google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Aplikasi Tidak Bisa Dibuka, Kenapa Ya?

Aplikasi tidak bisa dibuka
Source : http://www.pixabay.com

Pada sebuah handphone, aplikasi merupakan bagian yang cukup penting karena dapat membantu penggunanya untuk menunjang bermacam aktivitas sehari-hari. Demikian pentingnya hingga ketika aplikasi tidak bisa dibuka, akan menjadi masalah bagi penggunanya.

Terlebih lagi saat ini banyak pengguna handphone yang menggunakan aplikasi pesan singkat, jejaring sosial, email, dan editor foto, video maupun dokumen untuk pekerjaan utamanya.

Sementara itu aplikasi seperti video streaming, music streaming, dan game banyak dimanfaatkan sebagai sarana hiburan melepas penat atau jenuh. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat aplikasi di handphone menjadi sangat tidak terpisahkan untuk rutinitas harian para penggunanya.

Namun pastinya kamu sebagai pengguna akan merasa kesal apabila secara tiba-tiba aplikasi tidak bisa dibuka di handphone. Padahal beberapa saat yang lalu aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala berarti. Kok bisa ya?

Penyebab Ada Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka

  1. Kapasitas Penyimpanan Internal Penuh

Penuhnya kapasitas penyimpanan internal handphone ternyata bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi tidak bisa dibuka karena biasanya sebuah aplikasi membutuhkan ruang yang cukup untuk bisa memproses data yang dibutuhkan. Biasanya, kamu harus menyisakan setidaknya kapasitas penyimpanan internal sebesar 4 GB agar sistem bisa membuka aplikasi dan menjalankan fungsinya dengan lancar dan tanpa masalah.

Oleh sebab itulah, pastikan bahwa aplikasi yang terpasang di dalam handphone kamu memang benar-benar dibutuhkan dan digunakan. Sebab meskipun jarang digunakan, tetap saja aplikasi yang telah terpasang akan memakan sebagian memori dalam handphone kamu.

2. Bug Pada Aplikasi

Bug juga dapat menyebabkan beberapa bagian pada aplikasi bermasalah atau error sehingga membuatnya tidak dapat dibuka. Apabila proses restart tidak berhasil membuat aplikasi kembali terbuka, maka kamu bisa mencoba untuk menghapus aplikasi dan memasangnya kembali. Hal itu dilakukan agar memastikan aplikasi tidak ada perubahan atau modifikasi.

Akan tetapi, ketika sewaktu-waktu aplikasi tidak bisa dibuka, maka kamu dapat mengirimkan keluhan dan saran secara langsung kepada pengembangnya agar selanjutnya dapat diperbaiki pada pembaruan aplikasi versi selanjutnya.

3. Aplikasi Terkena Serangan Virus

Terkadang pada waktu kamu mengakses sebuah situs atau mengunduh aplikasi dari pihak ketiga yang tidak terjamin keamanannya bisa saja ada yang menyusupkan virus di dalamnya. Hal tersebut bisa membuat aplikasi berjalan tidak sebagaimana mestinya sehingga memunculkan peringatan ataupun notifikasi yang mengatakan bahwa aplikasi tidak bisa dibuka.

Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba install antivirus dan langsung melakukan scan untuk memindai aplikasi-aplikasi yang dicurigai terkena virus agar kemudian bisa ditangani dengan baik. Oleh karena itu kamu sebaiknya selalu install aplikasi dari toko aplikasi resmi atau selalu berhati-hati ketika mengunjungi situs tertentu di aplikasi peramban handphone kamu.

4. Aplikasi Perlu Update

Ada kalanya pengembang aplikasi melakukan update atau pembaruan secara besar-besaran sehingga kamu diharuskan mengunduh aplikasi versi terbaru untuk bisa tetap menggunakan aplikasi tersebut di perangkat kamu.

Pada umumnya, pengembang akan melakukan pengumuman melalui situs resmi atau memunculkan notifikasi yang mengatakan bahwa kamu harus melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Nantinya apabila aplikasi tidak diperbarui, maka biasanya pengguna tidak akan bisa membuka aplikasi versi lama sama sekali.

Untuk itulah kamu sebaiknya selalu melakukan update aplikasi secara berkala agar tidak mengalami berbagai masalah di kemudian hari. Selain itu, kamu juga bisa memantau Google Play Store agar bisa mengetahui apakah ada aplikasi yang mendapatkan atau memerlukan update atau tidak.

5. Sistem Operasi Tidak Kompatibel

Setelah melakukan update ke versi terbaru, kadang-kadang pengembang akan memberitahukan bahwa aplikasinya hanya dapat mendukung sistem operasi tertentu dan menghilangkan kompatibel dengan versi yang lama. Sedangkan untuk aplikasi yang baru pun biasanya memiliki syarat minimal sistem operasi apa yang telah mendapat dukungan.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan update versi pada sistem operasi handphone. Akan tetapi apabila hal tersebut tidak bisa dilakukan, maka kamu terpaksa harus kembali mencari aplikasi versi lama yang kompatibel ataupun mencari aplikasi alternatif yang sejenis.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab umum aplikasi tidak bisa dibuka di handphone kamu. Yang terpenting adalah selalu memasang aplikasi melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play Store agar terhindar dari virus yang menyusup da menyerang aplikasi maupun handphone kamu sendiri. Selain itu, pilih aplikasi yang benar-benar kamu digunakan untuk menghindari memori internal handphone penuh akan aplikasi yang tidak betul-betul difungsikan.