google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Cara Merawat Tanaman Agar Tidak Mudah Layu dan Subur

Cara merawat tanaman yang baik

Aktivitas berkebun pastinya mengasyikkan, apalagi kalau dilakukan dari tahap paling awal yaitu mencari benih. Misalnya kalian mulai mencari benih pohon atau tumbuhan yang ingin ditanam di taman yang ada di rumah. Lantas dilanjutkan dengan sederetan langkah lainnya mulai dari mempersiapkan media tanam dan mempersiapkan tempat. 

Menemukan tanaman yang sudah dirawat dengan baik lalu tiba-tiba menjadi layu, tentu mengesalkan untuk kalian yang sedang gemar berkebun atau bercocok tanaman. Agar ini tidak terulang lagi, ada baiknya kalian mengevaluasi cara kalian dalam merawat tanaman. Bisa jadi kalian salah dalam merawat tanaman kalian sehingga tanaman kalian menjadi layu.  

Baca juga Tanaman Hias Berduri yang Cocok di Pagar

Cara merawat tanaman memang tidak bisa dikatakan mudah. Butuh ketelitian dan banyak mencari informasi agar tanaman yang dirawat bisa tumbuh subur sempurna. Merawat tanaman boleh jadi tren terbaru saat ini. Tak pelak tren tersebut melahirkan banyaknya peluang bisnis baru, di samping juga meningkatkan harga pasar baik untuk tanamannya, pot, hingga bahan pendukungnya. 

Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur dan Tidak Cepat Layu

1. Memilih Media Tanam yang Tepat

Cara merawat tanaman yang benar adalah menyesuaikan media tanam dengan tumbuhan misalnya tanaman hias daun atau lainnya. Media tanam tidak hanya tanah, tetapi ada campuran lain seperti sekam padi, humus, sabut kelapa, serbuk kayu, dan lainnya. 

Ada tanaman yang bagus jika ditanam di tanah, namun ada juga yang kurang ideal dengan tanah. Untuk itu, sebelum membeli suatu jenis tanaman, tanyakan kepada ahlinya terlebih dahulu terkait media tanam yang tepat. Bisa jadi, tanaman yang kalian incar lebih pas jika menggunakan sekam sebagai media tanamnya.

2. Memilih Tempat untuk Menaruh Tanaman

Bagaimana cara merawat tanaman dalam pot, bisa jadi berbeda dengan cara merawat tanaman di polybag. Begitu juga kalau kalian memilih menaruh tanaman di tanah, cara perawatan bisa berbeda lantaran media tanam juga berlainan, seperti jumlah air yang diberikan tidak sama.

3. Menyiram Tanaman dengan Cara yang Tepat

Lakukan penyiraman tanaman secara rutin, setiap pagi atau sore hari agar pasokan air terpenuhi. Berikan suplai air secara merata ke tanaman, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam memberikan air. 

Cara pertama dalam merawat tanaman ialah melakukan teknik penyiraman secara tepat. Nah, dalam melakukan langkah ini, kamu harus mengenal tanaman kalian terlebih dahulu sehingga kalian tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh tanaman kalian. Terkait penyiraman pada tanaman, rata – rata membutuhkan dua kali dalam sehari yakni di pagi dan malam hari. 

4. Menempatkan Tanaman di Posisi yang Mendapatkan Sinar Matahari

Upayakan untuk menempatkan tanaman pada area yang memperoleh sinar matahari termasuk tanaman indoor, hal ini menjadi salah satu cara merawat tanaman yang layu. Tumbuhan termasuk juga tanaman indoor memerlukan sinar matahari langsung untuk proses fotosintesis. 

Selain mengetahui kebutuhan air, kalian juga perlu tahu kebutuhan sinar matahari tanaman kalian. Agar tumbuh subur, cara merawat tanaman adalah dengan memberinya sinar matahari secara cukup.

5. Mengantisipasi Hama Tanaman

Tidak hanya manusia, tanaman juga bisa terserang penyakit berupa hama tanaman yang bisa mematikan. Jangan lupa untuk menyiangi tanaman liar dan rumput liar agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit. 

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar tanaman kalian terhindar dari hama dan penyakit. Proses fotosintesis tanaman bisa jadi terhambat lantaran adanya debu dan hama yang hinggap di tanaman.

6. Memangkas Tanaman yang Mati

Saat ada bagian tanaman yang kering atau mati lantaran hama, segera cabut atau potong bagian tersebut dengan segera. Hal ini menjadi cara merawat tanaman yang benar dan bertujuan agar hama tidak menyebar ke tanaman yang lain. 

Nah, satu lagi yang jarang diketahui pemilih tanaman yang baru mulai. Jika kalian melihat ada bagian tanaman kalian yang rusak, segera pisahkan dan buang bagian yang rusak tersebut, agar tanaman yang sehat tidak mudah layu.

7. Membersihkan Daun Tanaman

Salah satu cara merawat tanaman hias adalah membersihkan daun tanaman dengan lap bersih secara rutin. Apalagi kalau tanaman hias indoor ini ditempatkan di dalam rumah, kalian harus rutin membersihkan daun. 

8. Memantau Kelembapan

Tanaman seperti bunga, tanaman hias, sayur, atau buah – buahan memerlukan tingkat kelembapan yang sesuai. Lakukan pengukuran suhu dan kelembapan sesuai dengan jenis tanaman yang dimiliki di taman. 

Cara selanjutnya agar tanaman kalian tidak mudah layu ialah memastikan bahwa tanaman yang kalian rawat memang dapat tumbuh di suhu lingkungan tempat kalian tinggal. Secara umum, tanaman hias lebih menyukai kelembapan udara 40% – 60% lebih tinggi daripada kelembapan udara normal di rumah.

9. Menggunakan Pupuk Alami

Salah satu cara merawat tanaman hias agar cepat berbunga adalah memberikan pupuk yang alami. Upayakan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk tanaman dengan menyediakan pupuk alami, pupuk kandang, atau pupuk organik. 

10. Menghindari Pemakaian Pupuk Kimia

Cara selanjutnya agar tanaman kalian tumbuh subur, ialah menggunakan perawatan yang alami. Hindari penggunaan pupuk kimia. Kalian bisa menggunakan sisa kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, atau pupuk daur ulang pada tanaman kalian agar tanaman tidak mudah layu.