6 Tips Tampil Terbaik untuk Hadir di Kondangan

Tips Tampil Terbaik untuk Hadir di Kondangan (Foto: onefabday.com)

Bukan rahasia lagi bahwa setelah pandemi Covid-19 mereda, jumlah pernikahan menjadi meningkat. Para pengantin yang sempat menunda penyelenggaraan kondangan resepsinya, kini mulai mendapat lampu hijau untuk mengumpulkan para kerabat dan bergabung dalam momen bahagia mereka. Tak hanya para pengantin, Anda yang menghadirinya juga patut tampil istimewa.

Sebagai tamu pernikahan, wajar jika Anda ingin terlihat terbaik. Berpenampilan terbaik di pesta pernikahan yang akan datang tidak sesulit kelihatannya. Yang diperlukan hanyalah sejumlah perencanaan yang masuk akal. Berikut adalah enam tips untuk hadir di kondangan pernikahan dengan penampilan terbaik.

1. Periksa Dress Code pada Undangan

Periksa Dress Code pada Undangan (Foto: zola.com)

Sementara beberapa pernikahan tidak akan menentukan kode berpakaian (dress code), banyak pula pengantin yang akan melakukannya untuk maksud tertentu. Jika pengantin berusaha membimbing Anda untuk menentukan apa yang harus Anda kenakan untuk menghadiri acaranya, maka Anda harus menganggapnya sebagai berkah.

Saat Anda diberi kode berpakaian, ikuti, dan pastikan pakaian yang akan Anda kenakan telah sesuai dengan ketentuan. Tentu Anda tidak ingin salah kostum, bukan? Misalnya saja, menjadi yang satu-satunya yang tampil dalam gaun atau pakaian berdasi sementara orang lain super kasual atau, lebih buruk lagi, tampil super kasual saat semua orang berpakaian untuk acara resmi.

Jika undangan tidak memberikan kode berpakaian, periksa kembali situs web pernikahan, dan jika tetap tidak ada informasi, hubungi bridesmaids atau pengiring pengantin untuk bertanya. Hindari mengganggu pengantin dengan pertanyaan yang dapat Anda jawab di tempat lain. Jika mereka masih tidak tahu, berpakaianlah sesuai dengan lokasinya. Pahami bahwa Anda tidak akan muncul ke ballroom dengan gaun malam atau mengenakan gaun sepanjang lantai ke pernikahan di pantai.

2. Hindari Memakai Warna yang Sama dengan Bridesmaids

Hindari Memakai Warna yang Sama dengan Bridesmaids (Foto: nytimes.com)

Tips kedua ini bukanlah aturan yang ketat, dan tidak ada yang akan menghakimi Anda jika Anda mengenakan sesuatu yang warnanya sama dengan gaun milik bridesmaids atau pengiring pengantin. Tetapi, jika Anda tahu warna apa yang mereka kenakan dan dapat membantu, pilihlah gaun dengan warna yang berbeda. Jika Anda tidak tahu warna apa yang dikenakan pengiring pengantin, Anda mungkin dapat mengetahuinya dengan melihat skema warna situs web undangan pernikahan.

3. Rencanakan Apa yang Ada di Balik Pakaian Anda

Rencanakan Apa yang Ada di Balik Pakaian Anda (Foto: joom.com)

Tips berikutnya adalah merencanakan apa yang akan Anda kenakan di balik pakaian. Penggunaan pakaian dalam yang tepat akan berpengaruh pada penampilan Anda. Kenakan bra dan celana dalam yang sesuai untuk memberikan dukungan pada penampilan dengan membuat Anda tetap merasa nyaman dan percaya diri pada pakaian yang Anda kenakan.

4. Kemas Jepit Rambut yang Bergaya

Kemas Jepit Rambut yang Bergaya (Foto: joom.com)

Jujur saja, apa pun yang Anda lakukan pada rambut, setelah lebih dari enam jam beraktivitas, Anda mungkin akan mencapai titik di mana Anda ingin menatanya. Daripada menggunakan ikat rambut hitam, kemas klip khusus yang layak untuk acara di tas Anda. Pilihan ini akan meningkatkan seluruh penampilan Anda di acara.

Jepit rambut mungkin terdengar kurang menarik untuk menata rambut Anda, karena tampilannya yang sering tersedia dalam gaya sederhana. Namun, kini ada banyak jepit rambut yang didesain menarik untuk digunakan pada acara-acara istimewa.

5. Jangan Membawa Barang yang Tidak Dibutuhkan

Jangan Membawa Barang yang Tidak Dibutuhkan (Foto: tinaadamsconsulting.com)

Meskipun umumnya lebih baik untuk mempersiapkan secara matang, namun pastikan untuk tidak membawa barang-barang yang tidak perlu Anda bawa di pesta pernikahan. Misalnya, jangan membawa jaket hanya jika Anda kedinginan. Apalagi ketika Anda tahu bahwa jaket tersebut tidak akan pernah benar-benar dipakai.

Cobalah untuk memasukkan semua yang Anda bawa ke dalam tas kecil atau tas selempang, dan hindari membawa apa pun yang tidak muat di dalamnya. Jika Anda merasa harus membawa tas lebih besar untuk membawa apa yang ingin Anda bawa, ulangi agar muat menjadi sesuatu yang lebih kecil. Hal terakhir yang dapat dijadikan pertimbangan adalah berfoto dengan tas di bahu Anda dan banyak barang di tangan Anda saat bercengkrama dengan teman-teman di pesta pernikahan.

6. Simpan Lip Gloss di Tas

Simpan Lip Gloss di Tas (Foto: review.bukalapak.com)

Ketika riasan mulai rusak setelah semua pelukan dan makan dan minum yang akan Anda ikuti, lipstik akan menjadi hal pertama yang Anda butuhkan. Daripada terus-menerus mengoleskan lipstik yang membutuhkan cermin untuk mengetahui apakah Anda mengaplikasikannya dengan baik, sebaiknya simpan lip gloss di tas yang dapat Anda aplikasikan kembali dengan mudah. Bahkan jika Anda berkeringat dan mulai sedikit kusut, bibir yang mengilap akan membuat Anda terlihat lebih baik dengan mudah.

Demikianlah sejumlah tips bagi Anda yang akan menghadiri kondangan dengan keinginan tampil istimewa. Selamat mencoba!