google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

9 Destinasi Wisata di Thailand Paling Menakjubkan

9 Destinasi wisata Thailand paling menakjubkan (foto: pixabay/id/users/kmarius-15846120/)

Thailand dikenal sebagai tujuan wisata dengan pantai-pantai indah berpasir putih dan juga kuil-kuil emas. Negeri Gajah Putih ini juga menawarkan begitu banyak tempat wisata dari utara hingga selatan.  Dari begitu banyak pilihan, mulai dari hutan tropis, monumen kuno, dan laut biru jernih, destinasi wisata di Thailand mana saja yang paling menakjubkan?

Berikut beberapa rekomendasi tempat yang paling indah untuk dikunjungi di Thailand.

1. Bangkok

Liburan ke Thailand tentunya tak boleh melewatkan Bangkok, terutama bagi traveler yang baru pertama kali berkunjung ke negara ini. Ada begitu banyak tempat yang wajib dikunjungi di kota ini. Mulai dari menjelajahi Wat Pho dan kuil-kuil lainnya, berburu barang-barang murah di Chatuchak Market, hingga menyusuri Chao Phraya yang membelah kota.

Buat kamu yang ingirn merasakan keramaian dan berjumpa dengan traveler dari berbagai negara bisa menginap dan eksplor Khao San Road. Di sini, ada banyak penginapan dengan berbagai pilihan, resto, bar, dan tempat hiburan menarik lainnya.

Baca juga: Mau Tahu, 10 Tempat Wisata Menarik Di Bangkok YangTraveler Wajib Kunjungi?

2. Phuket

Buat kamu yang ingin mencari destinasi wisata di Thailand selain Bangkok dan Pattaya, Phuket bisa masuk dalam itinerary. Merupakan pulau terbesar di Thailand, Phuket dikenal karena pantai-pantainya yang indah. Tak heran, Phuket menjadi tujuan wisata populer yang wajib dikunjungi di Thailand.

Kamu bisa dengan mudah menemukan pantai pasir putih dengan air laut jernih sebening kristal di pulau ini. Tak ketinggalan berbagai pilihan hotel, resor, bar, restoran, dan kehidupan malam yang semarak. Pantai Patong menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

3. Chiang Mai

Pagoda Relik Suci Agung Nabhapolbhumisiri (foto ©Krunja)

Chiang Mai merupakan kota bersejarah di utara Thailand. Kota terbesar kedua di Thailand dan terbesar di Thailand Utara ini menawarkan suasana tenang dan udara yang sejuk. Hal ini disebabkan karena letaknya di antara pegunungan dan dikelilingi hutan hujan lebat.

Buat kamu pecinta sejarah dan juga fotografi, jangan lewatkan untuk mengunjungi kuil-kuil yang bisa ditemukan di penjuru kota. Salah satunya adalah Wat Phra That Doi Suthep, kuil paling terkenal di Chiang Mai. Buat pecinta outdoor, kamu bisa eksplor air terjun, taman perlindungan gajah, dan tempat alami lainnya.

4. Chiang Rai

Jika traveling ke Chiang Mai di Thailand utara, jangan lewatkan juga memasukkan Chiang Rai ke dalam itinerary kamu. Dari sini juga kamu bisa menjelajah Golden Triangle dan melanjutkan ke Laos dan Myanmar. Chiang Rai menawarkan berbagai hal untuk semua traveler.

Mulai dari hiking dan trekking bagi pecinta alam hingga mengunjungi museum yang memamerkan warisan, budaya, dan seni lokal. Dengan ruang hijau yang indah, pepohonan dan bunga, Taman Saun Mai Ngam dan Hutan Namtok Khun Kon adalah tempat yang bagus untuk bersantai atau menghadiri festival bunga di akhir tahun.

Baca juga: Tahukah Traveler 15 Fakta Unik Thailand Berikut Ini?

5. Ayuthaya

Ayuthaya, atau biasa dieja juga dengan Ayutthaya merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Sempat menjadi ibukota kedua Siam dari abad ke-14 hingga 18, tempat ini pernah dinyatakan sebagai kota termegah di dunia. Kota ini memiliki Istana Bang Pa In, rumah musim panas raja-raja Thailand.

Di sini, traveler bisa menjelajah banyak situs-situs sejarah dan reruntuhan kuil, seperti Wat Phra Mahathat. Patung Buddha emas terbesar di Thailand, yang dikenal sebagai Phra Buddha Triratana Nayok, ditemukan di Wat Phanan Choeng. Ini adalah patung Buddha duduk setinggi hampir 6 meter dan merupakan salah satu yang paling dihormati di Thailand.

Ayuthaya terletak di lembah Sungai Chao Phraya di Thailand Tengah dan dikelilingi oleh tiga sungai yang menghubungkannya ke Teluk Siam. Karenanya, Ayuthaya menjadi pusat perdagangan sekaligus penghubung antara Barat dan Timur.

6. Ko Phi Phi

Ko Phi Phi, salah satu destinasi wisata di Thailand
Ko Phi Phi, salah satu destinasi wisata di Thailand (foto: unsplash.com/@evankrause_)

Destinasi wisata Thailand paling menakjubkan lainnya adalah Ko Phi Phi, yang terletak di lepas pantai tenggara Phuket di Provinsi Krabi. Pulau terbesar di kepulauan ini adalah Ko Phi Phi Don, tujuan liburan populer yang terkenal dengan pantainya yang bermandikan sinar matahari, tebing kapur yang indah, dan suasana santai.

Pantai-pantai dengan pemandangan spektakular bisa ditemukan di kepulauan ini, diantaranya adalah Tonsai Bay dan Long Beach. Selain itu, ada juga pantai terpencil seperti Phak Nam Bay yang menawarkan tempat pelarian yang tenang dan jauh dari keramaian. Kamu juga dapat mendaki ke Phi Phi Viewpoint, yang menawarkan pemandangan 360 derajat yang dramatis ke seluruh pulau.

Di tengah pulau adalah desa Tonsai yang ramai dan dianggap sebagai jantung Ko Phi Phi. Kota yang menawan ini dipenuhi dengan restoran dan bar pantai yang ramai. Satu mil di selatan Phi Phi Don adalah Koh Phi Phi Leh, sebuah oasis berkilau dengan air jernih dan bebatuan kapur. Di tengah pulau adalah Maya Bay, yang menjadi latar belakang yang menakjubkan untuk film The Beach.

Baca juga: Liburan Ke Phuket? Ini Tempat Wisata Phuket Yang Wajib Dikunjungi!

7. Similan Islands Marine National Park

Ingin mencoba pengalaman tak terlupakan saat di Thailand? Kamu wajib kunjungi Similan Islands Marine National Park yang terletak di lepas pantai Phang Nga. Taman nasional yang biasa disebut juga dengan Mu Ko Similan ini menjadi destinasi populer bagi para penyelam scuba dan pecinta snorkeling.

Pecinta bawah laut akan betah menghabiskan waktu berjam-jam mengagumi terumbu karang dan kehidupan laut di taman ini. Buat kamu yang tak ingin menyelam, bisa menghabiskan waktu dengan berjemur di hamparan pasir putih yang masih alami di Kepulauan Similan.

8. Pattaya

Hanya berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Ibu Kota Bangkok, Pattaya tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Thailand. Pattaya menjadi tujuan pantai utama terdekat dari ibu kota Thailand. Pengunjung dapat menghabiskan waktu berjam-jam di pantai untuk berjemur atau berpartisipasi dalam kegiatan olahraga air seperti selancar angin dan ski air.

Selain itu, kamu bisa eksplor beberapa tempat wisata di Pattaya seperti Sanctuary of Truth. Atau hunting foto ke Nong Nooch Tropical Garden, taman seluas 2,4 kilometer persegi yang penuh dengan beberapa taman bunga dan lanskap paling luar biasa di Thailand, bahkan mungkin di dunia. Di malam hari, rasakan keramaian bentangan lampu-lampu, klub malam, restoran, dan bar di Walking Street, ruas jalan khusus pejalan kaki sepanjang 500 meter.

Baca juga: 5 Negara Asia Untuk Solo Traveling Pertamamu Setelah Pandemi, Berani Coba?

9. Hua Hin

Pemandangan pantai Khao Tao dan perahu nelayan (foto:unsplash/@roberteklund)

Rasakan petualangan alam liar dan bersenang-senang di tepi laut di Hua Hin. Kota ini merupakan surga tepi pantai di pesisir Teluk Thailand dan pernah menjadi tempat peristirahatan favorit keluarga kerajaan. Baik wisatawan maupun penduduk Bangkok masih berduyun-duyun ke sini untuk menghirup udara laut yang segar dan menikmati pantai.

Mudah dicapai dari Bangkok, Hua Hin menjadi tujuan wisata yang tepat jika kamu hanya punya sedikit waktu di Thailand. Di sini, kamu bisa menjelajahi Taman Nasional Khao Sam Roi dan melihat kuil Buddha yang secara dramatis berada di dalam gua besar.

Nah, itu tadi 9 destinasi wisata Thailand yang paling menakjubkan untuk dikunjungi. Ayo, rencanakan liburanmu dari sekarang!