google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Aset Kripto Semakin Populer, Apa Kelebihannya?

Aset Kripto semakin populer
Source : http://www.pixabay.com


Menurut kementrian perdagangan, potensi aset kripto semakin populer di Indonesia. Bahkan diprediksi akan semakin besar dan bisa menjadi salah satu kontributor pendapatan negara Indonesia. Boleh jadi suatu saat bisa jadi dengan berjalannya waktu aset kripto bisa berkontribusi kepada negara.
Dalam usaha mempercepat pendirian bursa perdagangan khusus aset kripto dengan mengingat potensinya yang besar, wakil menteri Perdagangan Jerry Sambuaga pernah menegaskan terkait hal diatas secara riil perdagangan aset kripto di Indonesia telah mencapai Rp. 300 Triliun.
Masih dijelaskan oleh Jerry Sambuaga dalam penegasannya bahwa negara dapat melakukan fungsi pengawasan, pencatatan dan juga pengelolaan potensi serta potensi dan perlindungan konsumen dengan bursa. Oleh sebab itu bursa kripto ini harus segera didirikan.
Perlu kita ketahui bahwa saat ini bursa yang khusus untuk aset kripto belum terbentuk. Hal ini mengakibatkan aset kripto belum tercantum dalam data perdagangan secara resmi. Tetapi meski demikian pemerintah negara Indonesia akan terus memetakan berbagai potensi produk keuangan digital. Salah satunya yaitu dengan membentuk jaringan digital perdagangan dalam bentuk mengadakan kerja sama dengan pemangku kepentingan.
Kelebihan Aset Kripto
Potensi aset kripto di Indonesia memang sangat besar. Namun sebelum anda memutuskan untuk bergabung menjadi investor pada mata uang kriptografi, Anda juga perlu mengetahui beberapa kelebihan daripada aset kripto tersebut, simak dibawah ini kelebihan berivestasi di kripto:
Mempunyai Kecepatan dan Kemudahan
Kelebihan yang pertama dari aset kripto yaitu tentang kecepatan dan kemudahan. Kita dapat melakukan transaksi secara cepat dan instan dengan cara menggunakan kripto sebagai mata uang.
Contohnya saja saat kita akan melakukan transfer ke rekening luar Indonesia, kita harus melakukan transaksi tersebut pada hari dan jam kerja kantor. Lain halnya jika kita bertransaksi dengan menggunakan aset kripto kita bisa melakukan transaksi transfer tersebut kapan saja tanpa batas waktu kerja.
Keamanan
Banyak para investor yang tertarik pada mata uang kriptografi ini karena terjamin keamanannya. Zaman sekarang ini keamanan menjadi faktor yang paling penting, karena mengingat sangat banyak terjadi pencurian data yang bersifat kredensial.
Pihak bank yang telah kita percaya untuk menyimpan dan menjaga rahasia atas data-data nasabahnya pun bisa dengan mudah membagikan data tersebut kepada pihak lain. Hal inilah yang membuat beberapa orang lebih memilih menyembunyikan identitasnya pada saat melakukan transaksi.
Kenaikan Harga Mata Uang yang Berpotensi Besar
Keunggulan yang selanjutnya yaitu potensi aset kripto di Indonesia yang sangat besar. Dengan hal ini tentu saja bisa memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pemilik mata uang atau investor.
Sebagian orang yang telah membeli bitcoin beberapa tahun silam pada saat harganya masih rendah. Dan ketika harga bitcoin naik mereka menjualnya, sehingga mereka akan kaya raya karena telah mendapat keuntungan yang sangat besar. Potensi kenaikan mata uang inilah yang membuat banyak orang kemudian tertarik mengikuti investasi pada aset kripto
Menghindari Pemalsuan Uang
Di Indonesia saat ini pemalsuan uang bukan menjadi hal yang baru. Tidak sedikit orang yang tidak bertanggung jawab melakukan transaksi untuk membeli barang dengan menggunakan uang atau kartu debit palsu.
Nah, dengan mata uang yang berbasis kriptografi kemungkinan tersebut akan berkurang. Sebab kripto ini di rancang agar tidak mudah digunakan sebagai alat transaksi oleh orang lain. dan aset kripto juga tidak mudah untuk dipalsukan, dengan begitu Anda sebagai pengguna tidak akan merasa khawatir dan lebih bisa merasa aman akan data-data yang bersifat credensial.
Kelemahan Aset Kripto
Aset kripto tidak hanya memberikan berbagai jenis keuntungan, tetapi didalamnya juga terdapat beberapa kelemahan. Bagi anda yang ingin berinvestasi maka harus memahami semua tentang aset kripto, tak terkecuali kelemahannya. Simak penjelas di bawah ini tentang beberapa kelemahan aset kripto :
Pelanggaran Hukum
Kelemahan dari aset kripto yang pertama yaitu adalah potensi akan adanya pelanggaran hukum. Hal ini disebabkan oleh regulasi di beberapa negara yang tidak menyetujui penggunaan aset berupa kripto. Seperti halnya bitcoin dan juga libra yang digunakan untuk melakukan transaksi.
Aturan seperti ini juga berlaku di negara Indonesia. Hal ini memang bisa dibilang sangat memprihatinkan, padahal dengan Anda melakukan investasi pada mata uang yang berbasis kriptografi dapat menjadi peluang yang sangat bagus untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
Tet

Meskipun demikian tidak semua negara melarang adanya penggunaan bitcoin sebagai alat transaksi keuangan. Hal ini terbukti karena beberapa negara eropa seperti Swedia sangat terbuka untuk menerima datangnya bitcoin dan mata uang yang sejenis. Bahkan negara tersebut sudah merencanakan untuk meluncurkan cryptocurrency milik negara tersebut sendiri.
Memiliki Volatilitas yang Tinggi
Perlu kita ketahui bahwa aset kripto merupakan mata uang yang belum lama di kenal oleh berbagai masyarakat dunia. Kehadiran mata uang kripto ini bahkan belum ada 10 tahun. Hal itulah yang menyebabkan volatilitas mata uang sepeti ini sangat tinggi. Nilai mata uang bisa mengalami kenaikan yang sangat cepat, begitupun sebaliknya bisa mengalami penurunan nilai secara drastis.
Akan sulit bagi kita kita untuk mengira dan memprediksi bagaimana nilai mata uang ini di masa yang akan datang. Sehingga, selain keuntungan yang di peroleh besar, potensi kerugiannya pun juga sangat besar. Sifat aset Kripto yang berada di tengah-tengah antara keuntungan dan kerugian ini yang perlu kita pertimbabangkan baik-baik.
Lupa Dengan Kunci Wallet
Penggunaan wallet merupakan satu hal yang sangat penting dalam hal berinvestasi menggunakan mata uang kripto. Uang kripto atau uang digital yang kita miliki akan di tampung di dalam sebuah rekening bernama digital wallet. Dengan kita menggunakan wallet maka kita akan membutuhkan kunci agar bisa membukanya. Pengaturan kunci tersebut dapat berupa penggunaan pin atau password sebagai kunci.

Masalah akan muncul ketika pemilik akun lupa atau kehilangan kata kunci digital wallet mereka, mengingat akun digital saat ini masih rentan terhadap peretasan. Tentu saja apabila hal itu terjadi akan menimbulkan kerugian bagi pemiliki aset kripto tersebut.

Demikian tadi penjelasan tentang potensi aset kripto di Indonesia yang besar serta beberapa keuntungan dan juga kelemahan dalam melakukan investasi pada mata uang kripto. Anda sebagai calon investor alangkah baiknya untuk mempelajari peluangnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan investasi menggunakan aset kripto tersebut.