google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

9 Tempat Wisata di Baku, Perpaduan Kota Modern dan Abad Pertengahan

Flame Towers, salah satu tempat wisata di Baku terlihat dari ketinggian (foto: unsplash.com/@lloydzed)

Ketahui tempat wisata di Baku, kota yang terletak di tepi laut Kaspia.

Kota Baku, yang merupakan ibukota Azerbaijan menjadi salah satu kota yang menjadi tuan rumah perhelatan Euro 2020 yang berlangsung 11 Juni -11 Juli 2021. Beberapa waktu terakhir, Baku menjadi perhatian dunia dengan berbagai pertandingan yang digelar di kota ini.

Saat masih menjadi negara bagian Uni Soviet, Azerbaijan adalah negara yang cukup tertutup. Dengan runtuhnya Uni Soviet, negara ini membuka diri pada dunia dan turis asing. Negara Api mulai menunjukkan diri sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Sekilas info tentang Baku

Sebagai ibukota negara, Baku juga merupakan kota terbesar di Azerbaijan dengan luas wilayah 2.140 km². Kota ini terbagi menjadi dua wilayah utama, yaitu Pusat Kota dan Kota Dalam. Selain kota terbesar, Baku juga merupakan salah satu kota tertua dan terbesar di Timur.

Kota ini merupakan gabungan kota tua Abad Pertengahan dengan gedung-gedung pencakar langit modern dengan perpaduan budaya Turki, Persia, Soviet, dan Eropa. Baku menawarkan keindahan menakjubkan untuk semua orang.

Tempat wisata di Baku

Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati keindahan arsitektur gedung pencakar langit atau menjelajah Little Venice di pusat kota.

Berikut beberapa tempat wisata di Baku yang wajib dikunjung

1. Kota Tua Icheri Sheher

Jalanan di kota tua Icheri Sheher (foto: tourispo.com)

Icheri Sheher adalah kota tua di Baku yang terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO. Dulunya kota ini merupakan ibukota pada Abad Pertengahan di bawah dinasti Shah Shirvanshahs.

Sekarang, wilayah ini menjadi pusat bersejarah dan rumah bagi Istana Sirwansyah, istana yang dibangun pada abad ke-15 dan Maiden Tower, monumen abad ke-12. Wilayah ini mendapat julukan Akropolis-nya Kota Baku.

Baca juga: Traveling ke-7 Kota Tuan Rumah Euro 2020, Tertarik?

2. Maiden Tower

Maiden Tower di malam hari (foto: dreamstime.com)

Salah satu tempat wisata di Baku yang wajib dikunjungi adalah Maiden Tower, monumen yang dibangun sejak abad ke-12. Menara berbentuk silinder ini memiliki sejarah yang misterius.

Ahli sejarah percaya kalau menara ini dulunya adalah kuil tempat beribadah penganut agama Zoroaster sebelum menjadi menara pandang di abad ke-18.

Pengunjung bisa naik naik ke atas menara setinggi 29 meter ini untuk melihat pemandangan indah Ishceri Sheher dari ketinggian.

3. Shirvanshahs Palace

Komplek istana Shirvanshahs (foto: tripandguide.az)

Jejak-jejak peradaban di bawah pimpinan Shah Shirvanshahs yang memerintah selama 800 tahun bisa di lihat di Istana Shirvanshahs. Istana yang sudah ada sejak abad ke-15 ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia.

Kompleks istana ini berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan selama 200 tahun. Di sini juga terdapat istana, masjid, musoleum, dan tempat pemakaman. Kamu akan dibuat takjub dengan keindahan arsitektur bangunan ini dan juga pemandangan indah kota Icheri Sheher.

4. Nizami Street

Nizami Street terlihat terang benderang di malam hari (foto: http://hikersbay.com/)

Nizami Street adalah pusat perbelanjaan utama di Baku yang sepanjang 3,5 kilometer. Nama ini diambil dari Nizami Ganjavī, penyair yang dianggap sebagai penyair epik romantik terbesar dalam literatur Persia.

Saat berjalan-jalan di sini, kamu akan melihat bangunan-bangungan dengan arsitektur begata Baroque, Neo-Gothic, Neo-Renaissance, hingga bangunan bergaya Stallin. Di sepanjang jalan ada banyak pertokoan.

Mulai dari outlet kecil, toko suvenir, hingga supermarket. Area pusat perbelanjaan berawal di Fountain Square. Selain itu, terdapat juga berbagai restoran dan hotel stylish dan mewah.

Baca juga: Fakta Unik St. Petersburg yang Traveler Wajib Tahu!

5. Fountain Square

Fountain Square di pusat Kota Baku (foto: hitchhikershandbook)

Tempat wisata di Baku berikutnya adalah Fountain Square, yang dulunya dikenal dengan nama Parapet. Tempat ini adalah tempat terbuka umum yang ramai dengan pengunjung. Ada lusinan air mancur di area ini, mulai dari Nizami Street hingga bagian timur Icheri Scherer.

Fountai Square menjadi pusat keramain dengan adanya bar, kafe, restoran, dan teras-teras luar ruangan dari bangunan di sekitar lokasi ini. Kamu bisa menikmati secangkir kopi sambil bersantai dan bercengkrama atau melihat lalu lalang orang.

6. Flame Towers

Gedung pencakar langit Flame Towers yang ‘menyala’ saat malam hari (foto: globalarbitrationnews)

Kota Baku punya tiga gedung pencakar langit yang terkenal, yaitu The Flame Towers atau Menara Api. Trio pencakar langit setinggi 182 meter ini menjadi penanda ibukota yang yang mempesona.

Terutama saat malam hari, ketika dinding ketiga gedung ini menyala persis dengan warna nyala api, merah, oranye, dan merah muda. Warna-warna ini adalah efek yang diciptakan dari 10.000 lampu LED berwarna.

Menara Api bertengger megah di atas Teluk Baku. Dua menara berfungsi sebagai kantor dan apartemen. Sementara menara ketiga, atau Fairmont Baku, hotel bintang lima kontemporer yang terbuka untuk tamu.

7. Heydar Aliyev Center

Heydar Aliyev Center yang unik (foto: unsplash.com/@ilthunn)

Salah satu tempat wisata di Baku yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah Heydar Aliyev Center. Bangunan ini merupakan gedung kebudayaan yang sering menggelar acara pameran, kebudayaan, festival, hingga konser musik.

Nama Heydar Aliyev Center diambil dari nama presiden Azerbaijan, Heydar Aliyev yang menjabat pada tahun 1969-1987. Bangunan yang tidak memiliki sudut tajam dirancang oleh Zaha Hadid. Kabarnya, bentuk bangunan mengikuti bentuk tanda tangan sang arsitek.

Baca juga: 7 Negara Eropa Bersiap Menerima Turis Dengan Paspor Vaksin

8. National Flag Square

National Flag Square setinggi 162 meter (foto: alchetron.com)

Kalau berkunjung ke Kota Baku, kamu akan melihat National Flag Square, penanda Baku Boulevard di sebelah barat. Alun-alun yang dibuka secara resmi pada 2007 ini merupakan lambang kebanggan nasional.

Bendera raksasa di tempat ini memiliki panjang 70 meter dan lebar 35 meter yang berdiri di ketinggian 162 meter. Tiang bendera ini pernah mencatatkan rekor sebagai tiang bendera teringgi pada Guinness World Records hingga 2011. Setelahnya, rekor ini dipecahkan oleh Dushanbe Flagpole di Tajikistan setinggi 165 meter.

9. Little Venice

Little Venice di Baku Boulevard (foto: unsplash.com/@ripato)

Kalau kamu belum berkesempatan berkunjung ke Venice di Italia, Little Venice bisa jadi penawar hati. Little Venice menjadi tujuan populer untuk menghabiskan malam romantis di Baku. Little Venice yang berada di area Baku Boulevard ini merupakan tempat wisata yang terdiri dari sejumlah pulau berbeda.

Di pulau-pulau tersebut terdapat restoran, toko, dan tempat hiburan yang dihubungkan oleh saluran air dan jembatan. Persis layaknya kota terapung Venice. Di sini juga kamu bisa mencoba gondola versi Baku di kanal buatan yang dibuka sejak 1960.

Baku, Ibukota Azerbaijan yang memesona

Itu tadi sembilan tempat wisata di Baku yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung kesini. Kota cantik dengan perpaduan kemegahan arsitektur modern dan abad pertengahan. Gimana, tertarik untuk merencanakan traveling ke Baku setelah pandemi? (ds3)