google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Benarkan Vaksin Polio Mampu Mengatasi Infeksi Virus Corona?

Beberapa waktu terakhir ini, para ilmuwan di Rusia tengah sedang mendalami potensi dari vaksin polio dalam hal mengatasi infeksi virus corona. Hal tersebut dilakukan lantaran kesamaan dari karakteristik virus yang menyebabkan penyakit polio dengan virus corona.

Lantas, apakah benar manfaat dari vaksin polio bisa mengatasi infeksi virus corona? Anda bisa menyimak penjelasan lengkap kami di bawah ini.

Apakah Manfaat Dari Vaksin Polio Dapat Mengatasi Covid-19?

Dinukil dari Russian News Agency, Direktur Pusat Ilmiah Federal Chumakov Rusia, Aidar Ishmukhametov, sudah membuktikan kemanjuran dari vaksin polio untuk mengatasi virus corona. Ishmukhametov menjelaskan, pihaknya sudah memberikan suntikan vaksin ini kepada para sukarelawan untuk bisa melihat efektivitasnya dalam melawan infeksi virus corona. Dalam penelitian ini sudah melibatkan kurang lebih 600 orang di Kota Kirov, Rusia.

Dengan jumlah sukarelawan yang tidak sedikit itu, Ishmukhametov menjelaskan bahwa vaksin polio ternyata ampuh untuk mengatasi virus corona. Namun hanya saja, penelitian ini tidak dijelaskan secara detail mengenai data dari para sukarelawan. Tidak begitu jelas pula apakah vaksin ini diberikan kepada pasien Covid-19 atau pun untuk mencegah infeksi virus corona.

Melansir dari Criverm seorang ahli virology Robert Gallo, MD masih belum begitu yyakin untuk memasukkan vaksin polio ini ke dalam bagian pengobatan virus corona. Berdasarkan penuturannya masih dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut serta uji klinisnya. Jika memang sudah ada dan didukung penuh oleh bukti ilmiah yang ada, penggunaan vaksin polio dalam pencegahan Covid-19 ini bisa menjadi kabar baik bagi kita semua.

Hal ini dikarenakan vaksin polio begitu mudah untuk diproduksi. Seperti yang diketahui, lebih dari sekitar 1 miliar dosis vaksin polio oral diproduksi dan sudah digunakan setiap tahunnya di 140 negera. Vaksin ini pun tergolong sangat mudah jika dibandingkan dengan vaksin virus corona yang ada saat ini.

Menanggapi hal tersebut, dokter Devia Irine Putri yang juga berpendapat serupa. ‘’Masih belum ada bukti ilmiah yang jelas bahwa vaksin polio ini bisa mencegah infeksi virus corona. Yang ada di Rusia masih dalam penelitian lebih lanjut, masih belum ada bukti tertulisnya,’’ ungkapnya.

Selain itu juga, penelitian yang dilakukan oleh Rusia yang tidak bisa menjelaskan hubungan dari kedua penyakit tersebut dengan detail dan terperici. Terutama lagi dalam hal korelasi antara vaksin penyakit polio yang menyerang saraf dengan virus corona yang menyerang sistem penapasan manusia.

Adakah Kesamaan Antara Virus Corona Dengan Virus Polio?

Seorang Virolog, Robert Gallo, MD menjelaskan bahwa virus polio maupun virus corona ternyata sama – masa virus RNA untai positif. Yang artinya adalah kemungkinan besar dari kedua virus tersebut dapat memengaruhi sistem imun tubuh manusia.

Ditambahkan pula oleh dokter Devia, kedua virus ini mempunyai kesamaan dari cara penyebarannya yang begitu cepat. Selain itu juga, virus – virus ini punya titik serang yang sama pula, yakni sistem pernapasan manusia. ‘’Sama – sama bisa menyerang saluran pernapasan. Virus polio juga dapat melumpuhkan otot pernapasan, sementara untuk virus corona menyerang utamanya adalah saluran pernapasan,’’ ujar dokter Devia.

‘’Persamaan lainnya kedua virus ini pun mudah sekali menyebar dalam kontak yang erat. Virus corona bisa menyebar melalui droplet, sedangkan untuk virus polio lewat fecal oral,’’ tambahnya lagi.

Meskipun demikian, kedua virus ini juga memiliki kelompok rentan yang berbeda. Virus polio menunjukkan kecenderungan untuk menyerang wanita muda dan hamil. Sementara itu, untuk Covid-19 ini menyerang semua kelompok usia. Yang pastinya adalah kedua virus memiliki efek yang sama mematikan segala usia.