google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Cek WiFi Airport Gratis Melalui Google Maps, Dapat Sandinya Juga Lho!

Ada hal baru yang menarik dari perusahaan raksasa dunia Google. Mungkin tanpa kita ketahui selama ini, Google telah menyediakan akses internet secara cuma-cuma alias gratis yang diletakkan di airport atau bandara di Amerika Serikat yang diberi nama Google WiFi Airport. Kabar baiknya lagi, saat ini kita sudah bisa cek WiFi airport gratis tersebut melalui layanan Google Maps, lho. Penasaran bagaimana caranya?

Bukan suatu rahasia lagi bahwa Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang sukses menghadirkan banyak layanan. Tentunya pengguna handphone dengan sistem operasi Android tidak asing lagi dengan layanan Google mulai dari Gmail (email), Google Drive (penyimpanan cloud), Google Docs (editor dokumen), Google Maps (peta), Google Classroom (Ruangan Kelas Virtual) dan masih banyak lagi.

Lantas, apa sebenarnya tujuan dari didirikannya Google WiFi Airport ini? Salah satunya adalah agar para penumpang pesawat ataupun pengunjung bandara dapat mempergunakan layanan internet secara gratis dengan kecepatan tinggi dan tidak merasa jenuh ketika menunggu jadwal penerbangan atau tengah menjemput seseorang di bandara.

Sebagaimana telah tercantum pada halamannya, hingga saat ini sudah ada sejumlah bandara di Amerika Serikat yang mendukung layanan Google WiFi Airport tersebut sehingga pengunjung bandara bisa mengecek serta mendapatkan informasi seperti kata sandinya secara langsung.

Tidak sampai disitu, Google juga tak lupa menandai bandara-bandara yang telah mendukung Google WiFi Airport pada tampilan petanya di Google Maps. Pengguna bisa mengenalinya melalui tombol berikon pesawat berwarna gradasi biru putih. Ketika ikon pesawat tersebut disentuh, maka pengguna akan dapat melihat nama bandara beserta alamatnya secara lebih lengkap.

Ketersediaan Google WiFi Airport di Indonesia

Sayangnya, Google WiFi Airport ini belum tersedia di Indonesia. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir sebab pada Google Maps ternyata sudah menyediakan daftar jaringan WiFi gratis lengkap dengan kata sandinya dari bandara di berbagai negara, termasuk juga negara Indonesia.

Jadi, ketika kamu mengakses halaman Google Maps yang satu ini, selanjutnya akan langsung diarahkan ke peta seluruh dunia lengkap dengan ikon bentuk pesawat berwarna biru muda yang ketika ditekan akan menampilkan daftar nama bandara beserta WiFi gratis yang tersedia di dalamnya.

Sementara di Indonesia sendiri, saat ini baru tercantum daftar WiFi gratis dari tiga bandara, yaitu mulai dari Soekarno-Hatta International Airport (Cengkareng, Tangerang, Banten), Adisucipto International Airport (Daerah Istimewa Yogyakarta), dan juga Ngurah Rai International Airport (Denpasar, Bali).

Cara kerjanya, ketika kamu memilih ikon pesawat berwarna biru muda di salah satu bandara, maka Google Maps akan menampilkan beberapa nama SSID dari WiFi yang tersedia berikut dengan password agar pengguna bisa menjelajah internet dengan jaringan WiFi tersebut.

Perlu kita ketahui, Google sendiri sebelumnya pernah menyediakan layanan WiFi di berbagai kota di Indonesia yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam menikmati akses internet gratis dan cepat. Program tersebut bernama Google Stations yang merupakan program Google bekerja sama dengan ISP lokal FiberStar dan CBN dan menyediakan area WiFi gratis untuk publik sejak tahun 2017 di Indonesia.

Walaupun menghadirkan kecepatan akses tinggi dan layanan gratis, sayangnya layanan Google Stations sudah dihentikan oleh Google pada akhir tahun 2020 silam. Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana mengungkapkan bahwa perubahan teknologi ditambah harga paket data internet seluler yang semakin murah menjadi alasan dihentikannya layanan itu.

Melihat Kata Sandi WiFi yang Pernah Digunakan

Bagi kamu pengguna internet yang sering menggunakan jaringan WiFi, kamu terkadang perlu mengintip kembali password atau kata sandi dari jaringan yang pernah digunakan. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia secara mendasar di berbagai macam perangkat handphone.

Namun jika sangat terpaksa, informasi ini bisa diperoleh dengan melalui proses rooting untuk Android atau jailbreak untuk iOS yang mana biasanya sangat berbahaya untuk dilakukan bagi pengguna yang masih awam.

Khusus untuk pengguna perangkat bersistem iOS, kamu bisa menggunakan fitur iCloud Keychains yang tersedia di dalam perangkat untuk kemudian melihat kata sandi WiFi melalui MacBook.