google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

9 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi, Tidak Hanya di Bali, Lho!

Raja Ampat menjadi salah satu pulau dengan pantai terindah di Indonesia (foto: unsplash.com/@sutirtab)

Simak pantai terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi

Siapa yang tak kagum dengan keindahan pantai-pantai di Bali? Keindahannya seringkali dinobatkan sebagai pantai terindah tidak saja di Indonesia, namun juga dunia. Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia punya banyak destinasi pulau dan pantai yang tak dimiliki negara lain.

Pantai-pantai di Indonesia memiliki keindahan masing-masing. Mulai dari lokasi surfing terkenal, hingga pemandangan laut yang berpadu dengan hijaunya perbukitan.

Memang, pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Dengan ribuan pulau dan pantai eksotis yang dimiliki Indonesia, kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati keindahan wisata alam laut dan pantai,

Berikut sembilan pantai terindah di Indonesia yang bisa jadi tujuan liburan kamu berikutnya.

1. Bali

pantai terindah di indonesia
Nusa Penida di Bali, surganya pantai indah (foto: unsplash.com/@alfianostn)

Menyebutkan pantai terindah yang ada di Indonesia tentu saja tak bisa melewatkan pantai-pantai di Bali. Tak diragukan lagi, Bali menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia yang wajib dikunjungi. Pulau Dewata menawarkan pesona keindahan alam dan pantai yang sangat menakjubkan.

Selain itu, ada berbagai macam pilihan wisata lain, seperti wisata kuliner, sejarah, belanja, dan wisata seni. Bali menyediakan beragam pilihan untuk semua orang. Ada saja hal-hal baru yang menarik untuk untuk dikunjungi atau dilihat. Tak heran, setiap tahunnya Bali mampu menarik jutaan wisatawan yang ingin berpetualangmenikmati keindahan di pulau ini.

2. Lombok

Gili Trawangan yang punya banyak pantai indah (foto: unsplash.com/@tbix45)

Sering dijuluki sebagai saudaranya Bali dengan suasana yang lebih santai, Lombok memiliki keindahan yang bahkan bisa menandingi pulau tetangganya. Faktanya, dalam beberapa tahun terakhir popularitas Lombok meningkat dengan sangat cepat. Hal ini dikarenakan para wisatawan memilih Lombok sebagai tempat ‘pelarian’ dari keramaian Bali.

Lombok menawarkan beragam atraksi dan destinasi wisata, termasuk gunung, pantai, hutan, kuil, bahkan sejarah. Ada banyak pantai yang menjadi surga para peselancar. Selain itu, Lombok terkenal di kalangan para pendaki yang ingin mencoba menaklukkan Gunung Rinjani yang indah dengan danau biru ikonik di atas pegunungan.

Baca juga: 7 Pantai di Lombok yang Indah dan Populer Dikunjungi

3. Pulau Komodo

pantai terindah di indonesia
Pulau Padar, kawasan terbesar di Taman Nasional Komodo (foto: unsplash.com/@rizknas)

Kalau traveler suka dengan film Jurassic Park, sepertinya bisa dibilang Pulau Komodo perwujudan dari taman Jurassic. Pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur ini menjadi rumah bagi komodo, kadal raksasa yang terkenal bisa memangsa hewan sebesar kerbau.

Selain bisa menemukan komodo, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan pemandangan alam perbukitan dan pantai yang ada di sini. Wisata Pulau Komodo menjadi salah satu destinasi wisata populer dan trendi dengan adanya akomodasi mewah dan juga tur perahu.

4. Pulau Weh

Pulau Weh yang berada di barat Indonesia (foto: phinemo)

Pulau terindah di Indonesia ini merupakan wilayah paling barat di Tanah Air. Karena letak geografisnya yang terpencil, membuat pulau indah ini terlindungi dari keramaian wisatawan. Namun, dengan hamparan pasir putih dan air laut biru sejernih kristal sangat layak untuk dikunjungi.

Pulau ini punya lokasi diving dan snorkeling yang menakjubkan. Selain itu, masih ada banyak satwa liar di pulau yang masih sangat alami ini. Namun, kamu tak perlu khawatir jika berkunjung ke sini. Tersedia banyak akomodasi menawan dan restoran tepi pantai untuk menikmati pemandangan matahari terbenam sambil menikmati hidangan laut segar.

5. Pulau Bintan

Keindahan pantai di Pulau Bintan (foto: KSM Tour)

Berada di Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Bintan menjadi tujuan wisata favorit wisatawan dari Singapura karena letaknya yang bisa ditempuh selama satu jam perjalanan dengan feri. Pulau ini terkenal dengan resor mewahnya yang menjadi permata wisata di pulau Sumatera.

Selain itu, Pulau Bintan juga memiliki laguna air laut pertama di Asia Tenggara. Ada banyak atraksi menyenangkan yang bisa mengisi waktu liburanmu. Diantaranya mencoba mengendarai pesawat amfibi dengan kokpit terbuka.

Baca juga: Ini Dia, 5 Pantai di Sekitar Jakarta Untuk Weekend Getaway Seru!

6. Raja Ampat

pantai terindah di indonesia
Gugusan pulau-pulau di Raja Ampat (foto: citymagz.net)

Pesona keindahan laut biru jernih dan alam yang indah membuat Raja Ampat terkenal hingga ke mancanegara. Berada di titik paling timur Indonesia, Raja Ampat memiliki hamparan pulau-pulau eksotis. Salah satu yang paling terkenal adalah Misool.

Pulau ini menawarkan keindahan laut biru yang jernih, hamparan pasir putih halus, dan batu kapur cantik di sepanjang pantai. Tak ketinggalan, kekayaan biota laut di pulau ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk menyelam atau snorkeling.

Tak hanya keindahan pantai dan lautnya, Raja Ampat juga cocok bagi kamu yang menyukai sejarah dan budaya. Traveler bisa menjelajah gua-gua kuno yang tersembunyi dan bertemu dengan suku-suku asli yang memesona.

7. Sumba

Pantai Walakiri, Sumba (foto: unsplash.com/@febiyanr)

Dalam beberapa tahun terakhir, Pulau Sumba mulai muncul di peta pariwisata Indonesia. Pulai ini memiliki daya tarik luar biasa yang sebelumnya tak dikenal, kini menjadi tujuan wisata yang populer. Pulau ini terletak di Pulau Nusa Tenggara Timur.

Kurangnya ketenaran Sumba dibandingkan dengan Bali dan Lombok membuat alamnya masih alami dan terjaga dengan baik. Karenanya, keindahan pantai-pantai di tempat ini tak perlu diragukan lagi.

Salah satu yang pantas menjadi pantai terindah di Indonesia adalah Pantai Nihiwatu. Pantai sepanjang 2,5 km ini bahkan masuk ke dalam salah satu dari 20 pantai terbaik dunia. Selain wisata pantai, kamu juga bisa mengagumi keindahan pohon-pohon kerdil yang berbaris di Pantai Walakiri atau bersantai di Laguna Weekuri.

Baca juga: Traveler, Ini Rekomendasi 9 Pantai di Lampung Untuk Liburan

8. Pantai Ora

pantai terindah di indonesia
Pantai Ora yang keindahannya menakjubkan (foto: gotripina)

Tak perlu jauh-jauh ke Maldives atau Bora-bora, Indonesia punya Pantai Ora yang terletak di bagian utara Pulau Seram, Maluku Tengah. Keindahan pantainya akan membuat takjub siapapun yang berkunjung.

Tempat ini bisa dicapai dengan menaiki kapal feri dari Pelabuhan di Kota Ambon. Kepingan surga di Maluku ini memang terbilang cukup tersembunyi. Di sini terdapat beberapa resor yang siap menyambut wisatawan, termasuk resor apung.

Mengapung di atas laut, kamu bisa langsung menyaksikan terumbu karang yang cantik begitu keluar kamar. Tak ketinggalan, pemandangan indah dan segar perbukitan di sekeliling resor. Kamu bisa menyaksikan sunset dan juga snorkeling tanpa harus meninggalkan penginapan.

9. Kepulauan Wakatobi

Kepulauan Wakatobi, salah satu tempat diving yang mendunia (foto: butonislandtravelling)

Kepulauan Wakatobi sudah menjadi spot diving yang terkenal dunia selama beberapa dekade. Berada di lepas pantai Sulawesi, tempat ini dikenal dengan kehidupan bawah lautnya yang beraneka ragam.

Wakatobi memiliki ratusan spot menyelam yang masing-masing dipenuhi oleh kumpulan terumbu karang, ikan, dan keanekaragaman hayati lainnya yang banyak jenisnya. Selain itu, kealamian tempat ini masih terjaga dan alami serta relatif lebih sepi dibandingkan tempat menyelam lainnya di Indonesia. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang cukup terpencil.

Kunjungi pantai terindah di Indonesia

Memiliki puluhan ribu pulau, tak heran Indonesia kaya dengan pantai-pantai indah yang menakjubkan. Pantai-pantai terindah ini sangat layak untuk dijadikan tujuan wisata bagi semua orang. Jadi, selain Bali, pantai mana yang ada dalam daftar pertama wish list-mu, traveler? (ds3)