google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

9 Tempat Wisata Alam di Bandung sebagai Alternatif Liburan

llustrasi. Ada banyak tempat wisata alam di Bandung yang bisa dikunjungi saat liburan (foto: unsplash.com/@kalenemsley)

Mau coba tempat wisata alam di Bandung untuk liburan seru?

Bandung memang dikenal sebagai salah satu destinasi liburan favorit dan populer. Tempatnya yang mudah dijangkau membuat kota ini menjadi favorit wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ada beragam tempat wisata menarik di Bandung yang seakan tak ada habisnya untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, belanja, hingga wisata alam. 

Selain itu, Bandung menjadi daya tarik wisatawan karena udaranya yang cenderung lebih sejuk. Hal ini karena Bandung dikelilingi oleh pegunungan. Nah, kalau kamu sudah bosan dengan keramaian dan kemacetan di dalam kota, tak ada salahnya menikmati pemandangan alam di Bandung.

Dijamin, akan membuatmu lebih fresh dan meningkatkan mood. Nah, berikut rekomendasi wisata alam di Bandung dan sekitarnya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang disebut juga dengan negeri di atas awan Bandung (foto: gantariid)

Gunung Putri adalah salah satu pegunungan yang berada di Lembang, Kab. Bandung Barat dan tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Tempat ini bisa dicapai sekitar satu jam dari pusat kota Bandung. Gunung Putri menjadi tujuan traveler untuk menyaksikan sunrise.

Jalur trekking untuk mencapai sunrise spot juga terbilang mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Setidaknya butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke puncaknya. Kalau kamu pergi dengan teman-teman, pastinya tak akan bosan selama di perjalanan.

2. Stone Garden dan Gua Pawon

Stone Garden yang terlihat unik dan artistik (foto: experience.yoexplore.co.id)

Taman Batu atau lebih dikenal dengan Stone Garden adalah suatu tempat berupa dataran luas yang dipenuhi dengan batu-batuan. Di sini, kamu bisa melihat hamparan batu alam yang artistik.

Bebatuan ini berada di antara rerumputan dan pepohonan hijau yang menawarkan pemandangan indah. Kabarnya, Stone Garden terbentuk terbentuk dari bekas danau purbakala yang berusia lebih dari 27 juta tahun. Dipercaya bahwa pernah terjadi gempa vulkanik yang membuat batu-batu tertanam dan berserakan tak beraturan. 

Stone Garden berada di dataran tinggi Desa Gunung Masigit, Cipatat. Jangan lewatkan juga tempat wisata Gua Pawon yang berada di area ini. Gua Pawon merupakan situs bersejarah yang menjadi tempat berbagai peninggalan kehidupan prasejarah yang kini dipamerkan di Museum Geologi Bandung.

Baca juga: Weekend, Refreshing Saja di Tempat Wisata Alam Jakarta!

3. Tebing Keraton

Keindahan pemandangan di Tebing Keraton (foto: travelspromo)

Tebing Keraton adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung yang berada di area Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Tempat ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan Taman Hutan Raya Djuanda dengan latar belakang Gunung Tangkuban Perahu.

Memang, perlu sedikit trekking untuk mencapai tempat ini. Namun, kamu tak akan menyesal saat berdiri di atas tebing dan melihat pemandangan alam yang super keren. Di sini juga jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset.

4. Hutan Kota Babakan Siliwangi

Hutan Kota Babakan Siliwangi jadi alternatif tempat wisata alam di Bandung (foto: Kabar Nusantara)

Hutan Kota Babakan Siliwangi merupakan salah satu taman kota yang bisa kamu kunjungi selain Taman Hutan Raya Ir. Djuanda. Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam di Hutan Kota Babakan Siliwangi. Tempat ini terletak tak jauh dari kampus ITB dan menurut kabar sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Akses tempat ini pun terbilang cukup mudah. Di Hutan Kota Babakan Siliwangi, kamu bisa melihat aneka tanaman dan satwa yang hidup bebas. Terdapat juga jalur yang berdiri ‘melayang’ di atas tanah hutan untuk kenyamanan pengunjung.

5. Kawah Putih Ciwidey

Keindahan Kawah Putih Ciwidey (foto: alvindayu)

Kawah Putih Ciwidey jadi salah satu tempat wisata populer dan favorit di Bandung. Rasanya, tak ada yang belum pernah mendengar tentang Kawah Putih terutama bagi mereka yang sering berlibur ke Bandung.

Kawah Putih juga jadi pilihan tempat wisata alam di Bandung yang sangat Instagramable. Kawah di tempat ini bisa berganti-ganti warna seperti putih dan biru kehijauan. Selain Kawah Putih, ada juga tempat wisata lainnya di sekitar tempat ini. Diantaranya Ranca Upas, Situ Patenggang, dan Kawah Rengganis.

Baca juga: Liburan Ke Semarang, Ke Tempat Wisata Alam, Yuks!

6. Bukit Moko

Pemandangan indah Kota Bandung dilihat dari Bukit Moko saat malam hari (foto: pegipegi)

Kalau kamu ingin melihat Kota Bandung dari ketinggian sekaligus menikmati pemandangan alam, berkunjunglah ke Bukit Moko. Puncak Bukit Moko berada di ketinggian 1.500 meter, karenanya menawarkan pemandangan indah dan udara sejuk. Selain itu, tempat ini juga menjadi spot untuk melihat sunset dan ratusan bintang di langit.

Bukit Moko memiliki luas sekitar 11 hektar di bawah Perum Perhutani Divisi Regional Provinsi Jawa Barat dan Banten. Tempat ini diresmikan pada 23 September 2014 lalu. Sayangnya, kondisi jalan sebagai akses ke Bukit Moko tidak begitu bagus dan cukup curam. Sebaiknya kamu meminta bantuan dari warga lokal yang tahu mengenai area ini.

7. Sunrise Point Cukul

Keindahan matahari terbit di Sunrise Point Cukul (foto: tourbandung.id)

Buat kamu outdoor enthusiast sekaligus pecinta fotografi, jangan lewatkan berkunjung ke salah satu tempat wisata alam di Bandung, Sunrise Point Cukul. Tempat ini berada di Kampung Cukul, Pangalengan, Kabupaten Bandung dengan ketinggian 1.600 mdpl. 

Sunrise Point Cukul jadi tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dari balik Gunung Wayang. Pemandangan yang menakjubkan menarik banyak pengunjung yang ingin menikmati pesona keindahannya. Untuk berkunjung ke sini, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2-2,5 jam dari pusat Kota Bandung. Tentunya, semua akan terbayar saat kamu menyaksikan pesona sunrise yang spektakuler.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Indonesia yang Keindahannya Mendunia

8. Curug Dago

Curug Dago (foto: wisatalova)

Buat kamu yang ingin menikmati tempat wisata alam tidak jauh dari pusat kota selama liburan di Bandung, Curug Dago bisa jadi pilihan. Curug Dago berada di Desa Dago, Kecamatan Ciblong, sekitar 8 km dari pusat Kota Bandung.

Dengan ketinggian 800 mdpl, Curug Dago terbentuk dari Sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke Kota Bandung. Ketinggian air terjun Curug dago memang hanya sekitar 12 meter saja, namun tetap menawarkan keindahan yang tak boleh dilewatkan. 

9. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu, gunung aktif yang jadi tempat wisata alam populer (foto: Tiket.com)

Berkunjung ke Bandung, rasanya belum sah kalau tidak berkunjung ke Tangkuban Perahu. Tempat ini jadi salah satu tempat wisata di Bandung yang populer sejak 80-an. Tangkuban Perahu sendiri merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Barat yang masih aktif hingga kini.

Berada di ketinggian 2.084 mdpl, Tangkuban Perahu dipenuhi dengan rimbunan pohon pinus dan kebun teh di sekitarnya. Tangkuban Perahu juga terkenal dengan legenda Sangkuriang. Konon menurut legenda, Sangkuriang jatuh cinta pada ibunya sendiri, yaitu Dayang Sumbi (Rarasati). Ada berbagai hal seru yang bisa dilakukan di sini, diantaranya berburu foto, menunggang kuda, mencoba berbagai kuliner, hingga berbelanja souvenir.

Tempat wisata alam di Bandung yang tak boleh dilewatkan

Itu tadi 9 tempat wisata di Bandung yang menawarkan keindahan pemandangan alam. Tempat-tempat tersebut bisa jadi alternatif destinasi liburan saat berkunjung ke Bandung. Dijamin, kamu akan merasa lebih fresh dan pastinya puas berfoto. Dari tempat yang disebutkan, kamu sudah mengunjungi yang mana? (ds3)