google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Barcelona Siap Cuci Gudang, Lionel Messi bisa Pergi?

Lionel Messi
Presiden anyar Barcelona, Joan Laporta siap rombak full skuad Barcelona, termasuk Lionel Messi?

cr photo: Sky Sports

Menjelang bursa transfer musim panas, kesebelasan Barcelona dikabarkan akan merombak skuatnya, bahkan termasuk Lionel Messi. Blaugranas dilaporkan siap menjual beberapa pemain mereka yang dianggap tak memberikan kontribusi lebih pada klub di bursa transfer musim panas. Ini dikarenakan di bawa Presiden anyar, Barca akan bersiap melakukan perombakan total di tim mereka. Kondisi ini juga membuat tak menutupnya kemungkinan Barca melepas sang mega bintang, Lionel Messi. Akan tetapi untuk pemain seperti Messi nampaknya Barca tak akan sembrono untuk melepasnya begitu saja dengan mudah, kemungkinan Messi dilepas hanya bila ada tim yang memberikan penawaran yang cocok dengan keinginan manajemen.

Musim ini sendiri Barcelona memang bisa dibilang tidak mengalami musim yang baik. Dua gelar bergengsi gagal didapatkan oleh pasukan Los Cules musim ini, yakni La Liga Spanyol dan Liga Champions. Di La Liga, Barca dipastikan tak bisa lagi mengejar jumlah poin duo Madrid yang sampai saat ini masih bersaing memperebutkan gelar. Sedangkan di ajang Liga Champions, laju mereka terhenti oleh tim kaya raya asal Prancis, yaitu Paris Saint-Germain di babak 16 besar.

Karena hal itulah, Presiden anyar Barcelona, yaitu Joan Laporta menyatakan akan membuat perubahan secara besar besaran ke kubu Barcelona dimulai dari musim panas tahun ini. Laporta sendiri memang pernah membawa Barcelona berjaya dengan merengkuh dua gelar Liga Champions di bawah kepemimpinannya sebagai Presiden, sebelum akhirnya posisinya digantikan oleh Bartomeu. Kini usai kembali terpilih, Laporta pun bertekad mengembalikkan kejayaan Barcelona. Tidak hanya merombak pemain, Laporta diperkirakan juga akan merubah total susunan staf kepelatihan termasuk sang pelatih kepala.

Posisi Ronaldo Koeman Tidak Aman

Sosok pelatih Barcelona saat ini, yaitu Ronald Koeman disebut sebut juga tak akan luput dari perubahan. Manajer berkebangsaan Belanda tersebut dinilai kurang berhasil membawa Barcelona meraih tujuan tujuan klub musim ini. Oleh karena itu Koeman disebut sebut siap dilepas oleh manajemen. Beberapa nama pelatih top pun mulai dilirik oleh manajemen Barcelona. Di antaranya adalah Massimiliano Allegri dan sang mantan pemain Xavi Hernandez.

Untuk Allegri sendiri, sang alenatore asal Italia tersebut memang masih menganggur usai mundur dari jabatannya sebagai manajer Juventus tahun 2018 lalu. Sosoknya sempat dilirik beberapa tim Inggris seperti Arsenal, Chelsea, dan Manchester United, akan tetapi tak pernah ada kesepakatan yang ada. Allegri juga sempat dikaitkan dengan AS Roma dan AC Milan, namun Roma yang meresmikan kedatangan Mourinho dipastikan mundur, sementara Milan masih belum layangkan tawaran apapun.

Sedangkan untuk Xavi Hernandez, mantan gelandang andalan Barca tersebut memang diketahui belakangan sangat sukses melatih klub asal Qatar, yaitu Al Sadd. Bahkan beberapa pengamat menilai, gaya melatih dan filosofi permainannya sangat cocok dengan Barcelona. Akan tetapi minimnya pengalaman memang membuat beberapa orang juga masih meragukan kualitasnya. Meski demikian, hal itu tak mengubah fakta bahwa manajemen Barca masih memantau sang maestro lini tengah tersebut.

Pemain Pemain yang Siap Dijual Barcelona

Beberapa laporan salah satunya seperti yang disebut oleh Marca, menyatakan Barcelona sudah mengantongi nama nama pemain yang akan mereka lepas musim panas nanti. Pemain pemain seperti Phillipe Coutinho, Junior Firpo, Samuel Umtiti, hingga Martin Braithwaite dan Neto hampir dipastikan akan dilepas oleh klub. Selain itu ada pemain pemain muda dan lapis kedua lain yang juga siap dilepas demi bisa mengurangi beban gaji klub.

Tak hanya pemain pilihan kedua, manajemen Barca juga kemungkinan akan melepas beberapa pemain utama mereka seperti Sergio Busquets, Gerard Pique, bahkan Lionel Messi. Namun nampaknya khusus untuk Messi, prosesnya tak akan sesimple itu. Manajemen kemungkinan tak akan dengan mudahnya melepas sang kapten melihat kontribusi besarnya pada klub. Barca nampaknya hanya akan melepas Messi bila ada klub yang sanggup memberikan tawaran super fantastis untuk La Pulga.