google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

7 Negara Eropa Bersiap Menerima Turis Dengan Paspor Vaksin

View menakjubkan Islandia, salah satu negara eropa bersiap menerima turis (foto: unsplash.com/@ludenus)

Negara Eropa bersiap menerima turis yang telah divaksin Covid-19 dengan persyaratan yang lebih ringan. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan industri pariwisata di seluruh Eropa. Wisatawan diharapkan mulai melakukan perjalanan wisata saat musim panas dengan paspor vaksin.

Untuk mendukung pulihnya pariwisata, WHO sedang mengerjakan sertifikat vaksin internasional, baik dalam bentuk kertas ataupun digital. Dilansir dari Forbes, paspor vaksin berisi informasi tentang data diri wisatawan dan detil tentang vaksin yang sudah didapat.

Berikut tujuh negara Eropa yang siap menerima turis dengan paspor vaksin.

1. Georgia

Narikala Fortress, benteng yang jadi destinasi wisata di Georgia (foto: wikipedia)

Georgia menjadi salah satu negara di Eropa yang tidak terpengaruh oleh Covid-19, khususnya di Ibu Kota Tbilisi. Turis yang sudah menerima vaksin Covid-19 tidak perlu melakukan pengujian tambahan maupun karantina saat tiba di Georgia.

Kota metropolitan ini menjadi destinasi populer saat musim panas. Turis dapat menemukan perpaduan tradisional dan modern yang unik dan otentik. Ada banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Diantaranya adalah gereja-gereja Orthodox dan Narikala Fortress yang dibangun pada abad keempat. Jangan lewatkan mendatangi Kartlis Deda atau Mother of Georgia, patung yang menjadi ikon negara tersebut.

Portugal

Eropa bersiap menerima turis
Pemandangan di Madeira, Portugal (foto: travelinspires.org)

Portugal merupakan salah satu negara Eropa yang menerima turis dengan paspor vaksin. Kepulauan Madeira, salah satu tempat wisata favorit ini tetap berada di zona hijau selama pandemi. Hal ini karena langkah-langkah kesehatan efektif yang diterapkan.

Tempat ini sangat ideal bagi turis yang ingin berlibur dengan melakukan aktivitas luar ruang dan menikmati alam. Buat penggemar Christiano Ronaldo, bisa juga nih napak tilas ke kota kelahirannya, Funchal. Selain itu, Kepulauan Madeira cocok bagi para digital nomad dengan adanya Ponta do Sol, desa digital nomad pertama di dunia.

Kepulaun Azores juga jadi salah satu destinasi wisata yang aman untuk dkunjungi. Tempat ini menawarkan wisata alam, khususnya pariwisata berkelanjutan. Buat turis yang sudah memiliki bukti vaksinasi bisa berkunjung tanpa harus karantina atau tes Covid-19 tambahan.

Baca juga: Phuket Dibuka Juli 2021 Bagi Wisatawan Asing yang Sudah Divaksin Covid-19

3. Yunani

Eropa bersiap menerima turis
Desa Assos yang berada di Pulau Kefalonia, Yunani (foto: greeka.com)

Dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, Yunani sedikit terpengaruh oleh Covid-19. Beberapa wilayah yang sudah siap menyambut turis saat musim panas ini diantaranya Kefalonia. Salah satu pulau terindah di Yunani sudah bersiap menyambut turis dengan membuka restoran, akomodasi, pantai-pantai, dan kafe dengan protokol kesehatan.

Rethymno menjadi salah satu tempat wisata Yunani lainnya yang juga siap menerima turis dengan vaksin Covid-19. Pulau ini terkenal memiliki mercusuar yang indah, pelabuhan yang dipenuhi perahu nelayan, dan sebuah banteng.

Ada juga jalur pendakian dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Tak ketinggalan, pantai-pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya. Pantai yang terkenal diantaranya adalah  Adelianos Kampos, Agia Galini, dan Plakias

4. Islandia

Islandia jadi salah satu negara Eropa bersiap menerima turis (foto: travelandleisure.com)

Islandia menjadi negara Eropa yang pertama kali memberikan sertifikat vaksin kepada warganya setelah menerima dua dosis. Tak hanya itu saja, negara ini juga mengakui sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh negara-negara Eropa lainnya.

Merupakan negara Nordik yang terletak di sebelah utara Samudera Atlantik dan sebelah barat laut Eropa, Islandia menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.  Turis akan disuguhi dan dimanjakan oleh keindahan alamnya yang memesona serta udara yang segar.

Islandia punya beragam destinasi wisata yang menakjubkan. Mulai dari pantai-pantai berpasir hitam, air terjun, dan geyser. Ada gua es Vatnajokull, danau es Jokulsarlon, dan kolam air panas alami, Blue Lagoon. Jangan lewatkan juga untuk berburu aurora di musim yang tepat.

5. Kroasia

Plitvice Lakes National Park dilihat dari ketinggian (foto: aviator)

Karena rendahnya jumlah kasus Covid-19, Kroasia menjadi salah satu destinasi yang aman di Eropa. Memiliki ribuan pulau, negara dengan ibu kota Zagreb menawarkan pemandangan indah yang menawan.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Diantaranya adalah Plitvice Lakes National Park yang tersohor akan keindahan kolam-kolam dengan air bening berwarna emerald dan air terjun yang cantik.

Turis juga bisa menyusuri jalan kecil nan cantik Tradun atau dikenal juga Placa di Dubrovnik. Bagi yang ingin melihat hamparan ladang bunga lavender, monumen jaman Victoria, dan pelabuhan yang dipenuhi dengan yacht, turis bisa berkunjung ke Hvar, pulau musim panas yang dikenal glamor.

6. Spanyol

Eropa bersiap menerima turis
Plaza de España yang menjadi ikon Seville, Spanyol (foto: wikipedia)

Untuk menahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Spanyol memberlakukan pembatasan ketat. Hal ini membuahkan hasil yang cukup positif. Karenanya, Spanyol berencana membuka negaranya untuk turis dengan menerapkan paspor vaksin.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan industri pariwisata Spanyol yang lesu. Salah satu wilayah yang memiliki kasus Covid-19 rendah adalah Seville, menjadikan kota ini aman untuk dikunjungi.

Katedral de Sevilla, katedral Ghotik terbesar Kristen, adalah salah satu destinasi wisata populer dengan arsitektur dan seni yang sangat indah. Selain itu ada beberapa landmark kota yang terkenal, seperti dari Plaza de España, alun-alun seluas 50 ribu meter2 yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

7. Denmark

Kastil Frederiksborg yang ada di Denmark (foto: poulpetrof.com)

Denmark dan Swedia adalah negara Eropa yang menjadi pelopor dalam paspor vaksin Covid-19. Di kedua negara tersebut, paspor tersebut telah digunakan untuk mengakses beragam acara, seperti konser dan pameran.

Selain itu, paspor vaksin digunakan untuk pemesanan meja di restoran dan perjalanan warga. Denmark dan Swedia juga akan mengakui paspor vaksin yang dikeluarkan negara lain. Sistem sertifikat vaksin di Denmark diharapkan dapat mempercepat kebangkitan ekonomi, khususnya pariwisata.

Turis yang berkunjung ke Denmark bisa menikmati keindahan tempat wisata, seperti Hjorring dan Rubjerk Knude Lighthouse, salah satu situs yang jadi ikon Denmark. Selain itu, ada juga museum penulis terkenal, H.C. Andersen Museum, Kastil Frederiksborg dan Kastil Kronborg yang megah.

Eropa bersiap menerima turis dengan paspor vaksin

Itu tadi tujuh negara Eropa yang bersiap menerima kedatangan turis dengan persyaratan paspor vaksin. Bagi turis yang sudah divaksin Covid-19 bisa berkunjung tanpa harus karantina saat tiba di tujuan. Jadi, negara mana yang kamu incar untuk dikunjungi, nih? (ds3)