google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Brazil atasi Perlawanan Paraguay di Kualifikasi Piala Dunia

Paraguay vs Brazil
Kalahkan Paraguay, Brazil berdiri kokoh di puncak klasemen babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol.

cr photo: beINSports

Laju kencang Brazil di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol masih belum terhentikan, dan korban terbaru mereka adalah Paraguay. Bertamu ke markas Paraguay, tim Samba masih cukup superior atas lawannya tersebut. Kendati demikian, di laga ini memang Paraguay sebagai tuan rumah sukses memberikan perlawanan cukup ketat kepada sang tamu. Sepanjang pertandingan terjadi duel ketat di lapangan tengah yang hasilkan cukup banyak kartu kuning. Walau demikian, Brazil masih bisa mengatasi perlawanan Paraguay. Skuad asuhan Tite menang dengan skor akhir cukup meyakainkan, yaitu 0-2.

Gol gol penentu kemenangan Tim Samba di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Neymar Junior dan Lucas Paqueta. Melihat dari statistik jalannya pertandingan, jelas sekali Paraguay sukses mengimbangi permainan sang raksasa Amerika Latin tersebut. Penguasaan bola secara keseluruhan tercatat imbang dengan presentase 50 persen berbanding 50 persen. Namun di sini serangan Brazil lebih terorganisir bisa dilihat dari jumlah tembakan mereka yang mencapai 14 kali, sementara tuan rumah hanya membuat 7 tembakan. Permainan efektif itulah yang sukses bawa Brazil menangi duel kali ini.

Atas kemenangan ini, Brazil berhak mendapat tiga poin dan mengkokohkan mereka di puncak klasemen babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Selecao sejauh ini sudah menjalani enam pertandingan dan sukses meraup enam kemenangan serta mengoleksi poin 18. Sementara bagi Paraguay, kekalahan ini membuat posisi mereka turun ke peringkat 6, keluar dari zona play-off. Posisi Paraguay digeser Kolombia dan kini mereka berjarak 1 poin di bawah Kolombia dengan koleksi poin 7.

Rangkuman Pertandingan

Duel ketat mempertemukan tuan rumah Paraguay dengan lawan kuat, yakni Brazil dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Tampil di kandang sendiri, Paraguay yang tak diunggulkan menang berusaha memberikan perlawanan ketat kepada sang tamu. Oleh sebab itulah sejak babak pertama dimulai mereka memberanikan diri bermain terbuka seperti Brazil.

Sayang hal itu ternyata menjadi blunder yang cukup fatal. Terbukanya lini pertahanan Paraguay berhasil dimanfaatkan oleh lawannya. Pada menit ke-4 babak pertama, Gabriel Jesus berhasil memberikan bola umpan yang dengan tenang diselesaikan Neymar Junior menjadi gol. Aksi mega bintang Paris Saint-Germain tersebut sukses merubah kedudukan sementara menjadi 0-1 untuk keunggulan Brazil.

Setelah gol ini, Paraguay bermain sedikit berhati-hati meskipun mereka juga masih cukup berani tampil menguasai pertandingan. Serangan demi serangan pun dilepas oleh kedua kesebelasan di sisa waktu babak pertama. Namun sampai dengan babak pertama selesai sama sekali tak ada gol tambahan, sehingga keunggulan 0-1 untuk Brazil ini bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Setelah istirahat, permainan kedua tim sama sama kian terbuka, terutama Paraguay yang berusaha menampilkan permainan yang lebih agresif. Mereka sebenarnya memiliki sejumlah peluang, namun terlalu solidnya lini belakang Brazil membuat sang tuan rumah masih kesulitan melesakkan gol penyama kedudukan.

Di sisi lain, Brazil sendiri juga berusaha menambah keunggulan mereka demi bisa mengamankan jalur kemenangan. Neymar sempat hampir menambah keunggulan Brazil di pertengahan babak kedua, namun sayang usahanya masih bisa dipatahkan lini pertahanan Paraguay.

Tak menyerah mencari gol kedua, usaha Brazil pada akhirnya berbuah manis ketika serangan mereka melahirkan gol kedua di menit akhir babak kedua pertandingan. Ialah Lucas Paqueta yang berhasil memanfaatkan bola sodoran dari Neymar untuk melesakkan gol ke gawang Paraguay. Aksi gelandang Olympique Lyon itu sukses memastikan Brazil memenangkan laga ini dengan skor akhir 0-2.

Susunan Pemain Paraguay vs Brazil

Paraguay (5-3-2): Anthony Silva, Robert Rojas, Gustavo Gomez, Junior Alonso, Omar Alderete, Santiago Arzamendia, Mathias Villasanti, Gaston Claudio Gimenez, Angel Lucena, Angel Romero, Miguel Almiron.

Brazil (4-4-2): Ederson Moraes, Alex Sandro, Marquinhos, Eder Militao, Danilo, Richarlison, Fred, Casemiro, Gabriel Jesus, Neymar Junior, Roberto Firmino.