google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Andre Villas-Boas Siap Jadi Pelatih Baru Lazio

Andre Villas-Boas
Berpisah dengan Simone Inzaghi, Lazio siap datangkan Andre Villas-Boas sebagai pelatih baru.

cr photo: The Athletic

Kesebelasan Lazio dikabarkan tengah menjalin hubungan dengan Andre Villas-Boas untuk menjadikannya sebagai pelatih anyar mereka. Seperti yang diketahui, Lazio sendiri belum lama ini berpisah jalan dengan pelatih mereka, yakni Simone Inzaghi yang memilih hengkang dan menjadi pelatih Inter Milan. Kekosongan kursi kepelatihan dirasa manajemen tak bisa dibiarkan terlalu lama, oleh karena itu mereka langsung mencari sosok pengganti Inzaghi. Nama yang santer akan menjadi penerus Inzaghi adalah, pelatih berkebangsaan Portugal, yaitu Andre Villas-Boas. Manajemen Lazio sendiri dikabarkan sudah menjalani proses negosiasi dengan sang pelatih.

Lazio saat ini tengah membutuhkan sosok pelatih anyar setelah ditinggal Inzaghi. Nama Villas-Boas pun kabarnya tengah berusaha dibujuk manajemen Biancoceleste untuk menjadi penerus Inzaghi. Posisi mantan manajer Chelsea itu sendiri saat ini tengah tak melatih klub apapun alias masih menganggur. Terakhir Villas-Boas melatih sebuah klub adalah Olympique Marseille yang mana Villas-Boas mundur dari kursi kepelatihan Marseille pada Februari lalu. Villas-Boas kala itu mundur bukan karena pekerjaannya buruk, namun karena ada sedikit friksi dengan manajemen Marseille.

Selama menganggur Villas-Boas sendiri memilih untuk menepi sejenak dari dunia sepak bola. Pria berkebangsaan Portugal itu memilih kegiatan yang cukup jauh dari bidang sepakbola, yakni balapan Rally. Bahkan Villas-Boas sempat ikut serta dalam kejuaran Rally yang diselenggaraka pada 21 sampai 23 Mei lalu. Kini setelah puas dengan hobinya itu, Villas-Boas dikabarkan siap untuk kembali terjun ke dunia sepakbola. Walaupun belum diketahui klub apa yang akan ia tukangi nanti, namun media Il Tiempo mengatakan Italia akan menjadi tujuannya, dan bahkan Villas-Boas sudah tiba pada hari Minggu (30/5) lalu waktu Italia.

Karir Andre Villas-Boas

Sosok pelatih kelahiran Oporto, Portugal ini bisa dibilang cukup baik saat melatih tim tim non unggulan seperti Lazio. Nama Villas-Boas sendiri mencuat pada saat ia melatih FC Porto pada tahun 2011, kala itu Porto tampil apik bersama AVB dan sukses merengkuh gelar juara Liga Portugal, dan Piala Portugal. Nama Villas-Boas kemudian disebut sebagai salah satu pelatih muda potensial saat itu dan membuat Chelsea dengan berani merekrutnya sebagai pelatih kepala.

Sayangnya bersama Chelsea, Villas-Boas gagal menunjukkan tangan besinya. Chelsea sangat kesulitan di Liga Inggris dan performanya merosot. Sampai pada akhirnya manajemen The Blues yang tak puas dengan pekerjaannya memilih untuk memecat Villas-Boas. Setelah dari Chelsea, AVB juga sempat melatih Tottenham Hotspur dan cukup sukses dengan tetap menjaga Spurs finish di posisi 4 besar.

Selesaikan karirnya di tanah Inggris, AVB menyebrang ke Rusia untuk melatih Zenit St Petersburg. Di sana ia berhasil membawa Zenit meraih dua gelar, yakni gelar Liga Rusia, dan Piala Liga. Dari Rusia ia merantau ke Asia dengan menjadi pelatih Shanghai SIPG sampai akhirnya kembali ke Eropa untuk melatih Marseille. CV yang cukup komplit inilah yang menarik manajemen Lazio. Mereka menilai AVB memiliki kapasitas cukup baik untuk bisa membantu Lazio terus menjadi tim yang disegani di Italia.

Selain mengincar Andre Villas-Boas, Lazio juga memiliki satu pengganti alternatif bila mereka gagal mendatangkan sang pria Portugal. Sosok pengganti itu adalah eks manajer Juventus dan Chelsea, yaitu Maurizio Sarri. Pelatih kenamaan asal Italia itu juga memang cukup punya kualitas top sebagai pelatih. Awalnya Sarri sendiri dikabarkan siap menjadi pelatih baru AS Roma, akan tetapi Gialorossi lebih memilih untuk mendatangkan Jose Mourinho.