Buffon Puji Mike Maignan Usai Bantu AC Milan Raih Scudetto

Mike Maignan
Mike Maignan bawa Milan juara Liga Italia, dan lantas dipuji oleh Buffon.

cr photo: Football Corner.

Sosok penjaga gawang AC Milan, yaitu Mike Maignan disebut sebut jadi salah satu pemain kunci keberhasilan Rossoneri meraih Scudetto. Maignan awalnya cukup diunderestimatekan ketika didatangkan Milan dari Lille untuk menggantikan posisi Gianluigi Donnarumma yang ke PSG. Akan tetapi sepanjang musim, kiper asal Prancis itu sukses menunjukkan kualitasnya. Kesuksesannya membawa Milan meraih Scudetto membuatnya dipuji salah satu kiper legendari Italia, yakni Gianluigi Buffon.

Sebelum adanya sosok Maignan, Milan memang cukup bergantung pada kiper muda mereka, yaitu Gianluigi Donnarumma. Oleh sebab itu tim terasa kehilangan besar ketika sang pemain memutuskan untuk pergi dan bergabung dengan PSG. Namun manajemen kala itu tak mau berlarut larut, dan mencari sosok pengganti Donnarumma. Sampai akhirnya didapatkanlah Mike Maignan dari Lille yang baru saja berhasil membawa timnya tersebut merusak dominasi PSG dengan menjuarai Ligue 1 musim 2020-2021.

Awalnya Mike Maignan tak terlalu diperhitungkan, tapi ternyata sepanjang musim kiper Prancis itu menunjukkan sebuah performa yang solid. Maignan merupaka salah satu kiper dengan saves terbanyak di Serie A musim lalu. Refleknya yang cepat dan kepiawaiannya membaca permainan sangat membantu AC Milan. Dikombinasikan dengan kokohnya lini belakang Rossoneri, musim lalu di Serie A mereka pun hanya kebobolan 31 gol. Bersama Napoli, Milan menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit.

Mendapat Pujian Dari Buffon

Keberhasilan Maignan menunjukkan performa yang solid sepanjang musim dan diakhiri dengan memberikan Scudetto pada Milan membuat dirinya mendapat banyak pujian. Salah satunya datang dari kiper legendari Italia, yaitu Gianluigi Buffon. Mantan kiper Juventus dan Parma tersebut mengatakan bahwa Maignan menunjukkan sebuah penampilan yang top sepanjang musim ini di Liga Italia.

Menurut Buffon, Maignan merupakan salah satu pemain kunci dalam keberhasilan Milan meraih Scudetto musim ini. Rossoneri sendiri memang musim ini tampil sangat solid sepanjang musim sehingga sukses memetik gelar juara. Ini merupakan gelar juara pertama AC Milan setelah terakhir kali meraihnya 11 tahun silam. Sebuah momen yang membahagiakan bagi para supporter Milan yang sabar dan mempercayai proses.

Pernyataan Buffon

Secara rinci, Buffon menyebut ada empat sampai lima pemain yang menjadi kunci keberhasilan Milan, tanpa mengecilkan pernana pemain pemain lain tentu saja. Pemain pemain tersebut adalah Mike Maignan, Zlatan Ibrahimovic, Sandro Tonali, dan Theo Hernandez.

“Tiga pilar penting mereka adalah Maignan, Theo Hernandez, Tonali, dan juga Zlatan ketika memang ia tampil di lapangan.” ungkap Buffon ketika diminta pendapatnya mengenai keberhasilan Milan meraih Scudetto musim ini, dilansir dari laman Football Italia.

Selain itu, Buffon juga menyoroti peranan Rafael Leao, pemain asal Portugal milik Milan. Menurut Buffon, meski performa Leao secara keseluruhan masih kurang stabil, tapi andilnya tak kalah besar dalam kesuksesan Il Diavolo Rossi musim ini.

“Ia juga memiliki andil besar, meski performanya sedikit kurang konsisten. Ini adalah bukti nyata keberhasilan apabila tim saling mempercayai satu sama lain. Memiliki kelompok yang solid, serta punya manajer yang paham dan tau caranya membuat para pemainnya menuju ke suatu titik dan terus menjaganya di posisi yang positif.” tambahnya.

Secara statistik untuk Mige Maignan sendiri bisa dibilang begitu baik. Musim ini total membuat 39 penampilan di semua ajang karena ia bergantian dengan kiper kedua Milan, yaitu Tatarusanu. Dari 39 kali penampilannya itu, Maignan mencatatkan 19 kali cleansheet.