google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

8 Destinasi Terbaik Dunia Untuk Liburan Musim Panas

Newfoundland, salah satu destinasi liburan musim panas (foto: 123rf.com)

Bagi masyarakat yang tinggal di negeri empat musim, musim panas menjadi musim yang ditunggu-tunggu. Dengan suhu yang hangat, di musim ini banyak masyarakat melakukan berbagai kegiatan luar ruang untuk mengisi liburan musim panas.

Diantaranya bersantai di kafe, pikinik di taman-taman kota, atau eksplor dalam dan luar kota. Tak ketinggalan tentunya berjemur di pantai-pantai dan menikmati kehangatan sinar mentari.

Ada banyak destinasi di dunia yang menjadi favorit para traveler dan wisatawan untuk menghabiskan liburan musim panas. Di mana sajakah destinasi favorit traveler dunia? Simak terus yuk di sini! Destinasi nomor 4 dijamin bikin bangga!

1. Provence, Perancis

liburan musim panas
Hamparan lavender yang mempesona (foto: shewandersabroad.com)

Provence adalah wilayah di Perancis yang berbatasan dengan Italia dan Laut Mediterania. Wilayah ini terkenal dengan lanskap yang beragam, mulai dari bagian selatan Pegunungan Alpen hingga dataran yang dipenuhi dengan kebun-kebun anggur, zaitun, dan hutan pinus.

Kalau berkunjung di bulan Juli, traveler tak boleh melewatkan menikmati keindahan dan keharuman hamparan bunga lavender. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan pemandangan cantik hamparan bunga berwarna ungu ini.

Di bagian selatan adalah French Riviera yang terkenal dengan resor mewah di Saint-Tropez dan Cannes. Traveler juga bisa eksplor kota Nice yang elegan. Tak ketinggalan, menonton langsung ajang balap sepeda internasional Tour de France juga wajib masuk dalam agenda.

2. Corsica dan Sardinia, Italia

liburan musim panas
Laut Mediterania yang indah (foto: worldtravelguide.net)

Kepulauan di Mediterania menjadi favorit wisatawan untuk mengisi liburan musim panas dengan kehangatan sinar matahari sepanjang hari. Salah satu pulau yang patut dipertimbangkan adalah French Corsica. Traveler bisa eksplor Cap Corse, kampung nelayan terpencil.

Atau bersantai dan menikmati ketenangan di pantai indah dekat Porto-Vecchio dan menyewa rumah di tepi pantai? Pecinta olahraga air tentunya harus mencoba selancar angin di Bonifacio.

Jangan lewatkan untuk menghabiskan waktu di Costa Smeralda, Sardinia, yang terkenal dengan pantai-pantai indah dan resor mewah. Selain itu, wisatawan juga bisa eksplor kota-kota kuno dan kebun anggur, serta wisata kuliner lokal.

3. New Foundland, Kanada

liburan musim panas
Pemandangan icebergs yang sangat menakjubkan tak boleh dilewatkan saat liburan ke New Foundland

Menjadi negara yang terletak di bumi bagian utara, suhu di Kanada saat musim panas tentu tidak menyamai negeri tropis. Meskipun begitu, bulan Juli menjadi musim yang paling hangat di kepulauan Kanada dengan suhu berkisar  10°C hingga 20°C. Wah, kalau bagi kita tentunya masih dingin, yah!

Di musim ini, traveler bisa mempelajari trik menangkap ikan cod dari nelayan langsung atau berburu tanaman liar yang menjadi bahan masakan di hutan. Pastinya, tidak boleh melewatkan pemandangan indah gunung-gunung es berwarna kebiruan.

Berlibur ke Kanada, traveler juga bisa berkesempatan bertemu dengan paus saat kayaking. Atau melihat langsung burung puffin saat menyusuri tebing laut yang menghadap Laut Atlantik Utara. Kamu juga bisa sekedar berjalan-jalan dan eksplor ibu kota provinsi St. John sambil bersantai di kafe dan restoran yang ada.

4. Canggu, Bali

Keindahan pantai di Bali, termasuk Canggu tak bisa terbantahkan (foto: aviator)

Tidak hanya menjadi favorit wisatawan domestik, namun ketenaran Bali juga sudah mendunia. Pulau Dewata menjadi salah satu destinasi utama traveler dunia yang ingin menghabiskan liburan musim panas, salah satunya daerah Canggu.

Canggu menjadi destinasi yang sangat populer di kalangan traveler muda, digital nomads, dan juga para peselancar. Pantai berpasir hitam di Echo Beach yang kontras dengan air laut biru kehijauan Samudra Hindia menjadi salah satu spot yang wajib di kunjungi.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Canggu. Mulai dari berjalan-jalan menghirup udara segar di tengah sawah hijau, duduk di tepi pantai menikmati sunset yang spektakuler, hingga berkumpul bersama teman dan keluarga di kafe-kafe sepanjang pantai.

Baca juga: Ini Dia, 6 Alternatif Tempat Wisata di Bali Selain Pantai Yang Tak Kalah Indah!

5. Semenanjung Yucatan, Meksiko

Keindahan Semenanjung Yucatan, Meksiko (foto: cancunholidaysinfo.com)

Semenanjung Meksiko memishakan Laut Karibia dan Teluk Meksiko. Karenanya, Meksiko menawarkan  pantai-pantai indah tropis dan air laut biru sejernih kristal. Ada banyak tempat dan kegiatan seru yang bisa dilakukan wisatawan saat liburan musim panas.

Diantaranya Cancún yang ramai dengan kehidupan malam dan dipenuhi hotel-hotel berbintang. Selain Cancún, setiap bulan Juli diadakan Festival Hiu Paus dimana ada ratusan hiu yang berkumpul di lepas pantai.

Sementara daerah yang lebih sepi, Tulum (Isla Holbox) menawarkan pesona keindahan reruntuhan Suku Maya. Suku Maya terkenal dengan peradabannya yang maju. Traveler bisa eksplor kompleks Suku Maya yang tersebar di Yucatan. Datanglah lebih awal untuk menghindari padatnya wisatawan yang berkunjung.

6. Santorini, Yunani

liburan musim panas
Santorini yang menghadap Laut Aegea (foto: pixabay)

Yunani terkenal dengan tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi untuk liburan musim panas dengan suhu rata-rata 25°C dan sedikit hujan. Salah satu pulau yang yang menjadi tujuan populer adalah Santorini, pulau dengan luas wilayah 73 km² di Laut Aegea dan terletak 200 km dari daratan Yunani.

Pulau ini terkenal dengan bangunan-bangunan berdinding putih dan kubah berwarna biru yang sangat Instagramable. Santorini juga terkenal dengan keindahan pantai dan laut biru serta industri anggur. Banyak wisatawan menghabiskan waktu dengan bersantai, berjemur, dan berenang di Eros Beach dan White Beach. Tentunya, menikmati panorama sunset di sore hari setelah lelah eksplor seharian.

Selain pantai, traveler juga bisa berkunjung dan berendam di sumber air panas dan  eksplor Caldera dengan kehidupan malamnya. Hiking ke Fira’s Old Port, menonton di teater terbuka, atau wisata kuliner lokal juga bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu.

7. Islandia

Islandia menawarkan lanskap layaknya dunia lain (foto: heyiceland.is)

Kalau mendengar Islandia, tentu yang terbayang salju dan udara dingin, yah? Meskipun begitu, Juli menjadi waktu yang tepat untuk mengisi liburan musim panas di bumi bagian utara ini. Seperti negara-negara di belahan bumi utara lainnya, berkunjung di musim ini kamu bisa merasakan sinar matahari yang bersinar 24 jam bahkan saat tengah malam, yang dikenal dengan midnight sun.

Islandia menawarkan lanskap dunia lain, mulai dari pemandian air panas di Geysir atau Taman Nasional Thingvellir. Di sini, kamu bisa diving, hiking, dan memancing. Buat pecinta kuliner, tentu saja harus mencoba beragam makanan di ibu kota negara, Reykjavik, seperti ikan segar khas Nordic.

Musim panas juga menjadi incaran para hikers menikmati keindahan alam Islandia dimana rute-rute untuk naik gunung telah dibuka untuk umum. Rasakan juga keseruan musim panas layaknya masyarakat lokal dengan ikut memetik buah beri di daerah pedesaan dan mendatangi festival, seperti festival musik.

8. Berlin, Jerman

Masyarakat Berlin menikmati musim panas di taman-taman kota (foto: firstcitiz.com)

Ibu kota negara Jerman sebenarnya bisa dikunjungi sepanjang tahun. Namun, kehangatan mentari yang memancar di musim panas menjadi salah satu waktu terbaik untuk berkunjung. Di musim ini, suasana hidup sangat terasa di Berlin dengan beer gardens, keramaian taman-taman kota, dan juga kafe-kafe di tepi jalan.

Menjadi salah satu tujuan wisata dunia, Berlin menawarkan banyak pesona keindahan dan beragam aktivitas. Apakah kamu pergi sendiri, bersama teman, atau keluarga, kamu bisa eksplor Mauerpark Sunday flea market atau berjalan-jalan di area sepanjang Sungai Spree. Atau mau piknik di Tiergarten?

Tentunya, kamu tidak boleh melewatkan banyak festival yang diadakan di bulan Juli. Mulai dari festival seni Biennale, menyaksikan lampu-lampu iluminasi saat malam hari di Botanical Gardens, hingga festival rakyat di Zentraler Festplatz.

Ada banyak destinasi untuk liburan musim panas  

Itu tadi 8 destinasi dunia untuk menghabiskan libur musim panas. Meskipun Indonesia merupakan negara tropis, tempat-tempat tersebut tetap bisa masuk bucket list traveler untuk liburan layaknya masyarakat di negara empat musim. Kira-kira, kamu memilih liburan kemana dari daftar yang ada? (ds3)