Anies Baswedan Ajak Pendukung untuk Kawal Perhitungan Suara dan Dokumentasikan yang Mencurigakan

Anies Baswedan Ajak Pendukung untuk Kawal Perhitungan Suara dan Dokumentasikan yang Mencurigakan

Calon presiden (capres) nomor urut satu dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyerukan kepada masyarakat untuk mengawal suara pemilihan umum (Pemilu) 2024. Anies mengajak pendukungnya, untuk mendokumentasikan segala bentuk ketidaknormalan dalam proses Pemilu 2024.

“Demi perbaikan pemilu dan penguatan demokrasi maka saya menyerukan, terus kawal suara dengan semangat tinggi,” ungkap Anies melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan, dikutip pada hari Jumat tanggal 16 Februari 2024.

Kemudian, melaporkannya ke Tim Hukum Nasional (THN) Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN).

“Dokumentasikan semua kekurangan yang ada, keanehan, dan ketidaknormalan. Catat, foto, dan kirimkan ke Tim Hukum Nasional (https://aminajadulu.com/lapor),” jelas Anies.

Selanjutnya, Anies juga mengajak publik agar tetap menghormati proses pemilu dan menghargai kerja-kerja demokrasi. Suara yang telah disalurkan oleh rakyat harus tersampaikan dengan akurat.

“Tentu menghormati proses Pemilu artinya memastikan setiap suara rakyat tersampaikan dan terhitung dengan akurat,” ungkap Anies.

Selain itu pun, mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut juga menyerukan agar relawan dan pendukungnya tetap menjaga semangat dan optimisme. Sebab itulah, kata Anies gerakan perubahan masih berlanjut.

“Bahwa gerakan perubahan masih dan akan terus berjalan, dan yakin bahwa Insyallah akan mencapai tujuan panjangnya,” kata Anies.

Anies Baswedan juga mengajak kepada masyarakat untuk terus menjaga dan merawat nurani. Anies memastikan, bakal terus berada di barisan yang memperjuangkan perubahan.

“Kemajuan Indonesia harus terus kita upayakan, bahkan ketika pintu perubahan itu terlihat sangat sempit. Dan saya akan mengulangi kembali apa yang saya sampaikan kemarin, saya akan tetap dan terus membersamai gerakan perubahan,” ujar Anies.

Anies Sebut Jangan Sampai Ada Suara yang Tiba-tiba Hilang

Calon presiden (capres) nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengajak kepada seluruh pendukungnya untuk tetapi mengawasi perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024. Hal tersebut disampaikan Anies dalam acara kampanye terbuka di Gedung Adi Poday, Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada hari Rabu, 31 Hanurari 2024.

Anies juga memintapara  pendukungnya tidak hanya sekedar mencoblos nomor urut 01 saja, tapi juga mengawasi proses perhitungan suara. “Kami mohon kepada semua, nanti pada tanggal 14 datang ke TPS, lalu siangnya awasi penghitungan,” ungkap Anies.

Dalam kesempatan tersebut, Anies Baswedan juga menyinggung listrik yang mati ketika dirinya kampanye di tempat tersebut. dia tidak ingin suara rakyat tiba-tiba hilang setelah mencoblos.

“Jangan sampai nanti seperti listrik, tahu-tahu hilang (mati), jangan sampai nanti suaranya tahu-tahu hilang, betul tidak?” ucap Anies. Di hadapan para pendukungnya, Anies menceritakan keluhan yang diterima dari berbagai kalangan masyarakat setiap dirinya bersama Muhaimin kampanye di berbagai daerah.

Anies Ingatkan Kepada Massa Pendukung Tetap Jaga Optimisme dalam Gerakan Peruhaban

Calon presiden (capres) nomor urut satu dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan, mengajak kepada para pendukungnya untuk tetap menghormati segala proses pemilihan umum (Pemilu) 2024. Meski begitu, dia mengingatkan perjuangan untuk menghadirkan Pemilu yang baik belum usai.

“Tetap hormati proses Pemilu dan menghargai kerja-kerja demokrasi yang telah dan sedang bekerja. Tentu menghormati proses Pemilu artinya memastikan setiap suara rakyat tersampaikan dan terhitung dengan akurat,” jelas Anies melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan, dikutip pada hari Jumat 16 Februari 2024.

Oleh sebab itulah, Anies Baswedan juga mengajak kepada massa pendukung agar tetap menjaga semangat dan optimisme untuk memperjuangkan perubahan. Optimisme, kata Anies harus terus dihidupkan.

“Tetap jaga semangat tinggi, jaga optimisme bahwa gerakan perubahan masih dan akan terus berjalan, dan yakin bahwa InsyaAllah akan mencapai tujuan panjangnya,” kata Anies.

Lebih lanjutnya lagi, Anies Baswedan pun mengaku bangga dengan semua pendukung dan relawan yang telah berjuang di jalan perubahan. Sebab, kata Anies telah sudi berjuang melalui berbagai tantangan.

“Selama 1,5 tahun kita menjalankan gerakan perubahan dengan semangat yang membara, menerobos segala tantangan, menghadapi lawan dengan kekuatan yang amat besar. Sungguh suatu capaian luar biasa bahwa kita telah sampai di titik ini dan kita semua bangga, saya bangga,” ungkap Anies.

Anies menyerukan bahwa kemajuan Indonesia harus terus diupayakan. Bahkan, ujar Anies ketika pintu perubahan terlihat sangat sempit.

“Dalam kesempitan kita harus lihat sebagai kesempatan. Saya akan mengulangi kembali apa yang saya sampaikan kemarin, saya akan tetap dan saya akan terus membersamai gerakan perubahan,” tutur Anies.

Timnas AMIN Sempat Beberapa Kali Bertemu dengan Kubu Ganjar Bahas Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) mengaku sempat beberapa kali bertemu dengan tim Ganjar-Mahfud terkait dengan dugaan kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kami membuka diri. Kita punya kepentingan yang sama untuk tegakkan hukum dan demokrasi, kita buka diri untuk itu. Kita sudah komunikasi sama mereka. Beberapa kali bertemu, nanti kita tindak lanjuti,” ungkap Ari Yusuf Amir selaku Ketua Tim Hukum Nasional (THN) Timnas AMIN di Jakarta, pada hari Jumat, 16 Februari 2024.

Yusuf juga mengatakan bahwa sudah jelas ada kecurangan dalam Pemilu 2024. “(Pemilu 2024 indikasi) Curang, bukan indikasi, sudah curang ya,” pungkas Yusuf.

Sebelumnya, PDI Perjuangan (PDIP) berencana menjalin komunikasi dengan tim pemenangan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, terkait pembentukan tim khusus yang fokus mengumpulkan berbagai dugaan kecurangan dalam Pilpres 2024.

“Kami berkomunikasi dengan tim 01 (untuk membentuk tim khusus),” jelas Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, pada hari Rabu 15 Februari 2024.

Menurut Hasto, tim pemenangan Anies-Muhaimin sudah memiliki rencana sendiri, sehingga mereka akan melakukannya di jalan masing-masing.

Kendati pun demikian, Hasto mengaku pihaknya terbuka terhadap para tokoh yang terpanggil hati nuraninya untuk bergabung dalam tim khusus ini.

“Sehingga dalam proses, misalnya sidang di MK, ini akan menjadi bukti-bukti yang berbeda di mata hukum,” kata Hasto sebagaimana yang dilansir dari Antara.

Pernyataan Hasto tersebut merespons hasil quick count Pemilu 2024 yang menunjukkan angka kemenangan bagi pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan ini unggul lebih dari 50 persen yang mengindikasikan Pilpres 2024 hanya berlangsung satu putaran.

Posisi kedua ditempati Anies-Muhaimin. Sementara pasangan yang diusung PDIP, yakni Capres-Cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md hanya berada di posisi ketiga.

PM Singapura Lee Hsien Loong Ucapkan Selamat Kepada Prabowo yang Unggul di Quick Count Pemilu 2024

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan selamat via telepon kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam quick count hasil pemilu 2024.

Selain itu juga, keduanya juga sempat membahas peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura.

“Lee dan Prabowo membahas hubungan bilateral yang sangat baik”, ungkap sekretaris pers dari Perdana Menteri Chang Li Lin, sebagaimana yang dilansir dari CNA, pada hari Kamis 15 Februari 2024.

“Para pemimpin juga setuju mengenai pentingnya mengidentifikasi bidang kerja sama baru dan saling menguntungkan,” tambahnya lagi.

Selain Prabowo, PM Singapore tersebut juga menyempatkan menelepon Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan mengucapkan selamat atas kesuksesan penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

“Selama masa jabatan mereka, PM Lee dan Presiden Jokowi memperkuat hubungan erat antara Singapura dan Indonesia melalui penyelesaian masalah bilateral yang sudah berlangsung lama, dan memetakan bidang kerja sama baru di bidang keberlanjutan, ekonomi digital, dan pengembangan sumber daya manusia,” ungkap Chang.

Sebelumnya, dalam otoritasnya sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo pernah melakukan pertemuan dengan PM Lee pada 11 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo menyampaikan apresiasi kepada PM Lee Hsien Loong atas kontribusinya dalam mendorong peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara.

“Kami mendukung penuh agar kerja sama pertahanan yang kuat antara Indonesia dan Singapura dibangun dengan berpedoman pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan penghormatan penuh terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan hukum internasional,” ungkap Menhan Prabowo kala itu.

Presiden Jokowi Turut Berikan Komentarnya

Menanggapi unggulnya suara yang telah diperoleh oleh pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran, Jokowi pun mengatakan quick count juga merupakan metode penghitungan suara yang ilmiah.

Akan tetapi, dirinya pun mengingatkan agar semua pihak tak terburu-buru menanggapi hasil quick count Pilpres 2024 yang dirilis berbagai lembaga survei. Jokowi meminta semua pihak menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Tapi apa pun kita harus menunggu hasil resmi dari KPU. Jadi sabar. Ojo kesusu. Sabar,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah memberikan selamat langsung kepada Prabowo, usai melihat hasil quick count. Dia juga telah bertemu langsung dengan Prabowo pada Rabu 14 Februari 2024 malam.

“Selamat, selamat. Ketemu ketemu langsung udah semalam,” ucap Jokowi.

OSO Ungkap Ada Banyak UU yang Dilanggar oleh Paslon 02 Prabowo-Gibran yang Unggul di Quick Count

Di sisi lainnya pun, menanggapi unggulnya suara Prabowo di quick count, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menilai bahwa ada banyak undang-undang yang dilanggar dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Ada banyak undang-undang (UU) yang dilanggar ngerti enggak? Nanti UU yang dilanggar itu akan muncul pada beberapa hari loh,” kata Oso, saat diwawancarai di High End, Jakarta, pada hari Kamis 15 Februari 2024, sebagaimana yang dikutip dari kanal resmi Liputan6.

“Kalau pelanggaran UU itu pasti akan pelanggaran kepada republik Indonesia dan itu bahaya, ngerti? Nah kita tidak mau berandai-andai ada pasal-pasal di situ jelas yang dilanggar,” sambung OSO.

Ketua Umum Partai Hanura tersebut juga memberikan contoh, di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) maksimal suara yang diperoleh seharusnya 300, namun yang terjadi pasangan nomor urut 02, Prabowo-Gibran mampu memperoleh hingga 700 suara.