google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

7 Kota Terdingin di Dunia, Alternatif Wisata Musim Dingin

Ada beberapa kota terdingin di dunia yang bisa jadi tujuan wisata (foto: unsplash.com/@jasperguy)

Apakah traveler tahu, apa saja kota terdingin di dunia?

Di beberapa kota dunia suhu dingin bukanlah hal yang luar biasa selama musim dingin. Bisa jadi, bagi sebagian besar orang, musim dingin menjadi waktu yang dinantikan. Musim dingin menjadi waktu untuk berlibur untuk menikmati berbagai macam aktivitas seperti bermain ski, festival es, dan lainnya.

Namun, ada beberapa wilayah di muka bumi yang menjadi kota paling dingin di dunia. Suhu di kota-kota ini bisa turun ke titik yang sangat ekstrem hingga menusuk tulang. Siberia, Rusia, dikenal sebagai salah satu tempat terdingin di dunia dengan suhunya yang bisa mencapai -68° C.

Inilah kota terdingin di dunia yang bisa jadi alternatif destinasi wisata buat kamu pecinta musim dingin.

1. Yakutsk, Russia

Kota Yakutsk, Rusia, saat musim dingin (foto: worldatlas)

Ibu kota Republik Sakha Rusia, Yakutsk, terletak sekitar 451 km selatan Lingkar Arktik. Dengan suhu rata-rata -40° C di Januari, Yakutsk dianggap sebagai kota terdingin di Bumi. Tempat wisata yang bisa dikunjungi diantaranya museum es Permafrost Kingdom, Christian Market, dan National Art Museum of the Republic of Sakha.

Ada juga Mammoth Museum tempat kamu bisa melihat koleksi pameran paling beragam di dunia dari Zaman Es, termasuk kepala mammoth berbulu yang diawetkan dengan sempurna. Inilah diantaranya yang menjadikan kota ini tujuan bagi traveler yang tidak keberatan dengan suhu dingin.

Jika ingin berkunjung saat musim panas, Juli menjadi waktu yang terbaik. Suhu rata-rata kota di Siberia saat ini adalah 19,5° C dengan cuaca cerah.

2.  Astana, Kazakhstan

Musim dingin di Astana (foto: 123rf)

Astana, atau yang sekarang dikenal dengan Nur-Sultan adalah kota modern yang merupakan ibu kota Kazakhstan. Kota ini memiliki ciri arsitektur futuristik, masjid yang berkilauan, dan banyak pusat perbelanjaan dan hiburan.

Meskipun bulan-bulan musim panas termasuk hangat, musim dingin di Astana sangat panjang, kering, dan sangat dingin. Meskipun rata-rata suhu saat Januari sekitar -14,2° C, pernah tercatat mencapai titik terendah hingga -51,5° C.

Hampir setiap tahun, Sungai Ishim yang ada di kota ini tetap membeku dari pertengahan November hingga awal April, menjadikan Astana salah satu kota terdingin di dunia. Saat musim dingin, banyak penduduk yang bermain seluncur es di atas sungai yang membeku. Kalau kamu ingin berkunjung, datanglah saat musim Natal. Kamu akan menemukan bazaar yang penuh dengan hadiah dan makanan meriah.

Baca juga: 10 Danau Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Ulaanbaatar, Mongolia

Pemandangan kota Ulaanbaatar dari ketinggian komplek memorial saat musim dingin (foto: 123rf)

Ulaanbaatar, ibu kota Mongolia, adalah rumah bagi 1 juta orang dari populasi negara yang berjumlah 2,8 juta orang. Ibu kota ini berada di ketinggian 1,320 mdpl di kaki Gunung Bogd Khan, yang merupakan rumah bagi taman nasional pertama di dunia.

Suhu kota ini berkisar dari suhu tertinggi saat musim panas sekitar 39° C hingga suhu terendah musim dingin -44° C. Rata-rata suhu pada Januari adalah sekitar -24,6° C. Hal ini tidak saja menjadikannya salah satu kota terdingin di dunia, tapi juga ibu kota nasional terdingin di dunia.

Ulaanbaatar menjadi pintu gerbang internasional ke daerah hutan belantara Mongolia yang spektakuler. Ibu kota ini menawarkan wisata budaya yang kental, mulai dari kuil Buddha bergaya Tibet hingga galeri seni modern yang mempesona.

Wisatawan yang datang saat musim dingin akan disuguhi dengan festival lokal yang menampilkan  tarian, nyanyian, dan gulat. Begitu juga dengan Perayaan tradisional Tahun Baru Tsagaan Sar yang sangat meriah dan penampilan pacuan kuda musim dingin tradisional.

4. Vladivostok, Russia

Penduduk Vladivostok yang memancing di atas sungai beku (foto: rbth.com)

Vladivostok yang terletak di tepi pantai Samudera Pasifik merupakan ibu kota dari Provinsi Primorsky Krai, Rusia. Kota ini berada di wilayah Rusia Timur Jauh dan berbatasan dengan China dan Korea Utara. Vladivostok menjadi kota dari pemberhentian pertama dan terakhir Trans Siberian Railway yang ikonik.

Kota yang dikelilingi oleh laut ini memiliki suhu rata-rata tahunan sekitar 5° C. Angin dari daratan Eurasia yang luas di musim dingin juga mendinginkan suhu laut  membuat kota ini memiliki suhu dingin. Kota ini menawarkan keindahan arsitektur yang menakjubkan.

5. Harbin, China

Pahatan es raksasa yang dihiasi lampu-lampu di Harbin Ice and Snow Festival (foto: thediplomaticaffairs)

Kota Harbin terletak di Heilongjiang, timur laut Cina dan sering disebut sebagai “kota es,” menurut AccuWeather. Suhu rendah di bulan Januari biasanya berkisar antara -22° hingga -24° Celcius. Setiap tahun, kota ini menyelenggarakan Harbin Ice and Snow Festival (Festival Internasional Salju dan Es Harbin).

Festival Internasional Salju dan Es Harbin berlangsung dari awal Januari hingga pertengahan Februari setiap tahun. Selama waktu ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan spektakuler kastil es yang diterangi lampu-lampu dan seluncuran es raksasa.

Selain itu, ada berbagai macam pahatan es raksasa dan patung salju yang menjadi daya tarik utama. Berbagai kegiatan musim dingin juga menjadi salah satu aktivitas populer, seperti golf es dan seluncur es. Karenanya, Harbin menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Indonesia yang Keindahannya Mendunia

6. Yellowknife, Kanada

Kota Yellowknife, Kanada (foto: yellowknife.ca)

Yellowknife merupakan ibu kota Northwest Territories Kanada yang memiliki suhu terendah -32° C pada Januari. Suhu terendah yang pernah tercatat adalah -51° C. Yellowknife adalah rumah bagi sekitar 20.000 orang dan menawarkan pemandangan utama aurora borealis, yang juga disebut northern light.

Kota ini terletak 402 km di selatan Lingkaran Arktik.  Yellowknife adalah kota terdingin sepanjang tahun, memiliki musim dingin terdingin, angin dingin paling ekstrem, dan musim salju paling lama dan menjadi kota terdingin sepanjang tahun di Kanada.

Yellowknife menjadi surga bagi para outdoor enthusiast dengan segudang aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari hiking, naik kereta luncur, mengendarai mobil salju, dan menyaksikan northern light.

Baca juga: 10 Taman Nasional Terindah Di Dunia

7. International Falls, United States

International Falls sebagai salah satu kota terdingin (foto: mprnews.org)

International Falls  adalah kota di Minnesotan utara dan mendapat julukan The Icebox of the Nation atau Kotak Es Nasional. Memiliki rekor suhu terendah -48° C dan rata-rata hujan salju musiman setebal 71,6 inci, tak heran kalau klaim itu sangat beralasan.

International Falls memiliki hari suhu tinggi di bawah titik beku terbanyak per tahun dibandingkan kota mana pun di Amerika Serikat. Tak hanya itu saja, kota ini juga menawarkan pemandangan langit malam yang spektakuler. Kota ini juga berbatasan dengan Fort Frances, Ontario, Kanada. Kedua kota bisa ditempuh melalui jembatan tol internasional.

Selain itu, Yellowknife juga menjadi pintu gerbang ke Taman Nasional Voyageurs di dekatnya. Taman nasional ini sangat populer untuk bermain kayak dan hiking di musim panas, serta ski lintas alam dan memancing di es di musim dingin. International Falls mungkin bukan kota terdingin di Bumi, tapi sangat mendekati.

Kota terdingin di dunia

Nah, itu tadi tujuh kota yang memiliki suhu terdingin di muka bumi. Ketujuh kota tersebut bisa menjadi alternatif destinasi wisata antimainstream. Juga, cocok untuk para petualang dan pecinta musim dingin. Berwisata musim dingin menawarkan pesona keindahan tersendiri yang tentunya akan jadi pengalaman tak terlupakan. Jadi, kota mana yang jadi incaran kamu, traveler? (ds3)