Bambang Susantono Resmi Tak Lagi Jabat Kepala Otorita IKN

Kabar cukup mengejutkan datang dari IKN (Ibu Kota Nusantara), di mana Kepala Otorit IKN, yaitu Bambang Susantono resmi melepas jabatannya tersebut. Ibu Kota Nusantara atau IKN sendiri merupakan proyek pembangunan Ibu Kota Negara baru yang tengah dilakukan oleh pemerintahan. Berlokasi di pulau Kalimantan, IKN direncanakan bakal menjadi pusat pemerintahan Indonesia yang baru menggantikan DKI Jakarta. Bambang Susantono sendiri merupakan Kepala Otorita IKN (OIKN) yang mengemban tugas untuk memimpin pembangunan ini. Akan tetapi baru-baru ini Bambang dikabarkan resmi mundur dari jabatannya sebagai Kepala Otorita IKN (OIKN).

Sosok Bambang Susantono sendiri bukanlah orang sembarangan, sebelum dipercaya menjabat sebagai Kepala OIKN, ia sudah beberapa tahun mengabdi kepada negara di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tokoh kelahiran Yogyakarta, 4 November 1963 tersebut merupakan lulusn sarjana di Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, ia juga memiliki gelar Doktor usai menyelesaikna pendidikan S2 di University of California dengan dua jurusan yang berebeda, yaitu Tata Kota dan Teknik Transportasi, serta Perencanaan Infrastruktur.

Pada era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Bambang dipercaya menjabat sebagai Menteri Perhubungan pada tahun 2009 lalu. Tak hanya itu, beberapa jabatan tinggi juga pernah ia pegang dari mulai Komisaris PT Garuda Indonesia Tbk, sampai dengan Vice-President of Knowledge Management and Sustainable Development of the Asian Development Bank pada tahun 2015. Sementara itu di IKN sendiri Bambang resmi dilantik sebagai Kepala OIKN oleh Presiden Joko Widodo langsung di bulan Maret tahun 2022 lalu.

Resmi Mundur

Setelah dua tahun berlalu, di tengah proyek yang masih berjalan, Bambang Susantono dikabarkan resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Otorita IKN. Kabar ini cukup mengejutkan, terlebih momennya hanya sekitar dua bulan saja sebelum pelaksnaan upacara peringatan HUT RI yang ke-79 di IKN, yang memang sudah direncanakan oleh Presiden Joko Widodo di tahun 2024 ini.

Berita mengenai mundurnya Bambang Susatono ini juga sudah dikonfirmasi oleh Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara saat ditemui di Kantor Presiden. Pratikno juga menambahkan bahwa Keppres mengenai pemberhentian seorag Bambang secara terhormat pun sudah diterbitkan oleh Pemerintah. Ia juga mengatakan bahwa surat pengunduran diri yang diajukan Bambang juga sudah diterima oleh Presiden Joko Widodo.

Selain Bambang Susantono, sang Wakil Keala Otorita IKN (OIKN), yaitu Dhony Rahajoe juga turut mengundurkan diri dari jabatannya tersebut bersamaan dengan Bambang. Bahkan dikabarkan bahwa Dhony lah yang lebih dulu mengajukan permohonan mengundurkan diri. Meskipun demikian sampai berita ini rilis belum ada kabar yang mengatakan alasan kedua sosok sentral di IKN tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri.

Konfirmasi Pemerintah

“Pak Presiden sudah menerima surat mengenai pengunduran diri yang dikirim Bapak Bambang Susantono sebgai Kepala OIKN.” ujar Pratikno sebagai perwakilan Pemerintah seraya memastikan kabar mengenai mundurnya Bambang Susantono, saat ditemui di Kantor Presiden, pada hari Senin (3/6/2024) dilansir dari laman CNN Indonesia.

Sepeninggal Bambang Susantono, pemerintah yang dipimpin Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menunjuk Basuki Hadimoeljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) dari jabatan Kepala OIKN, sementara itu untuk wakilnya akan diisi oleh Juli Antoni. Baik Basuki maupun Juli, keduanya sama-sama sosok yang sebelumnya memegang jabatan juga di pemerintahan. Basuki adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan Juli adalah Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.