Bawa MU Juara FA Cup, Erik Ten Hag Yakin Bertahan Musim Depan

Erik Ten Hag percaya diri tak akan diberhentikan dari jabatannya sebagai pelatih Manchester United, usai ia berhasil membawa Setan Merah meraih gelar juara FA Cup. Laga final antara Manchester United melawan Manchester City di ajang FA Cup baru saja rampung digelar. Meskipun sama sekali tidak diunggulkan, namun MU bermain sangat disiplin untuk akhirnya merebut gelar tersebut dari sang juara bertahan yang sekaligus rival sekotanya sendiri. Seusai pertandingan, manajer MU, yakni Erik Ten Hag mengungkapkan keyakinannya akan posisinya sebagai pelatih The Red Devils yang tak akan berubah di musim depan usai keberhasilan di laga final ini.

Pertandingan final ajang FA Cup musim 2023-2024 tersaji di Wembley Stadium antara Manchester United melawan Manchester City pada Sabtu (25/5/2024) malam hari waktu Indonesia. Pertandingan ini menjadi menarik karena merupakan ulangan partai final musim lalu, di mana keduanya juga saling bertemu. Memiliki kondisi tim yang jauh lebih kondusif, Manchester City memang lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Namun sejak laga dimulai, United menunjukkan determinasi yang cukup baik sehingga sangat merepotkan skuad asuhan Pep Guardiola.

Benar saja, City pada akhirnya gagal mengatasi permainan reaktif Setan Merah yang berjalan begitu efisien di laga kali ini. MU pun memenangkan duel super krusial ini dengan skor akhir tipis saja, yaitu 2-1. Dua gol milik Manchester United masing masing lahir melalui aksi Alejandro Garnacho dan Kobbie Mainoo. Sementara satu satunya gol balasan Cityzens diciptakan pemain pengganti, Jeremy Doku. Kemenangan ini sukses membuat skuad asuhan Erik Ten Hag meraih gelar juara FA Cup musim kompetisi 2023-2024. Ini juga trofi kedua yang diraih Ten Hag bersama MU dalam dua musim beruntun.

Pede Bertahan di MU

Sebelum laga final ini tekanan besar ada di pundak seorang Erik Ten Hag sebagai pelatih Manchester United. Hasil buruk yang mereka raih di ajang EPL membuat banyak spekulasi mengenai masa depan sang pelatih berkebangsaan Belanda tersebut. Bahkan satu hari sebelum laga final ini berlangsung, tak sedikit media setempat yang merumorkan bahwa MU akan memecat sang pelatih terlepas apapun hasil di laga final nanti.

Namun Ten Hag membuktikan diri bahwa dirinya bisa fokus meski banyak tekanan datang padanya. Ia bisa membawa MU meraih gelar juara FA Cup kendati lawan yang dihadapi adalah tim kaliber Manchester City yang begitu digdaya. Kemudian perihal nasibnya di musim depan, kepada media setelah laga final Ten Hag mengaku yakin manajemen MU akan tetap mempertahankannya sebagai manajer tim untuk musim 2024-2025 mendatang.

Raihan gelar juara FA Cup musim 2023-2024 ini sukses membuat perolehan trofi FA Cup MU sepanjang sejarah bertambah menjadi 13 piala. Angka ini menyamai rekor Arsenal sebagai tim Inggris dengan raihan Piala FA terbanyak. Selain itu keberhasilan MU mengamankan gelar ini membuat mereka akan tetap bermain di Eropa musim depan. MU mengambil jatah milik Chelsea untuk bermain di Liga Europa, sedangkan Chelsea turun ke Conference League.

Komentar Erik Ten Hag

“Saya keberhasilan tim meraih trofi juara ini membuat saya merasakan perasaan yang sangat luar biasa. Ini adalah perasaan terbaik yang pernah bisa saya rasakan. Saya juga sama sekali tak pernah ragu bahwa saya akan tetap menjadi manajer dari Manchester United untuk musim yang akan datang.” ungkap Ten Hag dalam wawancaranya bersama ITV Sport seusai pertandingan.