google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Arsenal Dihajar Hibernian di Laga Uji Coba

Hibernian vs Arsenal
Arsenal tersungkur di laga pre-season melawan tim peserta Liga Skotlandia, Hibernian.

cr photo: The Short Fuse

Hasil buruk diraih kesebelasan Arsenal saat menjalani pertandingan uji coba pres season menghadapi Hibernian. Menjalani pertandingan tandang ke Easter Road, Edinburg, Arsenal sedianya menguasai penuh jalannya pertandingan. Beberapa pemain utama juga diturunkan Arteta di pertandingan ini. Akan tetapi buruknya koordinasi antar lini membuat The Gunners alami kesulitan hebat di sepanjang laga melawan Hibernian. Alhasil bukannya meraih kemenangan, Tim Meriam London malah tersungkur. Arsenal harus rela dikalahkan tim peserta liga Skotlandia itu dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Dua gol penentu kemenangan Hibernian di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Martin Boyle dan Daniel MacKay. Sedangkan satu satunya gol balasan skuad asuhan Mikel Arteta dicetak oleh Emile Smith-Rowe. Secara statistik Arsenal sebenarnya jauh lebih mendominasi. Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 65 persen berbanding 35 persen. Jumlah tembakan pun Arsenal unggul dengan total 19 tembakan berbanding 7 tembakan. Sayang disiplinnya skuad Hibernian di laga ini membuat mau tak mau The Gunners alami kekalahan mereka di laga perdana pre-season.

Untuk Hibernian, jelas hasil ini adalah kemenangan yang penting untuk menambah kepercayaan diri para pemainnya untuk melakoni laga Liga Skotlandia musim baru yang akan segera dimulai. Sedangkan bagi Arsenal, kekalahan ini tak cuma mengecewakan namun juga cukup memalukan melihat perbedaan level antara mereka dan sang lawan. Kekalahan ini jelas akan dijadikan pelajaran bagi Arteta dan bahan evaluasi untuk mendapatka skuad dan sistem permainan terbaik untuk musim 2021-2022.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Arsenal menjalani laga pre-season perdana mereka dengan menghadapi Hibernian, klub peserta Liga Skotlandia di Easter Road, Edinburg. Memiliki kualitas dua level di atas Hibernian, The Gunners tanpa menunggu waktu langsung tancap gas. Meski kemenangan ataupun kekalahan tak menentukan apapun, namun skuad asuhan Mikel Arteta tetap mengincar hasil maksimal di laga ini.

Akan tetapi alih alih melesakkan gol perdana, Arsenal malah harus kebobolan terlebih dulu di menit ke-21 babak pertama. Berawal dari blunder kiper Arsenal, bola berhasil direbut striker lawan, yakni Martin Boyle. Tanpa kesalahan Boyle sukses menyarangkan bola ke gawang kosong untuk membawa Hibernian sementara memimpin atas sang lawan dengan skor 1-0.

The Gunners yang tertinggal berusaha untuk menyamakan kedudukan dengan menaikan intensitas serangan. Mereka sebenarnya punya peluang emas melalui aksi Eddie Nketiah. Berhasil merebut bola dari bek lawan, sayang ia gagal maksimalkan kondisi satu lawan satu dengan kiper. Sepakannya malah menyamping, sehingga babak pertama selesai dengan skor 1-0 tetap untuk keunggulan Hibernian.

Babak Kedua

Saat memasuki jalannya pertandingan babak kedua, The Gunners semakin menguasai laga demi bisa mengejar ketertinggalan. Tetapi gawang mereka di luar dugaan malah kembali dibobol oleh sang lawan. Diawali sepak pojok, Hanlon sukses menanduk bola ke tiang jauh. Daniel MacKay yang berdiri bebas sukses meneruskan bola masuk ke gawang lawan untuk gandakan keunggulan Hibernian menjadi 2-0.

Usaha keras Meriam London baru terealisasi saat pertandingan babak kedua memasuki menit ke-82 babak kedua setelah melewati lusinan peluang. Emile Smith-Rowe sukses memaksimalkan peluang yang ia dapat untuk mencetak gol dan menipiskan ketertinggalan timnya menjadi 2-1.

Sayang sekali sisa waktu yang ada tak cukup bagi The Gunners untuk bisa memperkecil ketertinggalan. Alhasil skor 2-1 tak berubah sampai laga selesai dan Arsenal harus menerima kenyataan, kalah dari Hibernian.

Susunan Pemain Hibernian vs Arsenal

Hibernian (4-4-2): Matthew Ryan Macey, Paul McGinn, Ryan Porteous, Paul Hanlon, Lewis Stevenson, Steven Bradley, Alex Gogic, Joe Newell, Martin Boyle, Scott Allan, Kevin Nisbet.

Arsenal (4-4-2): Arthur Okonkwo, Sead Kolasinac, Pablo Mari, Harry Clarke, Cedric Soares, Willian Borges, Ainsley Maitland-Niles, Mohamed Elneny, Reiss Nelson, Pierre-Emerick Aubameyang, Eddie Nketiah.