google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

6 Tempat Wisata di Italia yang Wajib Dikunjungi Pertama Kali

Venice menjadi salah satu tempat wisata di Italia yang populer (foto: https://unsplash.com/@marcosecchi)

Berkunjung ke negara leluhur spaghetti dan pizza, apa saja tempat wisata di Italia yang wajib dikunjungi?

Italia menjadi salah satu destinasi populer bagi wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Seperti negara-negara tujuan wisata lainnya, Italia juga memiliki ikon negara dan kaya akan destinasi wisata penuh sejarah yang wajib dikunjungi.

Negara ini juga menjadi salah satu pusat mode dunia. Tak heran, Italia menawarkan beragam wisata, mulai dari wisata budaya, wisata alam, semua ada di negara ini.

 Terletak di jantung Laut Mediterania, Italia berbatasan dengan Austria, Prancis, dan Swiss. Bahkan, pusat agama Katolik di dunia, Vatikan, berada di dalam Kota Roma, ibu kota Italia.

Kami rangkum dari berbagai sumber, berikut tempat wisata di Italia yang traveler wajib kunjungi.

1. Menara Pisa

Ikon negara Italia, Menara Pisa (Pisa Tower) yang unik (foto: https://unsplash.com/@ceve8)

Liburan ke Italia tentunya tak boleh melewatkan berkunjung ke ikon sekaligus salah satu keajaiban dunia di negara ini, Menara Pisa. Tempat wisata dengan 295 anak tangga ini memiliki daya tarik tersendiri karena posisinya yang miring.

Tahukah traveler kalau bangunan ini awalnya tidak dirancang dalam bentuk miring? Ternyata, bentuk menara yang miring merupakan kesalahan pembangunan yang tak disengaja. Saat penghitungan konstruksi bangunan dan faktor tanah yang labil, terdapat kesalahan.

Kesalahan ini baru disadari saat pembangunan dimulai pada Agustus 1173. Menara ini punya ukuran kemiringan yang unik, yaitu setinggi 55 meter untuk permukaan tanah yang lebih rendah dan 56 meter pada permukaan yang lebih tinggi. Pastinya, bakalan jadi feed keren nih berfoto dengan latar belakang Menara Pisa!

Baca juga: 10 Negara Terindah Di Dunia, Wajib Traveler Kunjungi!

2. Colosseum

Reruntuhan Colosseum, amfiteater megah dari jaman Romawi kuno (foto: https://unsplash.com/@davidkhlr)

Tempat wisata di Italia yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah Colosseum, atau disebut Colosseo dalam Bahasa Italia. Bangunan unik ini merupakan sisa reruntuhan gedung pertujunkan terbuka warisan Romawi Kuno.

Disebut-sebut sebagai amfiteater terbesar di dunia, bangunan ini dianggap sebagai karya terbaik arsitektur dari zaman Romawi dan diperkirakan bisa menampung 50 ribu penonton. Reruntuhan Colosseum i berada di sebelah timur Roman Forum, bekas alun-alun Romawi yang penuh dengan puing-puing bangunan kuno lainnya.

Colosseum memiliki luas bangunan sekitar 2.5 hektar dengan tinggi 48 meter, panjang 188 meter, dan lebar 156 meter. Arenanya yang terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m. Bangunan ini berbentuk elips yang berfungsi untuk mencegah para pemain melarikan diri ke arah sudut. Juga, menjaga penonton tetap berada di wilayah yang aman. Tempat duduk bertingkat menjadi penunjuk status sosial dalam masyarakat Romawi.

3. Museum Vatikan

Hiasan dinding tapestri Raphael yang tergantung di dalam Kapel Sistina di Roma, 2020 (foto: © Governatorato SCV – Direzione dei Musei)

Meskipun merupakan negara tersendiri, berkunjung ke Vatikan tentunya tak boleh dilewatkan saat berlibur ke Italia. Merupakan Tahta Suci dan pusat Gereja Katolik dunia serta kediaman pemimpin tertinggi umat Katolik dan Uskup Roma, Paus, ada beberapa tempat wisata diVatikan yang bisa dikunjungi, seperti Museum Vatikan.

Museum yang dikenal dengan nama Musei Vaticani dalam Bahasa Italia adalah museum kesenian publik dan patung di Kota Vatikan dengan menampilkan karya-karya terbaik milik Gereja Katolik Roma.

Puncak dari Museum Vatikan adalah Kapel Sistina indah yang dibangun pada masa pemerintahan Paus Sixtus IV di abad XV, Baccio Ponteli. Kapel yang diresmikan pada 1482 menjadi ‘kapel dari segala kapel’ dengan arsitektur plafon melengkung.

Baca juga: Negara Terkecil di Dunia Yang Wajib Traveler Kunjungi

4. Trevi Fountain

Trevi Fountain di Kota Roma (foto: https://unsplash.com/@michelebit_)

Trevi Fountain merupakan salah satu tempat wisata di Italia yang sangat populer. Air mancur terbesar yang terletak di ibu kota Italia ini sangat kental dengan seni arsitektur Eropa pada abad 17 dan bergaya Baroque Style yang memesona.

Traveler akan dibuat takjub dengan banyaknya detail berupa ukiran dan patung-patung di sekitar air mancur yang bercerita tentang ‘Taming of the Waters’ atau cerita tentang seseorang yang menjinakkan air.

 Tinggi Trevi Mountain 26,3 meter dengan lebar 49,5 meter. Di bagian tengah air mancur ada patung Neptunus atau Poseidon sang dewa laut yang digambarkan sedang menaiki kereta tempur berbentuk kerang. Kereta tersebut ditarik oleh dua ekor monster laut berbentuk kuda dan dikemudikan oleh triton, dewa laut berekor ikan.

Trevi Mountain menjadi daya tarik bagi wisatawan dengan adanya mitos melemparkan koin ke dalam air kolam dengan cara membelakangi air mancur. Dipercaya, jika koin berhasil jatuh ke dalam kolam akan kembali lagi ke kota penuh sejarah ini suatu hari nanti.

5. Piazza Novona

Piazza Novona, alun-alun di Kota Roma (foto: VideoBlocks.com)

Piazza Novona adalah alun-alun Kota Roma yang sangat indah dan luas. Baik penduduk lokal maupun wisatawan banyak yang menghabiskan waktu, terutama di sore hari, di alun-alun ini. Suasana alun-alun di sore hari menjadi daya tarik utama pengunjung.

Di sekitar alun-alun terdapat gedung-gedung dengan arsitektur bernuansa Eropa yang terlihat megah dan menakjubkan. Juga ada banyak restoran dan kafe untuk menikmati keindahan piazza sambil minum dan makan.

Di bagian belakang alun-alun ada sebuah gereja besar dengan tiga air mancur yang sangat indah. Air mancur yang terletak di tengah adalah Fountain of the Four Rivers yang dipuncaknya terdapat patung Obelisk of Domitian karya Gian Lorenzo Bernini.

Dua air mancur lainnya adalah Fountain of Neptune karya Giacomo della Porta dan Fontana del Moro dengan kolam yang terdapat empat Tritons (dewa laut dengan tubuh bagian bawah seperti lumba-lumba).

Traveler bisa menikmati keindahan air mancur di tempat duduk yang disediakan di sekeliling ketiga air mancur tersebut. Di alun-alun juga kamu bisa menyaksikan pertunjukan seniman-seniman jalanan dengan kostum dan dandanan yang aneh dan unik.

Baca juga: 7 Negara Eropa Bersiap Menerima Turis Dengan Paspor Vaksin

6. Venice

Kota Venice (foto: https://unsplash.com/@stijntestrake)

Berlibur ke Italia tentunya tak boleh melewatkan tempat wisata di negara ini, Venice. Kota ini dikenal juga dengan sebutan ‘the city of water’ atau kota terapung karena perahu menjadi sarana transportasi utama.

Di atol (kepulauan) yang dikenal juga dengan Venezia ini kamu tidak akan menemukan jalan raya. Semua orang menggunakan gondola, perahu, speed boat, atau vaporetto (bus air) untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Ibu kota Provinsi Venesia adalah Regione Veneto dengan jumlah penduduk sekitar 280 ribu jiwa. Kota yang terletak di sebelah utara Italian ini menarik 250 ribu wisatawan setiap harinya. Tempat wisata yang tak boleh dilewatkan adalah Doge’s Palace, istana megah yang menjadi landmark kota ini serta St. Mark Basilica.

Jangan lewatkan juga berkunjung ke Piazza San Marco, salah satu simbol Kota Venice dengan menara setinggi hampir 100 meter dan diramaikan oleh ratusan burung merpati. Tempat wisata lainnya adalah Rialto Bridge atau Jembatan Rialto, yang menghubungkan dua kanal terpisah.

Tempat wisata di Italia dengan keindahan arsitektur bergaya Eropa

Itu tadi enam tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Italia. Tentunya, masih ada banyak tempat wisata lainnya, seperti Castel Sant’ Angelo, sebuah tempat pemakaman para kaisar – kaisar Romawi pada tahun 138 Masehi. Juga ada Pantheon, kuil yang berdiri sejak kaisar Romawi memerintah dan kini telah beralih ke gereja katolik Roma serta Basilica Santa Maria Maggiore, dan banyak lainnya. Kamu akan dibuat kagum oleh keindahan arsitektur bangunan-bangunan bernuansa Eropa. Yuk, rencanakan liburan ke Italia setelah pandemi berakhir dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut. (ds3)