heels, boots, loafers, flat shoes, dan sandal yang bisa dikenakan sesuai penampilan dan kenyamanan.

4. Fokus pada Aksesoris

Fokus pada Aksesoris (Foto: pixabay.com)

Apakah Anda ingin memberikan kesan pada penampilan tanpa harus berupaya keras untuk melakukannya? Aksesoris adalah rangkaian item mode yang patut Anda miliki. Bagi Anda yang memilih pakaian ramah musim yang netral untuk dikenakan kapan saja, sebaiknya berilah penegasan gaya sesuai musim melalui aksesori yang dikenakan. Dengan memadukan pakaian dengan aksesoris yang tepat, Anda akan mendapatkan gaya terbaik pada penampilan.

Tas adalah salah satu item yang patut dimiliki selain kalung, gelang, dan perhiasan lainnya. Anda juga bisa mengoleksi ikat pinggang yang merupakan cara sederhana untuk membuat pakaian tampak lebih rapi. Pilih pula topi dengan detail yang sesuai musim untuk menunjang penampilan. Bahkan jika pakaian Anda adalah kombinasi sederhana dari potongan-potongan dasar, aksesori apa pun yang Anda pasangkan dapat meningkatkan estetika gayanya.

5. Jangan Ragu Mencari Inspirasi dari Orang Lain

Jangan Ragu Mencari Inspirasi dari Orang Lain (Foto: pixabay.com)

Anda tentu meiliki gaya atau selera tertentu dalam berpakaian. Namun, pasti ada kalanya Anda bingung akan mengenakan pakaian seperti apa. Terkadang, Anda juga menginginkan gaya baru untuk memerikan tampilan yang lebih segar. Ketika hal-hal tersebut melanda, jangan ragu untuk mencari inspirasi dari orang lain. Anda bisa meniru komposisi gaya siapa saja kemudian mengkombinasikannya dengan item yang yang Anda punya.

Selain melihat gaya dari orang-orang di sekitar, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform untuk mencari inspirasi. Selain melihat majalah mode, berselancar di Pinterest atau Instagram mungkin akan memberikan Anda beberapa referensi gaya yang bisa disimpan di folder. Dengan demikian, Anda bisa memeriksa pilihan tampilan dari folder yang tersimpan. Anda akan mendapatkan tampilan yang sempurna dalam waktu singkat dan sedikit usaha.

Nah, demikianlah beberapa tips styling yang bisa Anda terapkan untuk segala musim. Tak harus membeli barang baru, Anda bisa memulainya dari koleksi pakaian yang tersedia di lemari. Jangan ragu pula melakukan thrifting untuk menemukan pakaian idaman dengan lebih hemat. Pastikan untuk menyisihkan budget untuk mengisi kembali lemari pakaian Anda dengan koleksi pakaian terbaru untuk memperkaya gaya.

Setidaknya setahun sekali, Anda perlu memeriksa isi lemari dan menyortirnya untuk menemukan gaya yang masih relevan dengan selera Anda. Meski memilih untuk mengoleksi pakaian ramah musim, Anda bisa mengelompokkan pakaian bila memiliki waktu luang. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan padu padan gaya setiap harinya. Selain mempertahankan gaya yang telah menjadi ciri khas Anda, coba pula gaya baru untuk tampilan yang lebih menyegarkan.