google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

9 Sungai Terpanjang di Dunia, Alternatif Wisata Anti Mainstream!

9 sungai terpanjang di dunia bisa jadi destinasi wisata anti mainstream (foto: unsplash.com/@n3moy)

Mau traveling ke tempat sungai terpanjang di dunia berada?

Selama ribuan tahun, sungai telah menjadi sumber semua kebutuhan manusia dari alam. Sungai merupakan tempat manusia memanfaatkannya untuk air minum, irigasi pertanian, dan transportasi. Selain itu, manusia memanfaatkan sungai untuk menghasilkan listrik melalui bendungan pembangkit listrik tenaga air dan untuk kegiatan rekreasi seperti berenang, memancing, dan berperahu.

Sungai mengalir menuruni bukit dari berdasarkan gravitasi. Sungai ada yang lebar dan dalam atau cukup dangkal untuk dilewati seseorang. Juga, sungai mengalir secara alami menuju laut, samudra, danau, atau sungai lain. Banyak sungai di seluruh dunia mengalir sepanjang tahun. Sementara itu, beberapa sungai hanya mengalir ketika telah terjadi banyak hujan atau mengalir pada musim-musim tertentu.

Nah, ada beberapa sungai terpanjang dan terbesar di dunia. Sungai terpanjang yang ada di muka bumi

bisa mencapai ribuan kilometer. Selain itu, beberapa di antaranya bahkan mengalir di beberapa negara. Sebagian besar dari kita mungkin tahu bahwa Sungai Nil adalah yang terpanjang di dunia. Jadi, kalau kamu tertarik untuk traveling ke tempat sungai terpanjang yang ada, kami telah merangkum 9 di antaranya untuk traveler.

Berikut adalah daftar 9 sungai terpanjang di dunia yang telah dikenal dan diakui.

9. Sungai Kongo (4.700 km)

Sungai Kongo kaya akan biodiversity (foto: theecologist.org)

Masuk dalam pertama adalah Sungai Kongo. Sungai Kongo adalah aliran air yang luas yang menyediakan makanan, air, transportasi, dan obat-obatan bagi sekitar 75 juta orang di sepanjang lembah itu. Dengan panjang 4.700 kilometer, sungai ini membentang di sembilan negara di Afrika Tengah Barat, menjadikannya sungai terpanjang kesembilan di dunia.

Sebelumnya dikenal sebagai Sungai Zaire, Kongo adalah sungai terpanjang kedua di Afrika setelah Sungai Nil. Cekungan drainasenya menempati hampir seluruh wilayah Republik Demokratik Kongo. Sungai ini juga membentang di wilayah Republik Kongo, Zambia timur, Angola Utara, dan Republik Afrika Tengah. Selain itu, sungai ini juga membentang ke bagian Kamerun dan Tanzania.

Bukan hanya salah satu sungai terpanjang di dunia, tetapi Sungai Kongo juga merupakan sungai terdalam di bumi dengan ketinggian 720 kaki (220 meter). Terlebih lagi, Sungai Kongo mengalir dari Afrika timur melalui hutan hujan Kongo ke Samudra Atlantik. Itu membuat sungai melintasi khatulistiwa dua kali.

Baca juga: 7 Kota Terdingin di Dunia, Alternatif Wisata Musim Dingin

8. Sungai Paraná (4.880 km)

Pemandangan indah Sungai Paraná (foto: ukpandi.com)

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa sungai terpanjang yang mengalir di Amerika Selatan selain Amazon? Sungai Paraná, juga dikenal sebagai Rio Paraná dalam bahasa Portugis dan Río Paraná dalam bahasa Spanyol, adalah sungai terpanjang kedua di Amerika Selatan setelah Amazon.

Sungai ini memiliki panjang 4.880 kilometer dan bersumber di selatan Brasil. Mengalir melalui Brasil, Paraguay, Bolivia, dan Argentina. Sungai Paraná berakhir di Samudra Atlantik.

Nama Paraná berasal dari bahasa Tupi untuk singkatan dari frase “para rehe onáva”, yang berarti ‘seperti laut’. Ini mengacu pada ukuran sungai sebesar laut. Sungai ini memiliki sekitar 2,8 juta persegi kilometer cekungan drainase, menjadikannya yang terbesar kedua di benua itu.

Ekosistem Sungai Paraná mendukung beragam hewan dan tumbuhan, termasuk spesies yang terancam punah seperti jaguar. Ini juga rumah bagi ikan yang bermigrasi, seperti lele, piranha, dan ikan teri Atlantik.

7. Sungai Ob-Irtysh (5.410 km)

Sungai Ob-Irtysh yang mengalir di empat negara (foto: www.wdl.org)

Jika kamu ingin tahu apa saja sungai terpanjang yang bermuara di Samudra Arktik, salah satunya adalah Sungai Ob-Irtysh. Ob-Irtysh juga dikenal sebagai Sungai Irtysh atau Ertis di Kazakh. Ini terbentuk dari dua sungai, Sungai Ob dan Irtysh yang kedua hulunya berada di dataran tinggi di perbatasan Mongolia.

Sungai Ob-Irtysh membentang sekitar 5.410 kilometer dari Pegunungan Altai di Asia Tengah dan mengalir ke Samudra Arktik. Ob-Irtysh adalah sungai terpanjang ketujuh di dunia yang membentang melalui Rusia, Kazakhstan, Mongolia, dan Cina.

Cekungannya mencakup sekitar 2,9 juta kilometer persegi dan sebagian besar terletak di Rusia. Sebagian besar saluran air membeku hampir sepanjang tahun. Sungai digunakan untuk transportasi saat tidak beku. Cekungan sungai membentang melintasi padang rumput, daerah semi-gurun, perbukitan, dataran, dan hutan konifer.

6. Sungai Kuning (5.464 km)

Aerial view dari Sungai Kuning (foto: xinhuanet.com)

Berikutnya dalam daftar sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Kuning. Sungai Kuning juga dikenal sebagai Huang He dan juga disebut Sungai Ibu. Sumber air berasal dari Dataran Tinggi Tibet di provinsi Qinghai selatan dan melewati enam provinsi lain dan dua daerah otonom. Sungai ini adalah sungai utama di Cina utara, timur, dan Asia tengah-timur.

Cekungan drainasenya seluas 750.000 kilometer persegi dan menjadi yang terbesar ketiga di Tiongkok. Sungai Kuning juga dianggap sebagai penopang peradaban Tiongkok selama ribuan tahun. Dengan total panjang 5.464 kilometer, ia memegang rekor sebagai sungai terpanjang keenam di bumi. Ini juga merupakan sungai terpanjang kedua di Cina setelah Sungai Yangtze.

Sungai Kuning juga dianggap sebagai sungai besar paling berlumpur di dunia karena jalurnya yang lambat dan lamban. Dinamakan Sungai Kuning karena mengandung sedimen dalam jumlah besar. Para traveler bisa eksplor beberapa atraksi utama di sekitar Sungai Kuning. Termasuk diantaranya Air Terjun Hukou, kota kuno, Dataran Tinggi Loess, dan taman hutan.

Baca juga: 9 Tempat Wisata Alam di Bandung sebagai Alternatif Liburan

5. Sungai Yenisei (5.539 km)

Sungai Yenisei, sungai terpanjang kelima di dunia (foto: worldatlas.com)

Sungai Yenisei memiliki panjang 5.539 kilometer yang menjadikannya sungai terpanjang kelima di dunia. Selain itu, Sungai Yenisei adalah salah satu sungai terpanjang di Asia dan sungai terbesar yang mengalir ke bagian Samudra Arktik. Jadi, kalau kamu ditanya apa sungai terpanjang di muka bumi, bisa menjawab bahwa Sungai Yenisei adalah salah satunya.

Yenisei adalah sungai di Rusia tengah yang mengalir terutama di Siberia Tengah dan bermuara di Laut Kara. Sungai ini memiliki berbagai pemandangan di sepanjang sungai, dari lembah, pegunungan, hingga tundra Arktik. Kamu juga bisa menemukan kapal pesiar ekspedisi di sungai Siberia ini. Wisatawan dapat mengalami pelayaran perjalanan ekspedisi sekali seumur hidup.

4. Sungai Mississippi (6.274 km)

Sungai Mississippi, salah satu sungai terpanjang dunia yang ada di Amerika Serikat (foto: nature.org)

Sekarang kita sampai pada sungai terpanjang keempat di dunia, Sungai Mississippi. Terletak di Amerika Utara, Sungai Mississippi memiliki panjang 6.274 kilometer dan mengalir di lebih dari sepuluh negara bagian Amerika Serikat dan dua provinsi Kanada.

Terdiri dari sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson, sungai ini bermuara di Teluk Meksiko. Sungai Mississippi adalah yang terpanjang di AS dan Sungai Missouri adalah yang terpanjang kedua di negara ini.

Sungai Missouri melintasi Sungai Mississippi dekat kota St. Louis dan kemudian bergabung dengan Sungai Jefferson di Montana. Jadi, ketiga sungai ini dikelompokkan menjadi satu dan menjadi sistem sungai terpanjang keempat di dunia.

3. Sungai Yangtze (6.300 km)

Wisata cruise di Sungai Yangtze (foto: Chinaculture.org)

Sungai Yangtze, juga dikenal sebagai Chang Jiang, adalah sungai terpanjang ketiga di dunia, dan terpanjang di Asia yang mengalir sepanjang 6.300 kilometer di Cina. Selain itu, sungai terpanjang ketiga di dunia ini dikenal sebagai sungai terpanjang di China dan sungai terpanjang yang mengalir seluruhnya dalam suatu negara.

Sungai Yangtze telah menjadi bagian penting bagi peradaban China hingga hari ini dan menampung sepertiga populasi di negara ini. Yangtze juga merupakan sungai tersibuk di dunia dan rumah dari Bendungan Tiga Ngarai, bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia.

Sungai ini memiliki lebih dari ratusan anak sungai. Sementara itu, sumber sungai berada di gletser Dataran Tinggi Tibet di pegunungan Provinsi Qinghai, Cina. Hulunya berasal dari anak sungai Dam Qu di Bukit Jari, dan sungai tersebut bermuara di Laut Cina Timur.

2. Sungai Amazon (6.400 km)

Sungai Amazon yang membelah hutan hujan lebat (foto: cifor.org)

Sungai Amazon adalah nomor dua dalam daftar sungai terpanjang di dunia. Sungai Amazon terletak di Amerika Selatan dengan panjang 6.400 kilometer. Tidak hanya terpanjang, tetapi Sungai Amazon juga merupakan sungai terbesar di dunia berdasarkan aliran air. Aliran airnya lebih besar dari gabungan tujuh sungai terbesar.

Sungai Amazon mengalir melalui beberapa negara, termasuk Brasil, Peru, Bolivia, Ekuador, Kolombia, Guyana, dan Venezuela. Dalam beberapa penelitian, diyakini bahwa asal usul Amazon dapat ditelusuri ke Cordillera Rumi Cruz dari aliran glasial di Andes Peru.

Bagi para traveler yang ingin merasakan wisata yang berbeda, bisa eksplor negara-negara yang dilewati Sungai Amazon. Rasakan pengalaman eksotis di belantara Amazon seperti di film-film!

Baca juga: 10 Danau Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Sungai Nil (6.650 km)

Sungai Nil yang melewati Kairo, Mesir (foto:  Matt Champlin/Getty Images via tripsavvy.com)

Ketika orang berpikir tentang apa sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil akan menjadi jawaban teratas. Sungai Nil, juga disebut bapak sungai Afrika memiliki panjang total 6.650 kilometer. Dikenal sebagai Baḥr Al-Nīl atau Nahr Al-Nīl dalam bahasa Arab. Selain itu, Sungai Nil juga merupakan sungai terpanjang di Afrika, tetapi merupakan salah satu sungai terkecil menurut aliran air.

Dua anak sungai terpenting adalah Nil Biru dan Nil Putih. Sungai Nil mengalir di sebelas negara. Mengalir sepanjang jalan melalui Tanzania, Uganda, Burundi, Rwanda, Kenya, Mesir, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Eritrea, dan Sudan Selatan. Sungai terpanjang di dunia ini bermuara di Laut Mediterania.

Traveling ke tempat sungai terpanjang di dunia

Rasakan pengalaman berbeda dengan mencoba traveling ke lokasi sungai terpanjang yang ada di muka bumi berada. Pastinya, akan menjadi pengalaman yang berkesan, bahkan tak terlupakan! Kalau bisa memilih, sungai mana yang ingin kamu kunjungi? (ds3)