google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Cara Punya Rumah dengan Gaji 3 Juta

tips memiliki rumah bagi kalian yang bergaji 3 juta

Hampir semua orang menganggap bahwa rumah merupakan sebuah barang mewah yang hanya bisa dibeli oleh orang-orang berpenghasilan tinggi. Tapi faktanya, pemikiran tersebut justru salah. Banyak orang yang memiliki rata-rata gaji 3 juta berhasil membeli rumah.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta konon katanya tidak mudah dilakukan. Padahal jika dipraktikkan dengan benar, tabungan dengan nominal yang diinginkan bisa didapatkan. Bagi yang ingin mengatur keuangan rumah tangga dengan maksimal, pastikan sudah mengomunikasikannya bersama pasangan. 

Cara Punya Rumah bagi Kalian yang Punya Gaji 3 Juta per Bulan

  1. Karyawan Gaji UMR Ikut Program KPR Rumah Subsidi

Karyawan gaji UMR bisa ikut program KPR rumah subsidi. Pemerintah telah meluncurkan program dalam bidang perumahan yang diberi nama KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Program ini juga biasa disebut sebagai program KPR rumah subsidi.

2. Pertimbangkan untuk Membeli Rumah Lelang

Pertimbangkan untuk membeli rumah atau tempat tinggal lelang. Rumah yang dijual secara lelang merupakan rumah sitaan milik nasabah bank yang tidak mampu melunasi cicilan KPR yang harus dibayarkan setiap bulan.

3. Cari KPR yang Menawarkan DP 0% Cara Cepat Punya Rumah

Cari KPR yang menawarkan DP 0% cara cepat punya rumah atau tempat tinggal. Saat ini, Bank Indonesia memiliki aturan yang membebaskan bank menentukan uang muka yang harus dibayar nasabah, bahkan hingga 0 persen atau 10 persen untuk rumah pertama.

4. Alokasikan Pengeluaran untuk Cicilan Rumah

Alokasikan pengeluaran untuk cicilan rumah atau tempat tinggal. Mencicil rumah adalah tanggung jawab yang akan berlangsung dalam jangka waktu panjang. Apabila kalian tak terbiasa menyisihkan uang dalam waktu lama seperti untuk KPR, maka sebaiknya kalian mulai membiasakan diri.

5. Berinvestasi Jadi Cara Punya Rumah dengan Gaji Kecil

Berinvestasi jadi cara punya rumah dengan gaji kecil. Tabungan saja mungkin tak akan cukup untuk mempersiapkan DP rumah atau membayar cicilan. Alangkah baiknya jika kalian menambah penghasilan dengan berinvestasi.

6. Buat Rencana Keuangan dengan Rinci

Buat rencana keuangan dengan rinci. Kalian bisa membuat rencana keuangan dengan detail di setiap pemasukan maupun pengeluaran. Untuk membeli rumah, kalian harus membuat rencana dan memperhitungkan anggaran yang diperlukan untuk dapat membeli rumah subsidi maupun rumah idaman.

7. Menyisihkan 30% dari pendapatan untuk DP Rumah

Menyisihkan 30% dari pendapatan untuk DP rumah atau tempat tinggal. Pada prinsipnya, KPR adalah pembiayaan yang dilakukan oleh pihak bank terhadap pembelian rumah kalian. Jadi kalian harus membayar cicilan ke pihak bank setelah membayar DP yang tidak sedikit.

8. KPR Tenor Panjang

Bagi kalian yang masih muda dan baru bekerja, kamu tentu memiliki fleksibilitas tenor KPR. Silakan mengambil mengambil kredit dalam jangka waktu panjang. Biasanya bank menetapkan masa di atas usia pensiun 55 tahun sebagai batasan tidak boleh mencicil kredit lagi.

9. Lakukan Penulisan

Penulisan aneka macam kebutuhan adalah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang perlu dicoba. Setelah mengendapkan dana tabungan utama, tulis kebutuhan yang wajib dibeli setiap bulannya.

10. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting untuk dipersiapkan agar tabungan tidak dijadikan kambing hitam. Dana darurat sangat membantu jika tiba-tiba sakit, kecelakaan, bencana, dan ketika di-PHK tiba-tiba.