google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Berbagi File Lebih Mudah Dengan Link Berkas di Google Drive

Meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia dan banyak negara di dunia lainnya mau tidak mau mendorong masyarakat beralih ke dunia digital dalam berbagai sektor. Termasuk juga dalam hal berbagi file ataupun berkas. Jika beberapa tahun silam metode berbagi berkas masih memungkinkan dengan teknologi USB atau Bluetooth misalnya, maka sekarang penggunaan drive menjadi alternatif terbaik untuk berbagi file lebih mudah.

Fitur penyimpanan yang disediakan oleh Google ini semakin populer beberapa tahun terakhir. Dengan menggunakan Google drive, pengguna layanan cukup menyimpan file yang akan dibagikan ke drive, kemudian menyalin link penyimpanan dan mengirimkan tautan atau link berkas tersebut ke penerima file menggunakan media pesan singkat.

Penyimpanan Google tersebut dapat dipergunakan secara gratis oleh pengguna Google. Menariknya, berbagai jenis file dapat kamu simpan di dalamnya, sama halnya seperti kamu menyimpan file di USB. Mulai dari audio, foto, video, presentasi hingga dokumen penting dalam format pdf pun dapat dengan mudah disimpan dan dibagikan disini.

Dengan layanan cloud ini, pengguna bahkan bisa lebih leluasa untuk mengatur sendiri bagaimana berkas akan dibagikan. Pengaturan tersebut mencakup siapa saja yang dapat melihat maupun yang mendapatkan izin mengelola file tersebut.

Untuk dapat berbagi file lebih mudah melalui Google drive, langkah pertama tentunya pengguna perlu membuat link dari berkas yang akan dibagikan terlebih dahulu. Secara sederhana, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk Dibagikan

Menggunakan Aplikasi Google Drive

  • Unduh dan install aplikasi Google Drive jika belum ada di smartphone kamu
  • Login dengan menggunakan akun gmail yang kamu miliki
  • Cari file yang ingin dibagikan (kamu bisa gunakan kolom Search in Drive apabila diperlukan)
  • Pilih tombol More (ikon titik tiga) yang berada di sebelah judul berkas yang dimaksud
  • Selanjutnya, pilih opsi Manage people and links
  • Pastikan Link settings telah diatur ke opsi yang sesuai, klik opsi Change jika ada yang ingin disesuaikan
  • Pilih tombol Link (ikon berbentuk rantai) untuk menyalin tautan file terkait
  • Setelah itu, kamu bisa bagikan tautan file sesuai kebutuhan

Pada Google drive, ada beberapa jenis pengaturan tautan (Link settings) yang dapat kamu gunakan dalam membagikan sebuah file. Setelan pengaturan ini akan menentukan beberapa preferensi, seperti siapa dan bagaimana izin pengelolaan terhadap file tersebut nantinya.

Dengan memilih tombol Change pada bagian Link settings, kamu dapat menyesuaikan setelan tersebut menurut keinginan. Sebagai contoh, agar file bisa dilihat oleh semua orang yang mendapatkan tautan, maka kamu bisa mengatur tautan dengan opsi Anyone with the link.

Selain itu, kamu pun dapat mengatur izin pengelolaan file dengan cara mengubah setelan apakah orang yang mendapatkan tautan memiliki akses sebagai Viewer (hanya melihat), Commenter (dapat memberikan komentar), atau mungkin Editor (dapat mengedit file).

Selain melalui aplikasi di smartphone, kamu juga dapat membuat link tautan di Google Drive dengan komputer menggunakan cara yang tidak jauh berbeda. Berikut langkah-langkah pembuatannya.

Menggunakan Website

  • Buka halaman https://drive.google.com/ menggunakan peramban yang biasa kamu gunakan
  • Login dengan menggunakan akun gmail terkait jika dibutuhkan
  • Cari file yang ingin kamu bagikan
  • Setelah menemukan file terkait, klik kanan pada berkas tersebut
  • Cari lalu pilih menu Get link
  • Sama seperti menggunakan aplikasi seluler, ubah pengaturan tautan (Link settings) sesuai keinginan
  • Pilih tombol Copy link untuk menyalin tautan file
  • Kemudian, pilih tombol Done untuk menutup halaman Get link
  • Sekarang kamu bisa bagikan tautan ke orang lain dengan menempelkannya ke media yang diinginkan

Dengan menempuh dua langkah yang telah kita bahas di atas, setelahnya kamu bisa langsung membagikan file ke orang lain. Satu hal yang disayangkan, terkadang tautan yang disalin dari file cenderung panjang dan rumit. Kehilangan satu digit dari tautan itu akan berakibat file tidka dapat diakses oleh penerima.

Tetapi tidak perlu khawatir, kamu masih bisa mempersingkat alamat tautan itu agar lebih pendek dan mudah untuk menyalinnya. Namun untuk melakukan hal tersebut, Google tidak menyediakannya secara khusus. Sehingga, kamu akan membutuhkan layanan penyingkat tautan pihak ketiga seperti Bitly, TinyURL, atau S.ID.