Bersihkan Karang Gigi di Puskesmas dan Klinik, Segini Estimasi Harganya

Bersihkan Karang Gigi di Puskesmas dan Klinik, Segini Estimasi Harganya

Pembersihan karang gigi atau yang biasanya disebut juga dengan scaling. Gigi memang mesti rutin dilakukan di dokter gigi, setidaknya minimal 2 kali dalam setahun atau pun tiap 6 bulan sekali.

Karang gigi sendiri adalah tumpukan plak dan mineral yang ada pada permukaan gigi. Warnanya bisa putih hingga kekuningan. Jika karang gigi dibiarkan semakin lama, maka warnanya bisa hijau kehitaman.

Penumpukan karang gigi pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai radang gusi (gingivitis), dari bau mulut (halitosis), bahkan gigi goyang hingga copot sendiri. Berhubung teksturnya ini cukup keras, maka tidak bisa menghilangkannya sendiri dengan menyikat gigi.

Untuk menghilangkan karang gigi, Anda mesti berkunjung ke dokter gigi untuk melakukan pembersihan karang gigi. Lalu, berapa harga membersihkan karang gigi di klinik maupun puskesmas? Bisa Anda ikuti penjelasan lengkapnya disini.

Sekilas Tentang Karang Gigi

Karang gigi merupakan lapisan lengket yang disebut juga dengan plak. Kotoran tersebut bakal menempel di permukaan gigi dan gusi. Penumpukan plak bisa saja terjadi, walaupun Anda rutin melakukan perawatan gigi yang baik di rumah.

Kotoran inilah yang nantinya bakal melapisi gigi atau berada di bawah garis gusi, serta menempel pada tambalan atau perawatan gigi lainnya. Plak tersebut membawa bakteri yang bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi jadi berlubang.

Tetapi apabila Anda menghilangkan karang gigi secara teratur, hal ini bisa pula mencegah terjadinya kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi. Namun, masalah yang lebih besar muncul jika plak masih tetap menempel di gigi dan mengeras menjadi karang gigi. Karang gigi bisa diatasi dengan melakukan scaling di puskesmas ataupun klinik dokter gigi yang berkualitas.

Estimasi Harga Membersihkan Karang Gigi

Kalau Anda ingin melakukan pembersihan karang gigi, saat ini sudah ada 2 tempat yang dapat didatangi, yaitu puskesmas dan dokter gigi. Untuk estimasi harga membersihkan karang gigi, lihat perbedaan harga dari 2 tempat tersebut, di antaranya adalah:

1. Estimasi harga bersihkan karang gigi di puskesmas

Harga membersihkan karang gigi di puskesmas sudah bisa dipastikan relatif lebih murah dari harga membersihkan karang gigi di klinik dokter gigi. Rata-rata puskesmas sudah menentukan harga membersihkan karang gigi, mulai dari Rp50.000-Rp200.000 tergantung dari tingkat kebersihan mulut pasiennya.

Apabila Anda memiliki BPJS Kesehatan, harga membersihkan karang gigi di puskesmas bisa saja gratis alias tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Anda hanya perlu mendatangi faskes pertama yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pembersihan karang gigi secara gratis di Puskesmas.

Pihak puskesmas hanya akan memperbolehkan para pemilik BPJS Kesehatan untuk melakukan pembersihan karang gigi sekali saja dalam kurun waktu 1 tahun saja. Jadinya, kalau kita dianjurkan membersihkan karang gigi sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, Anda bisa melakukan satu kali pembersihan karang gigi lagi di klinik dokter gigi.

2. Estimasi harga bersihkan karang gigi di klinik dokter gigi

Untuk harga membersihkan karang gigi di klinik dokter gigi bisa berbeda-beda tergantung dari tempat kliniknya beserta tingkat kebersihan gigi dari para pasien. Sebagai patokan harga membersihkan karang gigi di klinik atau rumah sakit, rata-rata sudah ditentukan harganya mulai dari Rp250.000-Rp600.000 atau mungkin bisa lebih dari itu.

Adapun untuk peralatan dokter gigi yang kerap kali digunakan baik di puskesmas ataupun klinik umumnya sama saja dan tidak ada perbedaan. Mulai dari ultrasonic scaler, pinset, suction, dan deretan alat lainnya untuk menghilangkan plak yang menempel di gigi.

Klinik dokter gigi di setiap kota bakal memberikan perawatan yang terbaik, mulai dari proses pembersihkan dan juga dokter gigi yang sudah berpengalaman. Harga membersihkan karang gigi di klinik gigi kadang juga belum termasuk biaya administrasi maupun kebutuhan perawatan lainnya. Semisalnya, ada anak yang butuh tambal gigi ketika dokter gigi menemukan plak di mulut mengakibatkan lubang pada gigi tersebut.

Kenali Prosedur Pembersihan Karang Gigi

Sesudah Anda tahu harga membersihkan karang gigi, sekarang adalah saatnya membahas prosedurnya. Prosedur membersihkan karang gigi dapat berlangsung selama kurang lebih sekitar 30-45 menit tergantung kesehatan mulut dari masing-masing pasien.

Menurut studi ilmiah yang dilansir Cochrane Database of Systematic Reviews dijelaskan bahwa kalau dalam membersihkan karang gigi ini memiliki sejumlah tahapan. Untuk tahapan yang pertama, dokter gigi akan siap melakukan pemeriksaan pada kondisi bagian rongga mulut pasien secara menyeluruh. Mulai dari kondisi keseluruhan gigi maupun gusi.

Barulah kemudian akan mulai dilakukan proses perontokan karang gigi dengan menggunakan alat dokter gigi. Pembersihan karang gigi tersebut akan dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama ultrasonic scaler.

Nantinya getaran dari alat tersebut bakal merontokkan karang gigi yang menempel pada gigi dan gusi. Selama proses pembersihan karang gigi sedang berlangsung, mungkin saja Anda akan merasakan rasa ngilu sedikit jikalau kondisi gigi dan gusi yang kurang bagus.

Noda-noda yang berwarna kecoklatan hingga kehitaman yang muncul akibat dari kebiasaan merokok hingga mengonsumsi minuman teh dan kopi juga bakal segera dihilangkan. Selanjutnya lagi  rongga mulut dinyatakan bersih dari karang gigi, dokter gigi bakal menyikat gigi dengan alat sikat khusus sehingga mulut supaya lebih terasa menjadi segar.

Dalam beberapa hari usai melakukan pembersihan karang gigi, ada kemungkinan merasakan sedikit ngilu yang dirasakan pasien. Hal tersebut disebabkan permukaan gigi yang sebelumnya sudah tertutupi oleh karang gigi jadi terbuka.

Akibatnya adalah gigi merasa lebih peka terhadap makanan atau minuman yang terlalu dingin maupun panas. Namun, tidak perlu Anda khawatir karena rasa ngilu ini juga bakalan hilang dengan sendirinya. Semua ini juga dapat terjadi usai lapisan permukaan gigi tersebut tertutup dengan enamel dan dentin yang melindungi bagian luar gigi.

Ragam Manfaat Membersihkan Karang Gigi

Tentu saja ketika membersihkan karang gigi mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut yang dapat segera Anda rasakan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Pencegahan Penyakit Gusi

Beberapa jenis penyakit gusi, seperti halnya gingivitis dan periodontitis, sering pula disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi di sekitar bagian gusi. Nah, dengan rutin membersihkan karang gigi atau scaling, Anda dapat pula mengurangi peradangan gusi dan mencegah perkembangan penyakit gusi. Jadi intinya, kondisi gigi, gusi, dan mulut bisa tetap sehat.

2. Pencegahan Karies Gigi

Penumpukan plak dan karang gigi di permukaan gigi bisa jadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang nantinya akan menyebabkan karies gigi. Dengan membersihkan karang gigi secara rutin, risiko terkena karies gigi bisa pula dikurangi. Selain itu juga, scaling dapat mengembalikan warna alami gigi sehingga bisa meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri Anda.

3. Mengurangi Bau Mulut

Dilansir dari Healthline, membersihkan karang gigi juga dapat mengurangi risiko terjadinya bau mulut yang kurang sedap. Hal ini dikarenakan plak dan karang gigi yang jadi tempat berkembangbiaknya bakteri di dalam mulut.

Bakteri inilah yang dapat menimbulkan bau mulut dengan cara memproduksi senyawa sulfur yang berbau tidak sedap. Dengan pembersihan karang gigi yang mendalam hingga mencapai daerah di bagian bawah garis gusi serta di antara gigi yang sulit dijangkau dengan menyikat gigi biasa dapat juga mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

Perawatan Pasca Prosedur Pembersihan Karang Gigi

Tidak boleh lengah sedikit saja, pastikan juga gigi tetap memperoleh perawatan usai melakukan prosedur karang gigi. Di bawah ini ada beberapa tips untuk Anda maupun anak-anak yang bisa dicoba di rumah seperti:

1. Rutin sikat gigi

Sikat gigi secara teratur, yaitu minimal 2 kali dalam sehari bisa bermanfaat untuk kesehatan mulut. Bisa pakai sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk membersihkan dan mengangkat plak pada gigi dan gusi. Pastikan juga untuk membersihkan permukaan yang sulit dijangkau pada bagian belakang gigi dan geraham belakang.

Sebuah studi ilmiah yang sudah menemukan bahwa sikat gigi elektrik terbukti bisa menghilangkan plak lebih baik dibandingkan model sikat gigi biasanya. Kemudian, Anda bisa pilih jenis pasta gigi untuk mengatasi karang gigi dengan kandungan fluoride. Bahan tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan enamel. Beberapa produk memiliki zat yang disebut dengan triclosan yang mampu melawan bakteri dalam plak gigi.

2. Perhatikan Pola Makan

Perhatikan pola makan Anda dan buah di rumah. Bakteri yang ada di mulut akan tumbuh subur pada makanan manis dan bertepung. Ketika bakteri terpapar makanan tersebut, organisme ini bakal melepaskan senyawa asam berbahaya.

Anda bisa coba konsumsi makanan sehat dan batasi pula jumlah makanan manis mulai dari sekarang. Rutin sikat gigi dan minum banyak air selama dan setelah makan. Gunakan pula obat kumur antiseptik setiap harinya agar membantu membunuh bakteri penyebab plak pada gigi.

Rincian Biaya Scaling Gigi di Rumah Sakit dan Klinik Dokter Gigi Sekitar Kota Jakarta

Apabila Anda memilih untuk membersihkan karang gigi di rumah sakit atau klinik, bisa segera simak informasi di berikut ini lengkap dengan estimasi harganya.

1. Mayapada Hospital Kuningan

Untuk membersihkan karang gigi dengan harga mulai dari Rp450.000. Mayapada Hospital Kuningan ini beralamat di Jalan H. R. Rasuna Said No.Kav C-17, RT.2 RW.5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

2. Siloam Hospitals Lippo Village

Harga membersihkan karang gigi di Siloam Hospital mulai dari Rp490.000. Rumah sakit tersebut beralamat di Siloam Lippo Karawaci, Jalan No.6, Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten

3. Mitra Keluarga Kemayoran

Harga membersihkan karang gigi di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran mulai dari Rp450.000. Rumah sakit ini berlokasi di Jalan HBR Motik, RT.13 RW.6, Kb. Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

4. RS Gigi dan Mulut YARSI

Harga membersihkan karang gigi kisaran mulai dari Rp450.000. RS Gigi dan Mulut YARSI berlokasi di Jalan Letjen Suprapto Kav.13, RT.12 RW.5, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat

5. Orange Dental Grogol

Orange Dental Grogol sudah mematok harga membersihkan karang gigi: Rp287.000. alamatnya berada di Ruko Grogol Permai, Blok C No. 21, Jalan Prof. Dr. Latumeten No.4, RT.1 RW.7, Jelambar, Kecamatan Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

6. Klinik Ocean Dental Tebet

Harga membersihkan karang gigi di Klinik Ocean Dental Tebet mulai dari Rp300.000. Lokasi berada di Jalan Tebet Raya No.57 9, RT.9 RW.1, Tebet Tim., Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

7. J Smile Dental Cengkareng

J Smile Dental Cengkareng ini mematok harga membersihkan karang gigi mulai dari Rp300.000. Lokasinya berada di Kebahagiaan Timur 1 No.1 Blok i2, RT.9 RW.12, Pegadungan, Jakarta, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

8. Klinik Gigi Dent Smile Rawamangun

Harga membersihkan karang gigi di Klinik Gigi Dent Smile Rawamangun mulai dari Rp600.000. Klinik Gigi Dent Smile Rawamangun ini beralamat di Jalan Paus No.7, Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

9. Audy Dental Bintaro

Harga membersihkan karang gigi di Audy Dental Bintaro mulai dari Rp400.000. Alamatnya berada di Bintaro Jaya, Ruko Victorian Bintaro Blok A.3 Jalan Bintaro Utama Sektor 3A, Pd. Karya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten

10. RS EMC Tangerang

Harga membersihkan karang gigi di RS EMC Tangerang mulai dari Rp280.000. Alamat rumah sakit ini berada di Jalan KH. Hasyim Ashari Kecamatan No.24, RT.001 RW.007, Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.