google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Belanda Menang Mudah atas Georgia di Laga Uji Coba

Belanda vs Georgia
Belanda sukses menang mudah atas Georgia di laga uji coba jelang Euro 2020.

cr photo: beINSports

Hasil cukup memuaskan berhasil didapat oleh Tim Nasional Belanda ketika melawan Georgia di pertandingan ujicoba pemanasan Euro 2020. Bertanding dengan kualitas skuad yang jauh lebih baik dari sang lawan, Belanda sukses tampil sangat dominan di sepanjang laga. Walaupun tak sepenuhnya menguasai, namun De Oranje berhasil memaksa sang lawan hanya mampu bermain bertahan dan andalkan serangan balik. Tampil solid, skuad asuhan Frank de Boer pun berhasil meraih kemenangan di pertandingan ini. Skor akhir laga sendiri cukup meyakinkan bagi Belanda, yakni 3-0.

Gol gol yang dilesakkan Tim Nasional Belanda di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Memphis Depay, Wout Weghorst, dan Ryan Gravenberch. Dilihat dari statistik pertandingan, Belanda memang jauh lebih menguasai pertandingan ini. Tim berjuluk Bunga Tulip tersebut total mencatatkan penguasaan bola dengan presentase 58 persen berbanding 42 persen. Belanda juga jauh mencatatkan jumlah tembakan yang lebih banyak, yakni hingga 17 tembakan dengan 7 di antaranya on target. Georgia sendiri hanya bisa melesakkan total 10 tembakan dengan 4 tembakan saja yang mengarah ke gawang.

Kemenangan ini cukup memberikan kepercayaan diri para pemain Belanda yang akan segera menjalani ajang Piala Eropa kurang dari dua minggu lagi. Belanda sendiri dalam ajang bergengsi tersebut masuk ke Grup C bersama Ukraina, Austria, dan Makedonia Utara. Walau bisa dibilang tak diisi tim unggulan lain, namun keberadaan Ukraina dan Austria yang solid sejak kualifikasi dinilai akan sangat menyulitkan Belanda. Apalagi tren Belanda di beberapa laga belakangan bisa dikatakan kurang konsisten.

Rangkuman Pertandingan

Pertandingan uji coba pemanasan Euro 2020 dijalani Timnas Belanda dengan menghadapi Georgia. Bertindak sebagai tuan rumah, Belanda yang juga punya kualitas skuad yang jauh di atas sang lawan tak menunggu waktu langsung mengambil alih kendali laga. Sejak awal babak pertama, Belanda langsung menekan pertahanan Georgia dan memaksa sang lawan itu hanya bisa bermain bertahan.

Gol pun sudah berhasil dicetak oleh Belanda saat babak pertama berjalan 10 menit. Berawal dari salah satu pemain Georgia yang melakukan pelanggaran di kotak terlarang, wasit lantas memberikan penalti untuk Belanda. Tanpa kesalahan Memphis Depay yang menjadi eksekutor penalti sukses menjalankan tugasnya untuk membawa Belanda sementara unggul 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, Belanda yang kian percaya diri usai membuka skor terus menerus menekan pertahanan sang lawan. Akan tetapi memang selanjutnya pertahanan Georgia tampil cukup solid untuk mementahkan serangan serangan tuan rumah. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Babak Kedua

Pasca turun minum, Belanda yang masih di atas angin terus berusaha mencari gol tambahan. Pasukan Frank de Boer pun sama sekali tak menurunkan tensi serangan timnya. Sedangkan Georgia sendiri masih sangat kesulitan untuk bisa sekedar mengimbangi permainan sang lawan.

Namun pada akhirnya setelah lakukan tekanan terus menerus, gol kedua Belanda akhirnya lahir saat babak kedua memasuki menit ke-55. Wout Weghorst yang mendapat peluang besar berhasil melesakkan gol kedua bagi Belanda. Striker milik klub Wolfsburg itu sukses menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0.

Mendekati akhir babak kedua, tepatnya di menit ke-76, Belanda kembali sukses melesakkan gol tambahan. Kali ini giliran pemain muda, Ryan Gravenberch yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Aksi Gravenberch ini berhasil menjauhkan skor menjadi 3-0. Kedudukan tersebut kemudian bertahan sampai laga berakhir untuk kemenangan Belanda dengan hasil akhir 3-0.

Susunan Pemain Belanda vs Georgia

Belanda (5-3-2): Marten Stekelenburg, Denzel Dumfries, Jurrie Timber, Stefan de Vrij, Daley Blind, Owen Wijndal, Marten de Roon, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong, Memphis Depay, Wout Weghorst.

Georgia (4-2-3-1): Giorgi Loria, Guram Giorbelidze, Guram Kashia, Lasha Dvali, Otar Kakabadze, Davit Khocholava, Valeriane Gvilia, Giorgi Abujarnia, Otar Kiteishvili, Saba Lobzhanidze, Budu Zivzivadze.