google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Belgia Menangi Duel atas Kroasia di Laga Uji Coba

Belgia vs Kroasia
Belgia sukses menangkan duel ketat menghadapi Kroasia di laga pemanasan Piala Eropa 2020.

cr photo: News Logic

Pertandingan menarik mempertemukan dua tim kuat, yaitu Tim Nasional Belgia dengan Tim Nasional Kroasia di laga uji coba jelang Euro 2020. Sama sama mengusung permainan terbuka kedua kesebelasan terlibat duel sengit nyaris di sepanjang 90 menit jalannya pertandingan. Belgia yang bermain di kandang sendiri tampil sedikit lebih unggul di laga ini. Akan tetapi memang Kroasia yang terkenal tangguh sukses meredam tim peringkat 1 FIFA tersebut dengan sangat baik. Melalui pertarungan sengit, pada akhirnya skuad berjuluk The Red Deuvils sukses mengamankan kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-0.

Satu satunya gol yang lahir di laga ini dan menjadi penentu kemenangan Belgia dilesakkan oleh striker Inter Milan, yaitu Romelu Lukaku. Menilik dari statistik laga secara keseluruhan, terlihat sekali pertandingan ini berjalan cukup sengit. Belgia hanya unggul sedikit dalam urusan penguasaan bola dengan presentase 53 persen berbanding 47 persen. Akan tetapi tuan rumah memang jauh lebih agresif dengan sukses melesakkan hingga 15 tembakan yang 4 di antaranya on target. Sementara Kroasia sendiri hanya bisa membuat 7 tembakan dengan 3 tembakan saja yang mengarah ke gawang.

Sukses memenangkan duel ketat melawan tim kuat jelas menambah mentalitas skuad asuhan Roberto Martinez. Meskipun demikian, untuk menyongsong gelaran Piala Eropa 2020 yang tinggal beberapa hari lagi, Belgia jelas masih harus terus berbenah. Apalagi di Euro 2020 nanti mereka masuk di Grup B yang cukup sulit yang berisi Rusia, Denmark, dan Finlandia. Sementara itu hal sama juga mesti dilakukan Kroasia jelang Euro 2020 nanti. Luka Modric dan kawan kawan di Euro nanti masuk ke Grup D bersama Inggris, Ceko, dan Skotlandia.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik tersaji kala tuan rumah Belgia menghadapi runner-up Piala Dunia 2018 lalu, yakni Kroasia di laga ujicoba menjelang Euro 2020. Bermain di markasnya sendiri, Belgia memang mendapatkan suntikan moril untuk menghadapi lawan tangguh mereka. Alhasil sejak babak pertama dimulai, skuad asuhan Roberto Martinez tak menunggu waktu langsung menekan pertahanan sang lawan.

Peluang pertama didapat oleh Belgia melalui aksi Yannick Carrasco yang melakukan tusukan dari sisi kiri pertahanan lawan. Sayang sekali usaha maksimal Carrasco ini tidak diakhiri dengan penyelesaian akhir yang baik. Alhasil skor masih belum berubah tetap imbang tanpa gol.

Setelah melakukan beberapa kali serangan pada akhirnya Belgia berhasil melesakkan gol pembuka saat babak pertama memasuki menit ke-38. Romelu Lukaku melepaskan sepakan yang cukup akurat ke arah gawang Kroasia. Bola gagal dihalau kiper, alhasil skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Belgia. Kedudukan ini kemudian bertahan sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Pasca istirahat, permainan kedua tim sedikit berubah, Kroasia yang masih dalam keadaan tertinggal berusaha untuk mengejar gol balasan dengan meningkatkan tensi serangan mereka. Luka Modric dan kawan kawan pun di babak kedua ini punya lebih banyak kans mencetak gol.

Sayang sekali memang berkali kali usaha anak asuhan Zlatko Dalic bisa diredam dengan baik oleh lini belakang Belgia. Salah satunya adalah aksi Ivan Perisic yang masih diblock dengan baik oleh bek tuan rumah. Sampai dengan laga selesai, Belgia dan Kroasia sama sama gagal melesakkan gol tambahan. Alhasil skor 1-0 untuk kemenangan Belgia menjadi hasil pertandingan ini.

Susunan Pemain Belgia vs Kroasia

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen, Timothy Castagne, Youri Tielemans, Leander Dendoncker, Nacer Chadli, Dries Mertens, Romelu Lukaku, Yannick Carrasco.

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic, Borna Barisic, Duje Caleta-Car, Domagoj Vida, Sime Vrsaljko, Matteo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric, Ivan Perisic, Bruno Petkovic, Ante Rebic.