google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

9 Tempat Terbaik di Korea Selatan untuk Dikunjungi

Han River di Seoul yang terlihat mempesona saat matahari terbenam (foto: pixabay/jamesgraphy)

Cek tempat terbaik di Korea Selatan yang wajib dikunjungi saat liburan

Beberapa tahun terakhir, Korea Selatan semakin populer di kalangan wisatawan Indonesia. Negara di Asia Timur ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk dikunjungi. Korea Selatan menawarkan segala yang diinginkan wisatawan sebagai tujuan destinasi wisata.

Negara ini memiliki sejarah panjang dan menarik, budaya yang indah, makanan yang luar biasa, orang-orang yang ramah, dan infrastruktur pariwisata yang sangat baik (termasuk sistem kereta api berkecepatan tinggi yang baru).

Korea Selatan juga merupakan negara yang kontras, dengan tempat-tempat wisata mulai dari kuil Buddha kuno di puncak gunung seperti Bulguksa hingga gedung pencakar langit ultra-modern di Seoul seperti Lotte World Tower. Apakah kamu seorang pecinta alam bebas, penyuka sejarah, atau ingin berburu kuliner lokal, semua bisa ditemukan di Korea Selatan.

Berikut 9 tempat wisata terbaik di Korea Selatan yang wajib traveler kunjungi.

1. Seoul

Pencakar langit Lotte World di Seoul (foto: pixabay/cmmellow-3065378/)

Bicara tempat wisata terbaik suatu negara, tentu tak bisa melewatkan ibu kotanya. Begitu juga saat kamu berlibur ke Korea Selatan, Seoul wajib masuk dalam itinerary. Kota metropolitan ini punya banyak atraksi untuk dilihat dan dialami.

Traveler akan dimanjakan dengan banyak pilihan, mulai dari landmark budaya seperti Istana Gyeongbokgung yang bersejarah hingga Desa Bukchon Hanok yang mempesona. Tak ketinggalan, Taman Nasional Bukhansan, di mana para pelancong dapat pergi hiking dan menikmati pemandangan kota Seoul yang indah.

Baca juga: Fakta Unik Korea, Traveler Sudah Tahu Belum?

 2. Busan

Busan mendapat julukan Santorini-nya Korea (foto: pixabay/aldebarantm-1442352/)

Salah satu kota terbaik di Korea Selatan untuk dikunjungi adalah Busan, kota pelabuhan yang menawarkan wisata pantai terbaik di negara ini. Kamu bisa mengunjungi dua pantai paling terkenal di kota ini, yaitu Pantai Haeundae dan Pantai Gwangalli.

Tak hanya pantai, Busan juga memiliki banyak atraksi budaya, mulai dari Kuil Beomeosa kuno hingga Desa Budaya Gamcheon. Gamcheon adalah desa bergaya Eropa di tebing di atas laut, seperti Santorini versi Korea. Outdoor enthusiast bisa mencoba dan menjelajah jalur pendakian melalui pegunungan terdekat seperti Geumjeongsan, dengan pemandangannya yang tenang dan damai.

Buat kamu pecinta makanan laut, wajib mengunjungi Pasar Jagalchi, pasar makanan laut komersial terbesar di negara ini. Sebagian pasar terbuka untuk konsumen, dan ada banyak restoran kecil yang untuk makan di tempat.

3. Nami Island

Keindahan Nami Island saat musim semi (foto: 123rf.com)

Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan di musim semi atau gugur, wajib datang ke Nami Island atau Pulau Nami. Tempat ini menawarkan pemandangan indah berbeda yang spektakular di kedua musim. Saat musim semi, kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura yang sedang bermekaran. Sedangkan di musim gugur, kamu akan disuguhi pemandangan indah dedaunan yang berubah warna menjadi merah, oranye, dan kuning.

Pulau ini merupakan tujuan domestik yang sangat populer karena digunakan sebagai lokasi syuting untuk acara TV populer Winter Sonata. Selain itu, Pulau Nami dirancang dengan mempertimbangkan  anak-anak. Terdapat kereta mini dan taman bermain, ditambah zipline untuk mereka yang berjiwa anak-anak. Jadi, cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga.

4. Jeju Island

Pemandangan Jeju Island yang spektakuler (foto: Agoda)

Jeju Island merupakan salah satu tempat terindah di Korea Selatan dan tujuan resor yang sangat populer. Pulau vulkanik ini paling mudah dicapai melalui penerbangan domestik selama satu jam dari Seoul. Jeju menawarkan pantai yang indah bersama dengan banyak budaya dan sejarah. Kamu bisa eksplor Hallasan, gunung berapi aktif tertinggi di Korea Selatan melalui jalan setapak.

Pastikan juga untuk mengunjungi Pantai Jungmun untuk melihat para wanita penyelam. Ini adalah wanita yang menyelam bebas di kedalam beberapa meter untuk menangkap berbagai jenis makanan laut. Tradisi ini dimulai berabad-abad yang lalu, ketika orang-orang lokal pergi ke perahu nelayan.

Untuk pemandangan yang luar biasa, pergilah ke Seongsan Sunrise Peak atau pantai di Seopjikoji di tepi pantai dan mercusuarnya. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan terbaik dari puncak tempat tersebut.

Baca juga: Tempat Syuting Drakor, Cocok Untuk Liburan Seru di Korea Selatan

5. Gyeongju

Keindahan sakura mekar di Gyeongju Expo Park (foto: Agoda)

Buat kamu para pecinta atraksi sejarah, wajib kunjungi kota pesisir Gyeongju yang luar biasa. Ibu kota kuno Kerajaan Silla ini terkadang digambarkan sebagai museum tanpa tembok. Kamu bisa eksplor dari satu atraksi kuno utama ke atraksi kuno berikutnya. Mungkin tempat paling terkenal untuk dikunjungi di sini adalah Kuil Bulguksa, kuil Buddha yang dilindungi UNESCO dari abad keenam. Kuil ini adalah rumah bagi tujuh harta nasional negara, pagoda suci, dan patung Buddha.

Di salah satu tempat terbaik di Korea Selatan ini, traveler juga akan menemukan gua Seokguram dan patung Buddhanya yang mencolok. Tempat wisata utama lainnya di sekitar kota Gyeongju  termsuk Kolam Anapji dan Paviliun Bomun. Paviliun ini menampilkan keindahan Korea di musim semi dengan bunga sakuranya. Kamu bisa menuju kota ini menggunakan kereta berkecepatan tinggi KTX sekitar 2,5 jam dari Seoul.

6. Suwon

Benteng Hwaseong di Suwon (foto: planetofhotels.com)

Kota Suwon di Korea Selatan sering dibayangi oleh tempat-tempat seperti Seoul dan Gyeongju. Tetapi, kota ini layak dikunjungi karena pemandangannya yang mengesankan. Dengan sejarah berabad-abad atas namanya, Suwon penuh dengan landmark besar yang pasti akan mengesankan. Tempat yang paling terkenal adalah Benteng Hwaseong yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di antara tembok besarnya, traveler akan melihat Istana Haenggung, Gerbang Hwahongmun, dan Gerbang Paldalmun, yang masing-masing membuatnya menjadi tempat yang istimewa. Sebagai tempat lahirnya perusahaan teknologi Samsung Electronics, Suwon juga memiliki sisi modern. Kamu bisa mengunjungi Museum Inovasi Samsung untuk mengetahui tentang kisah perusahaan dunia tersebut.

7. DMZ Korea

Tentara Korea Utara dan Selatan yang berjaga di DMZ (foto: Supplied: Maureen Ling/abc.net.au)

Nah, mungkin kamu pernah mendengar tentang DMZ, yang merupakan singkatan dari demilitarized zone atau Zona Demiliterisasi Korea. Mengingat situasi tegang dengan tetangganya di utara, dapat dimengerti mengapa kunjungan ke Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) adalah salah satu hal paling populer untuk dilakukan di Korea Selatan. Terutama buat kamu yang memilih tempat wisata antimainstream.

Mengambil tur berpandu resmi adalah satu-satunya cara untuk mengunjungi jalur 250 kilometer (155 mil) antara Korea Selatan dan Utara. Umumnya, tur termasuk berhenti di Area Keamanan Bersama, tempat kedua negara menandatangani perjanjian gencatan senjata pada tahun 1953 dan satu-satunya tempat di mana mereka masih terlibat dalam diskusi diplomatik.

Perhentian lain dalam itinerary tur termasuk Terowongan Infiltrasi Ketiga, upaya untuk membuat terowongan di bawah perbatasan dan Pos Pengamatan. Dari sini, traveler bisa melihat pemandangan Korea Utara. Selain itu, peserta tur juga akan dibawa ke toko suvenir Korea Utara dan Ruang Konferensi Komisi Gencatan Senjata Militer yang sangat aneh, yang melintasi Garis Demarkasi Militer. Pengunjung dapat melangkahi perbatasan ke Korea Utara, saat berada di dalam ruang lintas batas. Situs dan daerah sekitarnya juga memiliki beberapa menara observasi, taman, dan museum.

Baca juga: Liburan ke Seoul Sekaligus Berburu Bunga Sakura, Di Sini Tempatnya!

8. Daegu

Keindahan kota Daegu di musim gugur (foto: Agoda)

Sudah lama dikenal sebagai pusat ekonomi utama negara, kota terbesar ketiga di Korea Selatan, Daegu, sering mengejutkan pengunjung dengan berbagai atraksinya. Apakah kamu tertarik dengan sejarah, budaya, atau relaksasi, kota tenggara ini memiliki banyak hal untuk semua wisatawan.

Landmark budaya utama termasuk Kuil Donghwasa dan Kuil Seonbosa di sekitar Gunung Palgongsan, ditambah Katedral Gyesan yang mengejutkan. Dan jika kamu ingin bersantai, ada taman hiburan E-World dan Lembah Spa Daegu untuk dikunjungi.

9. Pyeongchang

Resor ski di Pyeongchang (foto: CNN)

Terkenal sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018, daerah Pyeongchang adalah tujuan yang tepat jika kamu ingin menjelajahi pegunungan Korea. Apa pun musimnya, Pyeongchang menyediakan aktivitas luar ruangan yang menyenangkan untuk menikmati lanskap yang mengesankan ini.

Di musim dingin, kamu bisa menginap di resor ski seperti Alpensia dan Yongpyong. Di sini pengunjung dapat bermain ski dan seluncur salju. Daerah ini juga dikenal dengan Festival Salju Daegwallyeong, yang menawarkan kegiatan musim dingin menyenangkan lainnya seperti kompetisi membuat manusia salju dan seluncur salju. Saat suasana memanas, Pyeongchang menjadi tempat yang tepat untuk mendaki, terutama di jalur Taman Nasional Odaesan.

9 Tempat terbaik di Korea Selatan

Itu tadi sembilan kota terbaik yang wajib dikunjungi saat kamu berlibur ke Korea Selatan. Setiap tempat menawarkan pemandangan indah, atraksi budaya, dan kuliner yang wajib dicoba. Ayo, rencanakan liburan seru ke Korea Selatan nanti setelah pandemi dengan menyimpan daftar ini terlebih dahulu!