7 Koleksi Mode Mewah yang Cocok Dijadikan Barang Investasi

7 Koleksi Mode Mewah yang Cocok Dijadikan Barang Investasi (Foto: farfetch.com)

Dengan pertumbuhan pasar penjualan kembali, pelanggan secara serius memikirkan kembali barang mode mewah sebagai bagian dari investasi. Mereka yang menyukai barang-barang desainer tidak lagi hanya fokus pada memperoleh barang. Banyak pula yang meprediksi bahwa barang mode tertentu akan memiliki nilai yang lebih tinggi di masa depan, sehingga mereka dapat menjualnya kembali dan akhirnya menggunakannya untuk sesuatu yang lain.

Banyak pula yang melihat barang mode sebagai investasi aktif, dengan mengharapkan keuntungan jika harganya naik di kemudian hari. Pelanggan tentunya juga menginginkan barang-barang yang akan selalu relevan, tidak hanya untuk saat ini. Berbicara mengenai investasi barang mode, berikut adalah sejumlah koleksi desainer yang patut dipertimbangkan sebagai barang investasi.

1. Chanel 2.55 Classic Flap Bag

Chanel 2.55 Classic Flap Bag (Foto: saclab.com)

Chanel adalah salah satu rumah mode telah mendapat sorotan karena menaikkan harganya, tetapi banyak pelanggan yang masih setia pada koleksinya. Pendapatan mereka baru saja mencapai 15 miliar dolar, yang menjadi rekor tertinggi bagi perusahaan. Tas Chanel Classic Flap adalah salah satu koleksi andalannya, yang kini dibanderol dengan harga 8.200 dolar. Pada tahun 1990, harga tas itu adalah 1.150 dolar.

Bagi mereka yang beruntung telah menyimpan tas mereka dalam kondisi baik selama lebih dari 30 tahun, itu adalah return on investment (ROI) yang menguntungkan. Karena Chanel memposisikan dirinya untuk bersaing dengan Hermes dan rantai pasokannya ketat, maka potensi kenaikan harga akan selalu memungkinkan.

2. Hermès Birkin

Hermès Birkin (Foto: saclab.com)

Birkin adalah salah satu simbol status paling ikonik sepanjang masa. Dinamakan sama dengan aktris Jane Birkin, tas ikonik tersebut terkadang memiliki daftar tunggu hingga tiga tahun. Tak heran jika tas ini juga memiliki nilai jual kembali yang besar dan kuat.

Birkins antik bisa mendapatkan enam angka di pelelangan. Bahkan, tas ini memiliki pengembalian investasi yang lebih tinggi daripada emas. Anda yang tertarik untuk menjadikannya barang investasi, sebaiknya membeli satu dan menyimpannya di brankas selama dua puluh tahun untuk dijual di kemudian hari.

3. Louis Vuitton Neverfull

Louis Vuitton Neverfull (Foto: stockx.com)

Louis Vuitton Neverfull pernah menjadi tas jinjing Louis Vuitton entry-level standar, dengan harga rata-rata 1.200 dolar. Sekarang, merek-merek tersebut telah mencapai harga rata-rata 2000 dolar secara eceran. Bagi mereka yang telah memegang tas Neverfulls mereka dan menjaganya dalam kondisi baik, mereka diprediksi akan bernilai lebih dari yang telah Anda bayarkan saat membelinya.

4. Dior Saddle Bag

Dior Saddle Bag (Foto: dior.com)

Maria Grazia Chiuri membuat siluet khas Dior Saddle Bag menjadi luar biasa lagi. Tas ini telah menjadi salah satu tas terlaris Dior, dan kembali menjadi salah satu tas mewah paling didambakan saat ini. Saddle Bag juga mempertahankan nilai yang cukup besar di pasar penjualan kembali. Menariknya, Saddle Bag juga ditawarkan untuk pria dan wanita, sehingga memiliki keserbagunaan unisex.

5. Rolex Submariner

Rolex Submariner (Foto: cortinawatch.com)

Dunia kolektor jam tangan adalah tempat di mana orang-orang yang sudah lama mengenal nilai investasi. Rolex Submariner adalah salah satu gold standard untuk jam tangan penyelam. Tak heran jika jam tangan ini menjadi barang yang banyak diburu. Harga Rolex rata-rata sekarang lebih dari 13.000 dolar, naik dari rata-rata tahun 2011 sebesar 5.000 dolar. Harga tersebut diperkirakan tidak akan turun dalam waktu dekat.

6. Cartier Tank Watch

Cartier Tank Watch (Foto: cartier.com)

Jam tangan mewah lain yang merupakan bagian investasi yang baik adalah Cartier Tank Watch. Ini adalah item pokok di antara kolektor jam tangan mewah. Seringkali kolektor arloji mengabaikan potongan-potongan ini, tetapi mereka mempertahankan sebagian besar nilainya di pasar penjualan kembali. Meskipun ini bukan ROI besar seperti Rolex Submariner, namu jam tangan ini akan memegang sebagian besar nilainya, sehingga menjadi item investasi yang menjanjikan.

7. Kalung Van Cleef & Arpels Alhambra

Kalung Van Cleef & Arpels Alhambra (Foto: vancleefarpels.com)

Alhambra adalah pola perhiasan Van Cleef & Arpel yang paling dikenal sebagai simbol keberuntungan. Desain semanggi berdaun empat juga berarti Anda akan beruntung dalam mempertahankan nilainya sebagai barang investasi. Kalung ini telah mendekati nilai aslinya di situs penjualan kembali. Sebagai simbol kemewahan sejak 1968, mereka juga tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Demikianlah beberapa koleksi desainer yang patut dipertimbangkan sebagai barang investasi. Bagi Anda tertarik untuk mencoba investasi barang mode mewah, barang-barang di atas dapat menjadi referensi untuk menyimpan koleksi.

Perhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan barang mewah. Misalnya saja potensi penurunan harga dan tingkat keawetan barang. Alih-alih memilih barang yang trendy, pilih barang klasik dengan gaya yang tak lekang oleh waktu. Pastikan pula untuk selalu merawat barang investasi secara khusus.