google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

6 Momen yang Perlu Diketahui di Paris Women’s Fashion Week SS22 Tahun Ini

6 Momen yang Perlu Diketahui di Pekan Mode SS22 Tahun Ini (Foto: owjwo.com)

Pekan mode untuk koleksi Musim Semi-Musim Panas 2022 telah sampai di penghujung acara. Mulai dari Paris Fashion Week, hingga pertunjukan pekan mode di New York, London, dan Milan dengan jadwal yang padat untuk landasan pacu, dan acara Paris Women’s Fashion Week dari tanggal 27 September hingga 5 Oktober mendatang. Sebelum rangkaian pekan mode yang selalu dinantikan setiap tahunnya tersebut berakhit, berikut adalah beberapa momen-momen utama yang perlu pencinta mode ketahui tentang Paris Women’s Fashion Week SS22 tahun ini.

1. Kembalinya Pertunjukan Fisik

Kembalinya Pertunjukan Fisik (Foto: nydaily.com)

Bukan rahasia lagi bahwa hampir semua pertunjukan fisik mode yang biasa digelar memutuskan untuk tidak melaksanakannya pada tahun-tahun sulit belakangan ini karena pandemi global COVID-19. Meski demikian, banyak pula rumah mode yang berinovasi dengan melakukan pertunjukan digital agar industri terus berjalan, meski di tengah lesunya pasar akibat lockdown yang berkepanjangan. Di momen Paris Women’s Fashion Week SS22 tahun ini, sejumlah rumah mode mulai bangkit dengan menggelar pertunjukan fisik kembali.

Ini dimulai dengan Haute Couture Week Paris yang menghadirkan kembali pertunjukan fisik pada bulan Juli dan September ini, yang akan diikuti oleh musim pakaian wanita. Apabila berjalan dengan lancar, ada total 37 pertunjukan landasan pacu langsung dari 92 acara sesuai yang direncanakan pada jadwal resminya. Sejumlah rumah mode pendukung industri memutuskan akan kembali secara fisik, di antaranya Hermés, Chloé, Dior, Givenchy, Chanel dan Louis Vuitton.

2. Sejumlah Merek Masih Memilih Acara Digital

Sejumlah Merek Masih Memilih Acara Digital (Foto: fashionweekonline.com)

Kembalinya format acara dari digital menuju acara fisik tentu tak mudah. Mengingat ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan di masa pandemi yang sebenarnya belum sepenuhnya berakhir ini. Maka tak heran, meskipun banyak merek telah memutuskan untuk kembali ke pertunjukan landasan pacu fisik dalam mempresentasikan koleksi Musim Semi-Musim Panas 2022 mereka, beberapa di antaranya memilih untuk tetap menggunakan format digital.

Ada banyak spekulasi yang memungkinkan mengenai keputusan sejumlah merek untuk tetap menggunakan format digital pada presentasi koleksi SS22 mereka. Baik mereka ingin mendapatkan eksposur global, mendiversifikasi keahlian mereka atau hanya memilih untuk menggunakan alternatif bebas risiko. Sehingga, perlu diperhatikan bahwa presentasi online masih menjadi bagian penting dari jadwal musim ini. Dries Van Noten, Schiaparelli dan Maison Margiela termasuk di antara beberapa merek mode yang memilih kerangka ini.

3. Balmain Menjadi Tuan Rumah Acara Selama Dua Hari

Balmain Menjadi Tuan Rumah Acara Selama Dua Hari (Foto: hypebeast.com)

Momen dari Paris Women’s Fashion Week SS22 berikutnya yang patut dinantikan adalah festival musik dua hari dari Balmain. Olivier Rousteing dari rumah mode mewah asal Prancis ini mengumumkan festival musik dua hari yang rencananya akan berlangsung di The Seine Musical dalam rangka merayakan ulang tahun ke 10 direktur kreatif di pucuk pimpinan rumah mode tersebut. Acara ini diselenggarakan dalam kemitraan dengan (RED) dan Global Fund untuk membantu memerangi AIDS dan HIV.

Perlu diketahui bahwa acara ini akan menjadi tuan rumah acara pertama yang dibuka untuk umum pada 28 September, dan diikuti dengan pertunjukan landasan pacu pada keesokan harinya, tanggal 29 September. Acara ini juga memberikan penawaran menarik, yaitu sebanyak 1.200 orang pertama yang menyumbangkan setidaknya 15 euro ke organisasi akan mendapatkan dua tiket pertunjukan yang direncanakan akan menyambut hingga 3.400 orang.

4. Rita Ora Akan Tampil di Menara Eiffel

Rita Ora Akan Tampil di Menara Eiffel (Foto: prnewswire.com)

Musik dan mode rasanya telah menjadi salah satu sorotan untuk pekan mode tahun ini. Setelah kelesuan yang panjang akibat pandemi, dunia mode tentunya ingin memberikan penyegaran sekaligus semangat untuk kembali memulai awal yang baru melalui rangkaian pertunjukannya. Salah satu kombinasi musik dan mode yang paling dinantikan adalah malam musik live pada tanggal 30 September mendatang.

Rita Ora telah mengumumka malam musim live yang akan memadukan mode dan penampilan pada akhir September mendatang. Penyanyi dan aktris berkebangsaan Inggris tersebut akan mengenakan penampilan khusus dari sejumlah rumah mode ternama, seperti Miu Miu, Lanvin, Fendi, dan Alexandre Vauthier. Sementara untuk riasannya dipercayakan kepada merek make-up Prancis, Lancôme. Merayakan Paris Fashion Week pada waktunya, Rita akan tampil di puncak Menara Eiffel.

5. Kembalinya Sejumlah Merek Ternama

Kembalinya Sejumlah Merek Ternama (Foto: nssmag.com)

Pandemi global membuat banyak merek memutuskan untuk tidak menggelar pertunjukan dalam kalender pekan mode, baik secara fisik maupun digital. Beberapa di antaranya bahkan sudah tidak mengikuti kalender sejak sebelum pandemi, dan memutuskan untuk mempresentasikan koleksinya di luar kalender dengan berbagai pertimbangan, seperti sorotan media hingga tuntukan tanggal.

Menariknya, jadwal pekan mode musim ini menyambut kembalinya beberapa pemain besar dalam industri mode. Beberapa di antaranya, termasuk Balenciaga, Valentino, dan Rick Owens. Ketiga rumah mode mewah tersebut berencana untuk memamerkan koleksi terbaru mereka di ibu kota Prancis. Tak hanya pemain lama, nama-nama baru juga masuk ke dalam kalender resmi pekan mode kali ini, seperti Ludovic de Saint Sernin, Raf Simons dan Botter.

6. AZ Factory Akan Memberi Penghormatan Kepada Alber Elbaz

AZ Factory Akan Memberi Penghormatan Kepada Alber Elbaz (Foto: theimpression.com)

Pandemi COVID-19 tak hanya memberikan pukulan pada dunia mode dari segi pendapatan. Namun, pandemi juga menyisakan duka atas meninggalnya sejumlah nama penting dalam industri. Pada tanggal 24 April kemarin, dunia mode telah kehilangan satu desainer berbakat dan berpengaruh yang telah lama berkecimpung dalam industri. Alber Elbaz yang merupakan pendiri dari label mode AZ Factory meninggal dunia setelah berjuang melawan COVID-19.

Melalui pekan mode kali ini, label AZ Factory akan memberikan penghormatan kepada pendirinya, Alber Elbaz. Acara bertajuk “Love Brings Love”, itu akan diadakan pada tanggal 5 Oktober untuk mengakhiri musim mode yang kaya dan penting. Alber Elbaz sendiri memiliki jejak yang panjang dan mengagumkan dalam industri mode. Selain pernah menjabat sebagai direktur kreatif Lanvin, ia juga pernah bekerja untuk sejumlah rumah mode, termasuk Geoffrey Beene, Guy Laroche, dan Yves Saint Laurent.

Demikianlah enam momen yang tidak boleh Anda lewatkan di penghujung rangkaian pekan mode musim ini. Meski rangkaian pertunjukan untuk koleksi Musim Semi-Musim Panas 2022 akan segera berakhir, Anda tak perlu khawatir karena masih banyak pertunjukan mode yang dijadwalkan sepanjang tahun ini. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencatat tanggalnya agar tak ketinggalan euforia acara dengan munculnya nama-nama baru dalam industri, serta kembalinya sejumlah rumah mode favorit Anda.