google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Cek Fakta Vaksin Covid-19 Sinovac Dapat Digunakan Untuk Anak – Anak

Beberapa waktu belakangan ini sedang ramai diperbincangkan, sekitar 40 persen risiko kematian anak di Indonesia ini terjadi akibat infeksi Covid-19.

Meskipun temuan ini masih harus ditambah dengan data penguat lainnya, hal ini pun lantas menjadi sorotan dari berbagai pihak.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga sempat menyampaikan, kematian anak di Indonesia yang terinfeksi virus corona ini sudah menempati posisi paling tinggi di Asia Tenggara. Mengingat pandemi Covid-19 masih terus berlanjut, vaksin virus corona bagi anak – anak pun memang perlu digunakan demi keselamatan mereka pula.

Kabar baiknya adalah pemberian vaksin Covid-19 Sinovac bagi anak – anak sudah diperbolehkan. Lalu, apa saja persyaratannya dan apakah Indonesia sudah bisa menjalankan program vaksinasi bagi anak – anak? Simak penjelasan lengkap dari kami mengenai vaksin Covid-19 bagi anak – anak di bawah ini.

Berapa Usia Anak yang Dapat Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac?

Dilansir dari Hindustan Times, China sudah mengelurkan izin penggunaan darurat dari vaksin Covid-19 Sinovac Biotech bagi anak – anak berumur 3 – 17 tahun. Di Negara China tersebut menjadi Negara pertama yang memberikan izin penggunaan vaksin virus corona ini bagi anak – anak.

Sebelumnya, pemberian vaksin virus corona ini hanya terbatas bagi mereka yang berusia di atas 18 tahun saja. Meskipun izin tersebut sudah keluar, waktu pelaksanaan vaksinasi virus corona bagi anak – anak di China masih belum diketahui secara pasti.

Setelah perusahaan Sinovac, beberapa jenis vaksin yang lainnya termasuk Sinopharm pun sudah mengajukan permintaan persetujuan darurat penggunaannya bagi anak – anak.

Selain itu juga, vaksin virus corona buatan CanSino Biologics pun sedang dalam uji kliniks tahapan kedua yang telah melibatkan partisipan ana – anak dengan usia mulai dari 6 hingga 17 tahun.

Vaksin Covid-19 Sinovac Bisa Membentuk Antibodi Untuk Anak – Anak

Pemberian izin dararut penggunan vaksin Covid-19 Sinovac iini mengacu pada hasil awal dari uji klinis fase pertama dan kedua di China yang menunjukkan, vaksin tersebut dapat pula memicu respons imun kepada anak – anak.

Selain itu jugam efek samping dari vaksin Covid-19 Sinovac pun sejauh ini yang dilaporkan masih bersifat ringan saja.

Pada uji klinis fase kedua, para partisipan anak – anak akan diberikan suntikan booster atau pun dosis ketiga untuk bisa menghasilkan antibodi yang jauh lebih kuat setelah menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 Sinovac.

Sejauh ini pula, para peneliti masih melihat pemberian dosis ketiga pada anak – anak ini menghasilkan peningkatan sebanyak 10 kali lipat antibodi dalam kurun waktu seminggu dan 20 kali lipat dalam setengah bulan.

Meskipun demikian, perwakilan dari pemerintah China, Yin Weidong, mengatakan peneliti sekarang ini masih tetap terus mengamati antibodi yang terbentuk setelah pemberian dosis kedua dari vaksin Covid-19 kepada anak – anak. Langkah ini pun sangat penting sebelum memberikan keputusan mengenai waktu pelaksanaan yang tepat untuk pemberian vaksin dosis ketiga.

Seperti yang sudah diketahui bahwa pemberian vaksin Covid-19 Sinovac pada orang berumur di atas 18 tahun ini hanya dua dosis saja. akan tetapi, beberapa peneliti memang masih mempertimbangkan pemberian dosis ketiga dan juga apakah vaksin ini bisa didapatkan setiap tahunnya seperti halnya vaksin lainnya.

Kapan Vaksin Covid-19 Sinovac Bagi Anak Dapat Digunakan Di Indonesia?

Menurut dokter Reza Fahlevi, Sp.A, mengenai pemberian vaksin virus corona bagi anak – anak di Indonesia tentu masih menunggu keputusan dari pemerintah. Hal ini pun meliputi jadwal dari vaksinasi, vaksin apa yang bakalan digunakan, serta batasan usia anak sebagai penerima vaksin.

‘’Harus berdasarkan hasil penelitian dulu tentunya. Kalau di luar negeri, pada anak usia di bawah 12 tahun, di Indonesia masih belum bisa ditentukan, begitu pula dengan jenis vaksin mana yang akan digunakan untuk anak – anak,’’ ungkap dr.Reza.

Meskipun uji klinis tahap satu dan dua sudah menunjukkan hasil yang aman bagi anak – anak, namun keamanan dari penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac ini pun masih akan tetap dipastikan lagi.