google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

8 Spot untuk Menyaksikan Sunset yang Menakjubkan di Tokyo

Pemandangan matahari terbenam di Tokyo, Jepang (foto: unsplash.com/@steve_monaghan)

Cek  spot sunset di Tokyo yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Jepang!

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Tokyo. Tak ketinggalan, beragam hal yang sangat menyenangkan dan disukai dari Tokyo! Mulai dari ramen yang lezat hingga hal-hal menakjubkan untuk dilakukan, ibu kota Jepang tidak pernah gagal membuat wisatawan yang berlibur terkesan.

Meskipun wisatawan dari Indonesia belum bisa terbang ke Tokyo, tak ada salahnya merencanakan perjalanan sekarang. Buat traveler yang suka menjelajahi tempat-tempat yang Instagramable, gimana kalau menyimpan daftar tempat untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah di Tokyo? Dijamin, kamu akan lebih jatuh cinta dengan kota Tokyo!

Ada banyak tempat bagus untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam di Tokyo. Berikut beberapa diantaranya.

1. Tokyo Metropolitan Government Building

Pemandangan matahari terbenam dari Observatorium Utara di Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo (foto: pixelhub.org)

Tidak ada yang bisa mengalahkan melihat keindahan sunset tanpa halangan. Karenanya, tidak ada tempat yang lebih baik untuk menyaksikan matahari terbenam diantaranya di Tokyo Metropolitan Government Building. Gedung ini menawarkan pemandangan panorama kota termasuk sampai ke Gunung Fuji.  

Observatorium di gedung ini terletak di lantai 45. Dek Observasi Utara buka hingga pukul 11 malam, tetapi jam masuk terakhir adalah pukul 22:30. Tempat ini menjadi lokasi yang sempurna untuk melihat matahari terbenam.

Meskipun tidak ada headset VR mewah atau lantai kaca, pemandangan matahari terbenam yang sederhana di balik lanskap kota sangat menakjubkan. Menara Utara tutup pada Senin ke-2 dan ke-4 setiap bulan, sedangkan Menara Selatan tutup pada Selasa ke-1 dan ke-3.

Tiket masuk: Gratis  

Buka 09:30 – 17:00 (Selatan) dan 22:30 (Utara)

Stasiun terdekat: Shinjuku

Baca juga: Fakta Unik Tokyo yang Mungkin Traveler Tidak Tahu

2. Tokyo City View, Roppongi Hills

Gunung Fuji terlihat dari Tokyo City View

Terletak di Roppongi Hills, Tokyo City View berada di Lantai 52 dan menawarkan pemandangan kota yang luar biasa. Jendela tinggi dari lantai ke langit-langit terlihat sangat menakjubkan dan memiliki tiga galeri utama. Sky Gallery 1 menawarkan pemandangan Menara Tokyo, SkyTree, dan Jembatan Pelangi Odaiba.

Sedangkan Sky Gallery 2 memiliki pemandangan Gunung Fuji dan Yokohama.  Sky Gallery 3 menghadap Shibuya dan Shinjuku. Di Sky Gallery 3 inilah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.  Dari Galeri 2, kamu dapat melihat Gunung Fuji yang bermandikan cahaya merah malam.

Di atap gedung terdapat SkyDeck, dek observasi tertinggi di wilayah Kanto dengan pemandangan panorama yang luar biasa. Tempat ini dikenakan biaya tambahan minimal 500 yen tergantung pada cuaca. Meskipun harga regulernya sedikit mahal, kamu bisa menghemat sekitar 300 yen dengan membeli tiket terlebih dahulu dari toko serba ada atau konter Tokyo City View.

Tiket masuk: 1.800 yen di pintu (1.500 di muka, ditambah 500 yen untuk masuk ke Skydeck)

Buka: 10am-11pm (weekdays dan hari libur), 10am-1am Jumat dan Sabtu, Skydeck – 11am-8pm

Stasiun Terdekat: Stasiun Roppongi (1C)

3. Rainbow Bridge, Odaiba Seaside Park

Matahari terbenam dari Odaiba Seaside Park (foto: Keisuke Tanigawa via timeout.com)

Untuk pemandangan luar ruangan Teluk Tokyo yang luar biasa dan juga gratis, maka Odaiba Seaside Park adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Kamu bisa menyeberangi Rainbow Bridge dengan berjalan kaki dan menikmati pemandangan.

Atau, kamu bisa berjalan-jalan santai di Taman Tepi Laut Odaiba dan menyaksikan cakrawala kota Teluk Tokyo yang bermandikan cahaya hangat matahari terbenam. Meskipun lokasi ini mungkin sedikit terpencil, setelah seharian menjelajahi Odaiba, ini bisa menjadi cara yang cukup sempurna untuk mengakhiri petualangan.

Tiket masuk: Gratis

Buka: 24 jam

Stasiun Terdekat: Daiba, atau Shibaurafuto

4. Tokyo SkyTree

Sunset dari Tokyo SkyTree (foto: www.stocksy.com/lestaylorphoto)

Salah satu tempat paling terkenal di Tokyo, tentu saja SkyTree juga memiliki pemandangan matahari terbenam Tokyo yang menakjubkan. Menara ini menjadi spot sunset di Tokyo yang cukup populer. Tokyo SkyTree memiliki dua dek, satu di ketinggaian 350 meter dan satunya lagi dengan ketinggian 450 meter.

Hal ini menjadikannya dek tertinggi di Jepang. Sayangnya, tiket masuk ke menara ini terbilang sangat mahal. Tiket masuk ke The Tembo Deck di ketinggian 350 meter sebesar 2,030 yen atau setara 266 ribu rupiah untuk orang dewasa. Belum lagi tambahan 1,030 yen (Rp135 ribu) untuk pergi ke dek yang lebih tinggi.

Tiket Masuk: 2.030 yen

Buka: 8am-10pm (entri terakhir 9pm)

Stasiun Terdekat: Stasiun Oshiage atau Tokyo SkyTree

Baca juga: Pertama Kali Ke Tokyo? Ini 10 Tempat Wisata Di Tokyo Yang Wajib Dikunjungi!

5. Park Hyatt Tokyo

Pemandangan matahari terbenam dari New York Bar, Park Hyatt Tokyo (foto: stylewithnihan.com)

Buat kamu yang ingin bersantai di bar jazz mewah dengan pemandangan matahari terbenam dan tidak keberatan dengan biaya, kamu bisa berkunjung ke bar New York di lantai 52 Park Hyatt Hotel Tokyo. Tempat ini menjadi salah satu spot sunset di Tokyo yang menawarkan pemandangan indah serta menu minuman yang luar biasa.

Selain itu, ada pertunjukan live setiap malam yang menemani pengunjung. Kamu setidaknya harus membayar biaya meja sebesar 2.400 yen (Rp315 ribu). pukul 20.00 Senin-Sabtu dan mulai pukul 19.00 pada hari Minggu, jadi berhati-hatilah.

Biaya masuk: Gratis secara teknis, tetapi harganya mahal

Buka: 17:00 – 12:00 Minggu-Rabu, hingga 01:00 Kam-Sabtu

Stasiun Terdekat: Minami-Shinjuku atau Shinjuku

6. Kasai Rinkai Park

(foto: ptkrtn via tokyocheapo.com)

Sebagai taman terbesar di Tokyo, Kasai Rinkai Park terletak tepat di seberang Tokyo Disney Resort di Sungai Edogawa. Dengan kincir ria, akuarium, jalan-jalan alam, dan observatorium, taman ini adalah tempat yang tepat untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan menawarkan pemandangan berbeda ke tempat matahari terbenam di Tokyo.

Titik istirahat observasi raksasa disebut Crystal View dan dibangun pada tahun 1995, menawarkan pemandangan taman dan Teluk Tokyo. Selain menjadi spot sunset di Tokyo, tempat ini juga cocok buat pecinta fotografi.

 Karena taman buka 24 jam sehari, kamu dapat melihat matahari terbenam atau matahari terbit di sini. Letaknya pun mudah dijangkau, hanya 10-15 menit dari Stasiun Tokyo. Kamu bisa dengan mudah tiba tepat waktu untuk menyaksikan sunset dan juga sunrise.

Biaya masuk: Gratis

Buka: 24/7

Stasiun Terdekat: Stasiun Kasai Rinkai Koen

7. Futako-Tamagawa Park

foto: @indian_atomo on Instagram

Taman Futako-Tamagawa di samping Sungai Tama hanya berjarak delapan menit berjalan kaki dari stasiun. Akhiri hari setelah menjelajahi Tokyo dengan menikmati matahari terbenam yang damai di taman ini. Taman Futako-Tamagawa sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga dengan anak-anak atau hewan peliharaan.

Tentunya, tempat ini merupakan salah satu spot sunset yang damai. Tepian terbuka yang menghadap ke sungai sedikit miring, dan di sinilah kamu bisa mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang indah di atas Tokyo. Bahkan pada hari yang cerah, kamu  akan dapat melihat Gunung Fuji di kejauhan.

Ada banyak bangku di taman, serta petak berumput untuk menghamparkan alas. Terdapat juga jalur jogging di sepanjang sungai untuk menikmati matahari terbenam. Jika bisa, ada baiknya datang sedikit lebih awal untuk menghabiskan waktu menjelajahi sisa taman.

Biaya masuk: Gratis

Buka: 09.00 – 16.30

Stasiun Terdekat: Stasiun Futako Tamagawa

Baca juga: Lihat Langsung Keindahan Bunga Sakura di Jepang, Yuk!

8. Meguro Sky Garden

foto: @introvertediris on Instagram

Meguro Sky Garden merupakan taman yang terletak di atap Metropolitan Expressway. Taman ini dibangun pada 2013 di Ikejiri-Ohashi, hanya satu pemberhentian dari Shibuya. Kamu bisa eksplor taman di jalan setapak berkelok-kelok melalui melewati hamparan petak-petak bunga. Terdapat area halaman rumput besar yang sempurna untuk piknik.

Taman ini menawarkan pemandangan luar biasa ke barat ke Setagaya dan sekitarnya dan merupakan tempat yang indah untuk menikmati matahari terbenam. Jika beruntung datang di hari yang cerah, kamu bahkan akan disuguhi pemandangan Gunung Fuji.

Untuk mengakses Meguro Sky Garden, cari lift di sebelah kantor pos dan naik ke lantai sembilan. Atau kamu bisa naik tangga di samping supermarket Life dan ikuti jalan setapak ke atas. Setelah itu, berjalanlah selama 15 menit dari Sky Garden ke Nakameguro di sepanjang sungai. Kamu akan menemukan banyak kafe dan butik di sepanjang jalan ini.

Biaya masuk: Gratis

Buka: 07.00 – 17.00

Stasiun Terdekat: Stasiun Ikejiri Ohashi

Spot sunset di Tokyo yang tak boleh dilewatkan

Itu tadi 8 tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di Tokyo yang tak boleh dilewatkan. Kamu bisa rencanakan sekarang untuk liburan nanti setelah pandemi. (ds3)