google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Belgia Gagal Menang atas Yunani di Laga Persahabatan

Belgia vs Yunani
Belgia ditahan imbang Yunani di laga persahabatan menjelang Euro 2020.

cr photo: Singapore News Live

Hasil kurang maksimal didapat oleh kesebelasan Timnas Belgia ketika berhadapan dengan Yunani di pertandingan persahabatan. Menjelang bergulirnya Euro 2020, Belgia menjamu Yunani di Raja Baudouin Stadium, Brussel dalam laga yang bertajuk laga persahabatan. Bermain di kandang sendiri Belgia bermain cukup taktis dan penuh determinasi di sepanjang pertandingan. Sayangnya memang sang tuan rumah mendapat perlawanan begitu sengit dari Yunani. Permainan disiplin skuad Yunani membuat pertandingan ini berakhir dengan hasil tak memuaskan bagi tuan rumah. Belgia hanya berhasil bermain imbang dengan skor akhir 1-1 atas tamunya tersebut.

Dari kubu Belgia, gol dilesakkan oleh winger Borussia Dortmund, Thorgan Hazard. Sayang keunggulan Belgia ini hilang setelah Georgio Tzavelas melesakkan gol penyama kedudukan yang memaksa laga berakhir imbang. Raihan ini memang cukup mengecewakan bagi Belgia yang sebenarnya bermain lebih dominan di laga ini. Mereka berhasil unggul penguasaan bola atas lawannya itu dengan presentase 58 persen berbanding 42 persen. Akan tetapi memang Yunani bermain lebih efektif dengan menciptakan lebih banyak tembakan hingga mencapai 9 tembakan, sementara Belgia hanya bisa membuat 7 tembakan saja. Inilah yang membuat pada akhirnya Yunani mampu menahan imbang tim tuan rumah.

Meski tidak menelan kekalahan, tetapi hasil imbang ini menjadi bukti bahwa skuad Belgia masih memiliki kelemahan yang mesti diperbaiki sang pelatih, Roberto Martinez. Skuad berjuluk The Red Deuvils tersebut akan menjalani Euro 2020 dengan masuk ke grup B. Di mana grup tersebut diisi tim tim cukup kuat, yakni Rusia, Finlandia, dan Denmark. Walau dijagokan lolos dari grup ini, namun kehadiran dua Kuda Hitam, Rusia dan Denmark memberikan ancaman tersendiri bagi Belgia.

Rangkuman Pertandingan

Tim Nasional Belgia menjalani laga pemanasan sebelum gelaran Euro 2020 menghadapi Yunani di Raja Baudouin Stadion, Brussel. Bermain di kandang sendiri, Belgia mengincar kemenangan di pertandingan ini untuk menjaga rasa percaya diri. Oleh karena itu sejak babak pertama dimulai, pasukan Roberto Martinez langsung tancap gas bermain menekan pertahanan sang tamu.

Walau demikian, Yunani ternyata berhasil bermain sangat disiplin dalam menahan serangan demi serangan tuan rumah. Bahkan mereka hampir membuka skor terlebih dahulu ketika Anastasios Bakasetas melepaskan sebuah sepakan spekulasi yang cukup terarah. Namun beruntung bagi Belgia, sepakan tersebut masih belum membuahkan hasil.

Tekanan Belgia pada akhirnya berhasil melahirkan gol pembuka di menit ke-20 babak pertama. Aksi Thorgan Hazard mengelabui bek bek tim tamu memudahkan dirinya sendiri untuk melesakkan gol. Aksi winger andalan Borussia Dortmund itu berhasil melahirkan gol yang bawa timnya sementara unggul 1-0. Sampai babak pertama selesai, Belgia berhasil mempertahankan keunggulannya.

Babak Kedua

Selepas istirahat, secara mengejutkan Yunani tampil lebih terbuka, mereka seolah tampil nothing to lose di babak kedua ini. Kondisi tersebut cukup merepotkan Belgia yang meski masih menguasai jalannya pertandingan, namun beberapa kali gawang mereka terancam.

Setelah berkali kali lakukan serangan, usaha keras Yunani pada akhirnya sukses membuahkan gol pada menit ke-66 babak kedua. Mendapat ruang di sekitar gawang Belgia, Georgios Tzavelas melepas tembakan yang sukses berbuah gol untuk membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Di sisa waktu babak kedua, Belgia yang mengincar kemenangan terus berusaha keras untuk melesakkan gol keduanya. Berkali kali Romelu Lukaku dan kawan kawan mendapat kans mencetak gol. Namun sayang sampai laga selesai tak ada gol tambahan yang lahir. Alhasil pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Susunan Pemain Belgia vs Yunani

Belgia (4-2-3-1): Simon Mignolet, Toby Alderweireld, Jason Denayer, Dedryck Boyata, Thomas Meunier, Leander Dendoncker, Dennis Praet, Thorgan Hazard, Jeremy Doku, Romelu Lukaku, Yannick Carrasco.

Yunani (4-4-2): Odisseas Vlachodimosm, Thanasis Androustos, Kyriakos Papadopoulos, Georgios Tzavelas, Konstantinos Tsimikas, Konstantinos Galanopoulos, Andreas Bouchalakis, Giorgos Masouras, Anastasios Bakasetas, Dimitrios Giannoulis, Evangelos Pavlidis.