Cara Membersihkan Rumah Setelah Isoman

Cara membersihkan rumah setelah isolasi mandiri harus baik dan benar. Karena jika tidak dilakukan dengan baik dan benar virus itu masih berada di sudut – sudut rumah atau tempat tinggal dan bisa menularkan kembali ke orang – orang yang ada di rumah atau tempat tinggal.

Jumlah kasus virus corona di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Dengan banyaknya kasus baru orang – orang yang terkena covid 19 tanpa gejalan dan gejala ringan harus melakukan isolasi mandiri di rumah atau tempat tinggal masing – masing. Maka dari itu kebersihan rumah atau tempat tinggal harus diperhatikan baik – baik.

Virus corona bisa bertahan hidup selama berjam – jam dan berhari – hari di permukaan benda. Untuk mencegaj penularan cirus corona harus di bersihkan rumah secara menyeluruh. Berikut cara membersihkan rumah setelah isoman:

Cara Membersihkan Rumah Pasca Isolasi Mandiri Covid 19

  1. Persiapkan Peralatan Kebersihan

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang pertama adalah persiapkan peralatan kebersihan. Peralatan kebersihan yang harus disiapkan adalah sapu, gagang pel, kain pel dan semprotan disinfektan. Jangan lupa menggunakan masker 2 sampai 3 lapis, agar virus susah masuk ke hidung dan mulut.

2. Bilas Peralatan Dengan Sanitizer atau Disinfektan

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke dua adalah bilas peralatan dengan sanitizer dan disinfektan. Alat ini akan memastikan peralatan yang di gunakan aman dan steril dari virus covid-19. Kalian bisa menyeprotkannya di permukaan peralatan dan lap dengan kain kering.

3. Bersihkan Seluruh Sudut Ruangan dengan Sabun atau Cairan Pembersih

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke tiga adalah bersihkan seluruh sudut ruangan dengan sabun atau cairan pembersih. Bersihkan seluruh ruangan secara teliti dan perlahan, tidak ada yang ketinggalan. Jangan lupa juga funiture dan barang – barang elektronik yang rentan terkena paparan virus covid-19.

4. Cuci Seluruh Pakaian dan Kain

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke empat adalah cuci seluruh pakaian dan kain. Pakaian juga bisa menjadi tempat penyebaran virus corona dengan menyebarnya melalui sentuhan tangan. Cuci pakaian dan kain yang habis digunakan dengan bersih, caranya rendam dengan air hangat lalu cuci selama 15 sampai 30 menit.

5. Cuci Piring dan Peralatan Makan dengan Bersih

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke lima adalah cuci piring dan peralatan makan dengan bersih. Tidak hanya pakaian dan kain yang harus di bersihkan piring dan peralatan makan juga harus dibersihkan dengan baik. Bersihkan piring dan peralatan makan secara merata kalau perlu lakukan berulang – ulang agar hasilnya maksimal.

6. Buang Sarung Tangan dan Cuci Tangan Setelah Membersihkan Rumah

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke enam adalah buang sarung tangan dan cuci tangan setelah membersihkan rumah atau tempat tinggal. Kalian harus membuang sarung tangan jika kalian menggunakan sarung tangan yang sekali pakai, jika menggunakan sarung tangan karet bisa langsung di cuci dengan bersih dan jangan lupa untuk mencuci tangannya juga.

7. Menyediakan Kamar Tidur dan Kamar Mandi Terpisah

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke tujuh adalah menyediakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah. Bila ada anggota rumah atau tempat tinggal kalian yang tertular virus corona, segeralah menyediakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah dan jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfektasikan ruangan tersebut.

8. Rajin Membersih Ruangan Bersama

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke delapan adalah rajin membersihkan ruangan bersama. Orang yang sedang sakit harus membersihkan dan mendisinfektasikan tempat yang ia gunakan, bila orang yang sehat yang membersihkannya maka gunakan masker sebelum masuk ke ruangan.

9. Memastikan Sirkulasi Udara yang Baik

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang ke sembilan adalah memastikan sirkulasi udara yang baik. Untuk meningkatkan sirkulasi udara yang baik dengan cara, buka pintu dan jendela luar, gunakan kipas, setelan pemanas, ventilasi dan pendingin udara ( HVAC ).

10. Semprot Ruangan dengan Spray Disinfektan

Cara membersihkan rumah setelah isoman yang terakhir adalah semprot ruangan dengan spray disinfektan. Setelah ruangan bersih jangan lupa untuk menyemprotkan spray disinfektan ke udara agar virus corona yang terbang di udara terbunuh. Covid-19 juga bisa menular lewat udara.