google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Barcelona Dapatkan Ferran Torres dari Manchester City

Ferran Torres
Barcelona sukses dapatkan jasa Ferran Torres dari Manchester City.

cr photo: US Sports.

Kesebelasan Barcelona mendapat amunisi anyar di bursa transfer musim dingin ini, ia adalah Ferran Torres dari Manchester City. Berita ini dilansir dari laman GOAL Indonesia yang mana mengatakan bahwa kedua belah pihak, yakni Barca dan Manchester City sudah menyepakati terkait biaya transfer sang pemain. Ferran Torres yang pernah memperkuat Valencia ini akan segera menjadi milik Barcelona dengan biaya kepindahan yang terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 55 juta euro.

Kendati sedang dalam kondisi krisis keuangan, namun nampaknya keputusan ini mau tak mau diambil Barcelona demi membuat skuad mereka lebih kompetitif di putaran kedua musim ini. Demi bisa menstabilkan kondisi keuangan, Barcelona nampak sudah siap melakukan penjualan besar besaran kepada pemain yang dianggap sudah tak memberi kontribusi. Selain itu, penjualan pemain ini juga bertujuan agar Barcelona tak melanggar regulasi keuangan yang sudah ditetapkan panitia La Liga Spanyol.

Tak Tampil Buruk, Kenapa Ferran Torres dilepas City?

Keputusan manajemen City melepas Torres ini sedianya langsung memunculkan beberapa tanda tanya terutama dari para penggemar The Citizens. Pasalnya, semenjak didatangkan dari Valencia tahun 2020 lalu, Ferran Torres sama sekali tak tampil buruk. Ia selalu bermain apik apabila diberikan kesempatan oleh Pep Guardiola, bahkan keran gol Torres juga tak mandet selama berkostum City.

Kemungkinan besar keputusan tim melepas Torres adalah karena menumpuknya stock pemain di posisi winger. Seperti yang diketahui, City merupakan tim yang cukup unik musim ini di ajang Liga Inggris. Meski memuncaki klasemen, skuad asuhan Pep Guardiola ini hanya miliki 1 striker murni, yakni Gabriel Jesus yang itupun kerap dijadikan winger forward oleh Guardiola.

Posisi winger adalah posisi yang paling banyak diisi pemain di skuad City. Dari mulai Riyad Mahrez, Phil Foden, Jack Grealish, Raheem Sterling, hingga Bernardo Silva, semuanya bisa bermain di sektor flank. Menumpuknya pemain ini membuat Torres disebut sebut sulit menembus skuad utama. Oleh karena itu, manajemen memustukan melepas Torres dengan harapan di Barca nanti ia mendapat jam bermain lebih banyak.

Barca Sedang Butuh Tambahan Pemain

Bak gayung bersambut, kubu Barca sendiri memang sedang mengalami krisis di skuadnya dengan cukup banyak pemain bertipikal menyerang yang cedera. Sebut saja Ansu Fati, Pedri, hingga Philippe Coutinho. Sementara pemain yang tersedia seperti Memphis Depay dan Luuk de Jong masih alami inkonsistensi sehingga Barca memang sangat butuh pasokan pemain anyar bertipikal menyerang.

Tak lama mencari, Xavi Hernandez memutuskan untuk mengincar Ferran Torres. Awalnya berat bagi Barca untuk mendapatkan Torres karena City memabderolnya dengan biaya mencapai 70 juta euro. Akan tetapi lewat proses nego yang baik, City pada akhirnya bersedia menurunkan biaya transfer menjadi 55 juta euro saja. Barca nantinya akan membayar sebagian, sekitar 48 juta euro, dan sisanya akan dibayar sesuai klausul. Dalam transfer ini, klub Torres sebelumnya, yaitu Valencia kecipratan untung 10 persen dari penjualan Torres ke Barcelona.

Pertanyaan kemudian muncul, yakni kenapa Barca bisa belanja cukup mahal untuk satu pemain di saat kondisi tim sedang alami krisis keuangan. Jawabannya, kemungkinan manajemen akan menutupnya dengan menjual nama nama seperto Philippe Coutinho, Samuel Umtiti, atau bahkan Ousmane Dembele yang berpotensi memberikan mereka tambahan dana besar. Selain itu, keputusan Sergio Aguero yang pensiun dini juga sedikit meringankan beban gaji Barca untuk mereka alokasikan ke biaya kepindahan Torres.