google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Bingung Screenshot Panjang di iPhone? Begini Caranya!

screenshot panjang di iphone
Source : www.imore.com

Fitur tangkapan layar atau screenshot saat ini seperti sudah menjadi fitur wajib dari sebuah smartphone. Fungsinya beragam. Ada yang menggunakannya untuk menyimpan sebuah post atau artikel yang menarik. Ada pula yang menggunakannya untuk keperluan usaha mereka. Dalam penggunaannya, terkadang pengguna smartphone khususnya iPhone dibuat bingung ketika harus menangkap layar berukuran panjang. Bagaimana caranya melakukan screenshot panjang di iPhone?

Kabar baiknya, saat ini sebagian besar handphone sudah dibekali dengan fitur screenshot panjang yang dinilai sebagai salah satu dukungan dasar sehingga dapat digunakan oleh para pengguna secara praktis. Dengan demikian, apabila kamu perlu menggunakan fitur tersebut tidaklah perlu untuk memasang aplikasi pihak ketiga yang menawarkan dukungan long screenshot. Mengapa demikian? Sebab, tak jarang aplikasi pihak ketiga tersebut akan meminta akses untuk root atau jailbreak. Melakukan dua hal tersebut pada dasarnya tidaklah aman dan beresiko tersendiri pada perangkat smartphone kamu.

Meskipun hanya dapat berfungsi secara terbatas, untungnya saat ini smartphone buatan Apple (iPhone) pun sudah mempunyai fitur khusus tersebut. Tampaknya perusahaan perangkat elektronik asal Amerika Serikat ini berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan target pasar mereka. Nah, bagi kamu yang belum tahu cara menggunakannya, berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh.

Cara Mengambil Screenshot Panjang di iPhone

  • Buka halaman web yang ingin disimpan (misalnya artikel BaruAja) di browser Safari
  • Gunakan fitur screenshot biasa sesuai versi iPhone kamu
  • Lepaskan kombinasi tombol yang digunakan dengan secepat mungkin
  • Ketuk jendela pratinjau yang muncul di sisi kiri bawah sebelum menghilangkan
  • Pilih opsi Full Page
  • Tekan ikon Crop untuk mengatur panjang halaman yang akan kamu simpan
  • Klik tombol Done bila telah selesai
  • Klik tombol Save PDF to Files

Sekedar informasi untuk yang belum tahu, terdapat perbedaan metode screenshot pada masing-masing versi iPhone. Dalam hal ini kamu bisa menekan secara bersamaan Side Button + Volume Up jika menggunakan iPhone dalam versi ber-Face ID, Side Button + Home untuk perangkat iPhone dengan Touch ID, atau Top Button + Home pada tipe iPhone yang lebih lawas.

Berbeda dengan handphone yang menggunakan sistem operasi Android, kamu tidak perlu menggeser layar secara manual untuk mengambil screenshot panjang di perangkat iPhone. Ketika mengaktifkan fitur Full Page screenshot, maka seluruh halaman akan secara otomatis tersimpan di perangkatmu. Canggih, bukan?

Disamping itu, berkas hasil screenshot panjang di iPhone juga tidak bisa disimpan dalam format gambar melainkan berupa file PDF. Dalam hal ini perlu diapresiasi upaya Apple untuk menjaga konten di dalamnya agar tetap terlihat dengan sangat jelas.

Namun demikian, sayangnya fitur tangkapan layar panjang di iPhone tidak bisa digunakan di aplikasi selain Safari, termasuk pada peramban buatan pengembang pihak ketiga seperti Google Chrome ataupun Mozilla.

Sementara untuk membuka hasil screenshot panjang yang kamu lakukan di iPhone, bisa dilakukan seperti saat ingin membaca dokumen berjenis PDF. Yang mana dalam hal ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Files.

Cara Melihat dan Edit Hasil Screenshot Panjang di iPhone

  • Buka aplikasi Files dari perangkat iPhone kamu
  • Cari berkas PDF yang dimaksud (buka tab Recent untuk memudahkan pencarian jika belum lama)
  • Klik berkas tersebut untuk membukanya
  • Untuk melakukan perubahan atau editing, gunakan fitur Markup dengan cara mengetuk tombol Spidol di pojok kanan atas
  • Klik Done setelah selesai

Fitur long screenshot atau tangkapan layar berukuran panjang ini bisa saja sangat bermanfaat bagi para pengguna iPhone meskipun masih sangat terbatas karena hanya dapat digunakan di aplikasi peramban Safari yang memang merupakan peramban buatan Apple sendiri. Semoga saja pihak Apple akan bersedia membawanya untuk berbagai macam aplikasi lain di kemudian hari.

Namun apabila sudah tidak sabar untuk menggunakannya, kamu dapat mencoba berbagai macam aplikasi tangkapan layar panjang atau long screenshot pihak ketiga yang banyak tersedia di Apps Store. Contohnya saja aplikasi Picsew atau Tailor yang menawarkan penggunanya untuk uji coba aplikasi secara gratis sebelum menggunakannya secara penuh dan berbayar. Selamat mencoba!