google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Belajar Bahasa Asing Melalui Telegram? Bisa, Begini Caranya

Belajar bahasa asing
Source : http://www.pixabay.com

Musim pandemi covid-19 seperti saat ini seorang pelajar memang dituntut harus bisa memahami materi dari guru maupun dosen melalui tampilan virtual. Demi menunjang pengetahuan maupun berbahasa lebih banyak. Baik itu bahasa Indonesia maupun belajar bahasa asing, contohnya bahasa Inggris.

Aplikasi Telegram memanjakan para penggunanya bukan saja dalam hal pengamanan, tapi juga menjadi fasilitas khusus untuk menambah pengetahuan berbahasa melalui kanal (channel) yang disediakan dan bisa diakses dengan bebas.

Lalu apa yang dimaksud dengan aplikasi Telegram? Fungsinya sama seperti fitur Grup di aplikasi WhatsApp, namun dengan nama berbeda. Fitur keren ini jadi wadah untuk berbagi pengetahuan berbahasa kepada siapapun, tanpa batasan waktu.

Selain itu ada banyak cara untuk belajar bahasa asing, misalkan saja bahasa inggris. Selain di sekolah, kini kamu bisa memanfaatkan bot bahasa inggris telegram. Tentu hal ini bisa jadi alternatif baru yang lebih praktis dan mudah. Karena kamu tak perlu membawa kamus yang berukuran besar dan membawa kemana mana.

Hanya dengan aplikasi telegram yang terpasang di ponsel saja sudah cukup. Bahkan tak hanya sekedar mencari arti sebuah kata saja, namun anda juga bisa belajar tata cara penulisan yang baik dan juga benar

Bahkan selain matematika, bahasa inggris mungkin menjadi salah satu mata pelajaran yang cukup sulit dikuasai oleh sebagian besar pelajar. Hal itu bisa dilihat mata pelajaran ini sudah disampaikan sejak SD, namun begitu lulus dari bangku SMA tak banyak yang fasih berbahasa inggris dengan baik dan benar. Selain harus menghafal kosa kata beserta artinya, tata cara penulisan bahasa ini pun berbeda dengan bahasa Indonesia.

Untungnya di era internet seperti saat ini, ada banyak platform aplikasi belajar bahasa inggris. Sebut saja seperti duolingo, hello english, rosetta stone, ABA English dan masih banyak lagi. Namun kalau mau cari yang lebih praktis, kita bisa lho menggunakan bot telegram untuk belajar bahasa inggris. Ingin tahu?

Beberapa Bot Telegram untuk Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Bagi kamu pengguna aplikasi sosial media a Telegram, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah bot. Terdapat banyak sekali bot di aplikasi telegram yang dapat membantu para pelajar dalam mempelajari materi bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Tentu saja software tersebut bisa dengan mudahnya diakses melalui smartphone Android. Penasaran dengan botnya? Mari simak pembahasan berikut ini.

  1. Andy English Bot

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris salah satunya adalah dengan menggunakan bot satu ini. Andy english bot memang menjadi sarana para pelajar untuk belajar bahasa asing secara praktis. Ada beberapa pertanyaan yang akan dikirimkan bagi para pengguna dan harus dijawab sesuai dengan ketentuannya. Untuk cara menggunakan bot tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tap pada mesin pencarian di aplikasi Telegram
  • Ketik tulisan Andy Robot.
  • Langkah berikutnya, bukalah bot tersebut.
  •  Setelah itu mulailah lakukan chat.
  • Kemudian percakapan pun akan dimulai.
  • Jawablah pertanyaan bahasa Inggris yang ditampilan pada ruang percakapan.
  • Pastikan jawaban sudah sesuai dengan pertanyaan.
  • Selesai.
  1. Aspri Bot

Dalam pembelajaran bahasa asing menggunakan aplikasi Telegram sangat tepat sekali. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bot bernama aspri bot yang telah disediakan di dalamnya.

Bot telegram Aspri Bot ini dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia yang kamu miliki tanpa dikenakan biaya kursus alias gratis melalui telegram. Bagaimana cara penggunaannya, simak saja penjelasan berikut ini.

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Tuliskan nama Aspri Bot di kotak pencarian.
  • Mulailah melakukan chat di dalamnya.
  • Setiap memulai tulisan awali dengan mengetikkan tanda miring.
  • Contoh /nama binatang.
  • Tunggu saja beberapa saat.
  • Lalu akan munculah artinya.
  1. Translated Bot

Translateid Boot ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan aspri bot dimana bisa berfungsi sebagai kamus. Hanya saja terdapat perbedaan pada perintahnya. Fungsi dari bot satu ini adalah memberikan arti sebuah kata atau kalimat yang diketik di dalam botnya.

Sehingga fungsinya akan menjadi kamus bagi para pelajar ketika kalian ingin menerjemahkan kalimat berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Lebih lanjut, simak saja penjelasan langkah-langkah menggunakannya berikut ini.

  • Masuk ke aplikasi Telegram.
  • Kemudian buka kolom pencarian.
  • Tuliskan kata Translated Bot.
  • Mulailah percakapan chat dengan mengetikkan kata /start.
  • Untuk menerjemahkan ke bahasa Indonesia awali dengan mengetik /te.
  • Kemudian awali dengan /t untuk menerjemahkan kata-kata ke bahasa Inggris.
  • Selesai.
  1. Materi Bahasa Inggris

Demi meningkatkan kemampuan generasi muda Indonesia dalam berbahasa asing, maka kini telah dihadirkan Bot telegram yang diberi nama “Materi Bahasa Inggris”. Dengan begitu bot ini akan memudahkan kita ketika ingin menambah wawasan pengetahuan saat sedang berada dirumah saja.

Sekarang untuk mencari arti kalimat bahasa asing menggunakan kamus bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi android Telegram.Tentu saja penggunaan bot ini dapat menjadi media pembelajaran bahasa Inggris secara online yang praktis untuk para pelajar.

Para guru juga harus bisa memandu para siswanya dalam mengakses media sosial Telegram tersebut agar digunakan dalam proses belajar di rumah. Bot yang satu ini berisi tentang materi materi pelajaran bahasa inggris. Untuk menggunakannya, kamu cukup mengetikkan /start dan akan muncul sejumlah pilihan yang berisi materi pelajaran bahasa Inggris.

  1. Bahasa.ai

Generasi muda pada masa kini memang sudah menampakkan kreativitasnya dalam menggunakan teknologi. Salah satu karya terbaik adalah dengan membuat bot telegram Bahasa.si yang mempunyai fungsi sebagai media pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia bagi para pelajar.

Banyak yang dapat dimanfaatkan dari penggunaan chatbot ini, karena seseorang bisa melakukan komunikasi layaknya berkomunikasi dengan manusia. Walaupun sebenarnya hanya komputer, namun kemampuan berbahasa Indonesia nya bisa menjadi sarana yang sangat berguna dijadikan para pelajar untuk meningkatkan kemampuan belajar dalam berbahasa.

  1. Bot Menulis

Pelajaran bahasa Indonesia kebanyakan memberikan materi tentang menulis sebuah cerpen maupun semacamnya itu. Untuk mempermudah pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru maupun dosen, maka menggunakan bot Telegram tersebut bisa menjadi solusi.

Penggunaan bot telegram menulis ini sangat mudah sekali. Bahkan tulisan yang telah diketik bisa dengan mudah dipindahkan ke word untuk selanjutnya di print. Dengan begitu kemampuan menulis dalam bahasa asing akan senantiasa terlatih.

Itulah beberapa bot Telegram yang bisa membantu dalam mempelajari kata maupun kalimat bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

Dengan semakin beragamnya sarana belajar yg mendukung metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tentunya akan membuat para siswa lebih mudah untuk memperdalam pemahaman mereka akan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Untuk itu semangatlah dalam belajar agar bisa menjadi juara dan menjadi kebanggaan orangtua dan bangsa. Tentunya bot-bot di atas bisa membantumu dalam menunjang kegiatan school from home atau SFH. Semoga bermanfaat dan selamat belajar, ya!