Arsenal Ingin Pulangkan William Saliba dari Marseille

William Saliba
Arsenal akan bawa pulang William Saliba dari Marseille.

cr photo: TEAMTalk.

Arsenal kemungkinan besar akan mendapat tambahan di lini belakang, dengan bergabungnya seorang William Saliba. Ia merupakan pemain milik Arsenal yang sepanjang musim ini memperkuat raksasa Ligue 1, yaitu Marseille. Mikel Arteta selaku pelatih Arsenal, mengaku bahwa dirinya akan memasukkan nama Saliba ke dalam rencana tim untuk musim depan. Oleh sebab itu, pada bursa transfer musim panas ini manajemen The Gunners akan merefuse beberapa tawaran untuk Saliba, dan memilih memulangkannya ke London.

Pertama kali Arsenal mendatangkan seorang William Saliba adalah di tahun 2019 lalu dari klub Ligue 1, yaitu Saint-Etienne. Akan tetapi karena usianya yang masih cukup muda membuat manajemen Arsenal memilih untuk menyekolahkan lebih dulu Saliba ke klub lain. Beberapa klub Ligue 1 pun menjadi tempat Saliba berkembang seperti Nice sampai Marseille. Bahkan bisa dibilang sejak tahun 2019 itu, walau sudah merupakan bagian Arsenal, Saliba belum pernah sekalipun membela Panji The Gunners.

Namun sepertinya keputusan Arsenal untuk meminjamkan Saliba ke tim tim lain sangat tepat. Pada satu musim terakhir ini, Saliba menjalani masa peminjaman di Marseille. Bersama skuad asuha Jorge Sampaoli itu, Saliba menunjukkan penampilan yang impresif. Bersama Duje Caleta-Car dan Boubacar Kamara, Saliba adalah tiga pemain bertipikal bertahan yang tak tergantikan musim ini. Bahkan hasilnya, Saliba sukses membuat Marseille finish sebagai runner-up Ligue 1, dan mereka dipastikan akan bermain di UCL musim depan.

William Saliba Akan Pulang ke Arsenal

Sempat menyatakan ingin bertahan di Marseille dan merasakan bermain di Liga Champions, sayangnya harapan Saliba itu tak akan terlaksana. Pasalnya, di musim panas ini, Mikel Arteta sudah bersiap untuk menariknya pulang ke Arsenal. Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut mengatakan bahwa bek muda itu akan masuk ke dalam rencana dari skuadnya untuk musim depan.

Walaupun dalam beberapa musim sempat muncul kabar dan rumor kurang baik terkait keputusan Arteta meminjamkan Saliba, tapi pada akhirnya Arteta memang tetap menariknya kembali. Karena menurut Arteta, masa peminjamannya akan berguna untuk perkembangan sang pemain, apalagi Saliba masih muda. Saat ini Arteta menilai bahwa pengalaman dan kualitasnya sudah lebih dari cukup untuk giliran membantu Arsenal terbang tinggi musim depan.

Pernyataan Arteta

“Saliba harus kembali ke sini, dia sudah memiliki pengalaman dan merasakan bagaimana lingkungan yang cocok untuk bermain di level kompetitif seperti yang kami lakukan. Apabila ia akan mulai bermain bersama kami musim ini, dan ami hanya cukup memainkan satu laga di setiap pekannya pada ajang EPL, serta dengan adanya Ben White dan Gabriel di sana, saya bisa menyebut bahwa ia tak akan bisa mendapat banyak waktu bermain.” ujar Arteta dikutip daro RMC Sport.

“Apabila ia (dulu) memang bertahan disini, dia tentu saja tak akan mendapatkan waktu bermain sebanyak apa yang ia dapatkan di Marseille. Demi perkembangannya, juga demi kontribusinya musim depan, kondisi seperti itu jelas tak akan bagus (mendapat banyak pesaing).” lanjutnya.

“William tidak bermain bersama kami karena ia jelas tak akan mendapatkan banyak waktu bermain untuk mendapatkan pengalaman. Itu saja alasannya, tak ada yang lain.” jelas Arteta.

William Saliba musim ini total bermain sebanyak 51 kali bersama Marseille di semua kompetisi. Angka itu jelas membuktikan betapa pentingnya sosok Saliba di skuad Jorge Sampaoli meski tak sumbangkan gol maupun assist.