google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

AZ Factory Akan Meluncurkan Koleksi Terakhir Rancangan Mendiang Alber Elbaz

AZ Factory Akan Meluncurkan Koleksi Terakhir Rancangan Mendiang Alber Elbaz (Foto: mctimes.co.uk)

AZ Factory mengumumkan rencananya untuk meluncurkan dua koleksi yang rancangannya sepenuhnya diselesaikan oleh Alber Elbaz sebelum tutup usia. Sebelumnya, pada bulan April industri mode dunia dikejutkan atas kabar kematian Alber Elbaz yang mendadak karena komplikasi Covid-19 pada 24 April 2021.

Alber Elbaz sendiri merupakan desainer berbakat asal Israel yang dikenal karena kejeniusannya dalam dunia mode. Berkat tangan dinginnya, ia berhasil menghidupkan kembali lini Lanvin serta menjabat sebagai direktur kreatif sejak 2001 hingga 2015. Ia juga sempat bergabung dengan berbagai merek papan atas, seperti Yves Saint Laurent, Guy Laroche, dan Geoffrey Beene sebelum memutuskan untuk mendirikan sendiri rumah modenya bersama Richemont, AZ Factory.

Menyusul pengumuman perilisan koleksi terakhir Elbaz tersebut, perwakilan dari AZ Factory menyatakan bahwa mereka akan memberikan special tribute selama Paris Fashion Week 2022 untuk koleksi pakaian wanita musim semi dan musim panas yang berlangsung mulai 27 September sampai 5 Oktober 2021. Acara tersebut akan merayakan kehidupan dan pekerjaan luar biasa dari Elbaz serta memberikan penghormatan kepada visi kreatif serta semangat kegembiraannya.

Alber Elbaz (Foto: bbc.com)

“Dunia telah kehilangan seorang legenda dan tim AZ Factory telah kehilangan seorang teman tercinta dengan meninggalnya Elbaz secara tiba-tiba. Kami merasa rendah hati dan tergerak untuk meluncurkan dua cerita produk terakhir yang telah dia selesaikan bersama tim. Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan berkumpul untuk menghormati Elbaz dengan merayakan hidupnya dan karya visionernya, yang bertujuan untuk membawa tingkat gairah dan cinta yang sama yang dia bawa kepada kami setiap hari,” ungkap CEO AZ Factory, Laurent Malecaze.

AZ Factory juga akan meluncurkan dua kisah produk pada bulan ini, bersamaan dengan rencana tribute terhadap pendirinya. Kisah produk yang pertama adalah ‘SuperTech-SuperChic’ yang telah diungkap secara online pada minggu couture di bulan Januari. Koleksi tersebut akan mulai tersedia pada tanggal 12 Juni 2021 untuk menandai ulang tahun Alber Elbaz yang ke-60.

Koleksi ‘SuperTech-SuperChic’ ini akan menghadirkan item dengan konsep hi-tech ke high-fashion yang pastinya menarik. Potongan-potongan tersebut dibuat menggunakan serat mikro nilon yang telah diwarnai dengan bahan ramah lingkungan serta secara tradisional digunakan dalam pakaian aktif.

AZ Factory (Foto: dezeen.com)

Selain itu, AZ Factory juga telah menciptakan detail tenunan yang terinspirasi oleh keahlian couture yang merupakan hasil dari pengembangan teknologi 3D dari rumah mode tersebut. Tenunan ini juga menciptakan couture atletik, yaitu pendekatan baru untuk pakaian formal yang tetap nyaman dipakai serta breathable tanpa peduli musim.

Setelah koleksi ‘SuperTech-SuperChic’, AZ Factory juga akan meluncurkan kisah produk yang kedua, yaitu ‘Free To’. Koleksi ini belum pernah dilihat sebelumnya rancangan Alber Elbaz yang telah ia selesaikan di minggu-minggu terakhirnya bersama tim.

Berbagai fashion item yang termasuk dalam koleksi ‘Free To’ adalah pakaian santai dengan gaya khas Elbaz yang dilengkapi degan pita satin bermata mentah dengan detail metalik. Tersedia pula elevated hoodies, celana olahraga dari kain ramah lingkungan dengan huruf tebal sulaman tangan, serta oversized sweatshirt lavender dengan pita bertuliskan ‘Kiss’.

Sejalan dengan Pride Month yang jatuh di bulan Juni, koleksi ini juga akan mendukung kaum muda LGBTQ+ sesuai dengan keinginan mendiang Alber Elbaz. Sebagian dari hasil penjualan koleksi tersebut akan disumbangkan ke It Gets Better Project yang memiliki misi untuk mengangkat, memberdayakan, serta menghubungkan kaum muda LGBTQ+ di seluruh dunia.

Tambahan Kategori Tas Tangan AZ Factory (Foto: ww.fashiounited.uk)

Selain koleksi pakaian, AZ Factory juga mengumumkan adanya kategori produk baru pada koleksinya, yaitu tas tangan. Lini tas tangan ini akan menampilkan desain yang sesuai dengan gaya Elbaz dan bertujuan untuk memungkinkan wanita bebas memeluk dan merasa dipeluk.

Koleksi tas tersebut dibuat dengan bahan nilon berfrekuensi tinggi yang dibentuk serta digambarkan sebagai modular untuk dikenakan di bahu, selempang, di pinggang, atau bahkan dipegang di tangan. Tas-tas tersebut juga didesain dengan fitur multi-tali, sehingga febih fleksibel dan dapat disesuaikan degan perlengkapan rantai ringan untuk kesan yang berbeda pada penampilan sesuai selera.

Meski telah ditinggalkan oleh pendirinya, AZ Factory tetap berkomitmen untuk menghadirkan koleksi-koleksi terbaiknya bagi para penggemar mode. Tentu semua itu tidak lepas dari nilai-nilai serta gaya khas yang telah ditanamkan oleh Alber Elbaz sebagai pendiri sekaligus desainer merek.